Perbedaan Paper dan Makalah yang Harus Dipahami

Paper dan makalah merupakan karya tulis ilmiah yang seringkali berkaitan erat dengan dunia pendidikan ataupun penelitian. Paper dan makalah juga sering menjadi bagian dari tugas yang didapatkan oleh mahasiswa di perguruan tinggi. Namun terkadang, masih banyak mahasiswa yang salah mengartikan paper dan makalah adalah karya tulis yang sama. Padahal sebenarnya, kedua karya tulis tersebut memiliki pengertian dan ciri-ciri yang berbeda. Banyaknya mahasiswa yang belum mengetahui perbedaan paper dan makalah ini sering menyebabkan mereka asal-asalan atau salah mengerjakan tugas dari dosen. Oleh karena itu, pentingnya bagi semua orang khususnya mahasiswa untuk memahami mengenai pengertian paper dan makalah, sistematika penulisan, serta perbedaan di antara keduanya.

Makalah adalah karya tulis yang memuat pemikiran tentang suatu masalah atau topik tertentu yang ditulis secara sistematis dan teratur. Disertai dengan analisis yang logis dan objektif. Paper adalah tulisan yang memuat pembahasan dari sebuah topik tertentu. Dengan dukungan data dan argumen yang valid dan kuat, dengan sistematika fleksibel. Penekanan perbedaan paper dan makalah menurut pengertiannya adalah makalah disertai penulisan sistematis yang biasanya terdiri dari bab per bab. Sedangkan paper lebih terfokus dalam pembahasan-pembahasan dan analisis topik yang bersangkutan, dengan sistematika penulisan yang tergantung pada penulis paper tersebut. Untuk lebih memperjelas perbedaan ini, terdapat ciri-ciri yang dimiliki oleh masing-masing karya tulis tersebut.

 

Perbedaan Paper dan Makalah dilihat dari Ciri-cirinya

Ciri-ciri makalah adalah :

  • Dibuat berdasarkan pengamatan atau penelitian tentang suatu hal.
  • Topik makalah diangkat dari kajian literatur atau laporan hasil pelaksanaan kegiatan lapangan.
  • Ruang lingkup pembahasan isi makalah berkisar pada cakupan permasalahan dalam suatu mata kuliah.
  • Disusun secara sistematis, artinya topik permasalahan dibahas secara runtut dan berkesinambungan.
  • Biasanya memperlihatkan kemampuan mahasiswa dalam merangkai informasi dari berbagai sumber menjadi satu kesatuan karya tulis yang terfokus pada topik tertentu.
Baca Juga  Cara Membuat Latar Belakang Makalah yang Baik

Sedangkan ciri-ciri paper adalah :

  • Berupa artikel ilmiah yang ditulis dalam format tertentu
  • Biasanya merupakan hasil kajian tentang penelitian baru, bisa juga berisi review atas penelitian yang telah ada sebelumnya.
  • Berisi tentang pembahasan yang mengangkat topik-topik yang lebih ilmiah daripada makalah.
  • Pembahasan yang ada lebih menitikberatkan pada analisis masalah disertai data dan argumen yang kuat
  • Berisi berbagai pendapat para tokoh yang memberikan teori sesuai topik yang dibahas.

 

Perbedaan dari Sistematika Penulisannya

Setelah mengetahui ciri-ciri dan mulai memahami perbedaan diantara kedua hal tersebut. Perlu juga diketahui mengenai sistematika penulisan dan bagian-bagian yang harus ada dalam paper dan makalah. Makalah secara umum berisi bab per bab yang terdiri dari Judul makalah (nama makalah, nama penulis, nomor induk penulis, perguruan tinggi, dan tahun penyusunan makalah), BAB I Pendahuluan berisi latar belakang masalah, rumusan masalah, dan tujuan, BAB II Pembahasan berisi inti dan pembahasan dari makalah, BAB III Kesimpulan dan Saran, serta Daftar Pustaka yang berisi referensi dari isi bahan makalah. Sedangkan sistematika penulisan paper yaitu tergantung pada peraturan yang biasanya ditentukan oleh dosen.

Namun secara umum, paper terdiri dari Judul paper beserta nama penulis, nomor, dan perguruan tinggi seperti di cover makalah, Abstrak (rangkuman isi paper), Pendahuluan berisi perkenalan terhadap pokok masalah dan lingkup pembahasan, Konstruksi Argumen berisi penguraian informasi yang mendukung gagasan pokok, Kesimpulan, dan Daftar Pustaka/Referensi. Demikian itulah penjelasan mengenai perbedaan paper dan makalah yang bisa dipahami agar tidak salah dalam penyusunan paper maupun makalah yang mungkin menjadi tugas dari dosen.

Previous

Next

2 Komentar

  1. kirana

    assalamualaikum kak, bolek tau sumber dari tulisan ini?. mungkin dari buku atau jurnal.

    Balas
    • Anton Widawan

      Waalaikumsalam, terima kasih atas kunjungannya. Tulisan ini di elaborasi dari berbagai sumber terutama online, dicari definisi yang merata secara umum yang paling mendekati tujuan teknis penulisannya. Artikel ini harapannya memberikan referensi tambahan bagi pembaca. Terima kasih.

      Balas

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1