Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem Operasi

Berbicara mengenai sistem operasi memang sangat penting diketahui. Hal ini dikarenakan sistem operasi berguna untuk menjalankan berbagai macam perintah yang ada  di perangkat lunak dan perangkat keras pada komputer, laptop ataupun gadged. Namun masih banyak yang belum paham apa yang dimaksud dengan sistem operasi itu sendiri.

Sistem operasi adalah ruh dari sebuah perangkat. Bisa komputer, laptop atau smartphone Anda. Maka tanpa ruh, perangkat-perangkat tersebut tak akan berguna sama sekali. Aplikasi yang akan kita jalankan tidak akan punya tempat untuk diinstal tanpa sebuah sistem operasi. Simak selengkapnya informasi penting mengenai sistem operasi di bawah ini.

Apa Yang Dimaksud Dengan Sistem Operasi?

Apakah Anda masih bertanya-tanya mengenai apa yang dimaksud dengan sistem operasi? Sistem operasi merupakan sebuah perangkat lunak yang ada di sebuah komputer ataupun disebut juga dengan software yang berguna untuk mengontrol berbagai aplikasi, hardware (perangkat keras) serta juga membantu menjalankan berbagai perangkat lunak yang ada di dalam sebuah komputer. pada dasarnya sistem operasi sangatlah penting untuk komputer karena berguna untuk menjalankan semua jenis aplikasi ataupun perangkat lunak yang ada di dalam komputer.

Perlu Anda ketahui, jika sebuah komputer tidak mempunyai sistem operasi maka bisa dikatakan jika komputer tersebut tidak berguna sama sekali. Karena dengan adanya sistem operasi maka Anda bisa langsung berinteraksi dengan komputer tanpa perlu mempelajari ataupun mengetahui bahasa komputer.

Fungsi Sistem Operasi

Pada dasarnya sistem operasi berfungsi sebagai penghubung ataupun jembatan antara software dengan hardware serta juga berfungsi untuk menjalankan berbagai perintah yang ada di dalam komputer. Selain itu, sistem operasi juga berguna untuk memastikan jika perangkat lunak dan juga perangkat keras bisa berjalan dengan normal dan juga lancar. Untuk lebih detailnya, berikut akan dipaparkan beberapa fungsi penting yang dimiliki sistem operasi, yaitu :

  • Dapat melakukan output dan input.

  • Mempunyai akses ke sistem file atau penyimpanan pada komputer.

  • Dapat menjadi server yang akan memberikan berbagai pelayanan yang dibutuhkan oleh pengguna (user).

  • Dapat menjadi penjaga untuk mengawasi siapa saja yang diperbolehkan masuk ke dalam sistem komputer milik Anda.

  • Dan masih banyak berbagai fungsi lainnya

Baca Juga  5 Cara Mengatasi Google Play Store Yang Error

Macam-Macam Sistem Operasi

Umumnya Sistem operasi memang sudah terpasang di komputer ataupun gadget  saat dibeli. Bahkan, sebagian besar user komputer langsung memakai sistem operasi yang sudah terpasang di komputer tersebut. Meskipun begitu, ada juga orang yang mengubahnya dengan sistem operasi terbaru ataupun lainnya. Pada dasarnya ada tiga sistem operasi yang paling sering digunakan di komputer yakni, Microsoft Windows, Linux serta Mac OS. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut ini:

  • Sistem operasi Microsoft Windows : Sistem operasi yang satu ini memang cukup mendunia dan hampir semua komputer menggunakannya. Umumnya sistem operasi ini mempunyai sifat multiuser dan juga multitasking. Oleh sebab itu, jangan heran jika sistem operasi jenis ini cukup banyak digemari dan digunakan oleh para pengguna komputer.

  • Sistem operasi Mac OS : Mac OS atau Macintosh Operating System merupakan sebuah sistem operasi yang berbasis GUI. Sistem operasi jenis ini memang yang paling terbaru dan bahkan dianggap sebagai sistem yang paling maju dan terdepan saat ini. Meskipun begitu, tetap saja Mac OS masih kalah saing ‘dengan Microsoft Windows.

  • Sistem operasi LINUX : LINUX merupakan pengembangan dari sistem operasi UNIX. Sistem operasi jenis ini memang kian dikembangkan oleh para programmer yang ada di dunia. Sistem operasi LINUX ini dibuat oleh seorang mahasiswa asal Finlandia yang bernama Linus Torvalds, pada tahun 1991.

Demikianlah, beberapa ulasan terkait sistem operasi. Semoga dengan adanya ulasan yang ada di web ini dapat menjadi referensi tambahan bagi Anda semua dan juga dapat menjawab pertanyaan Anda mengenai apa yang dimaksud dengan sistem operasi dalam dunia teknologi informasi saat ini.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1