Pastinya anda mengetahui bahwa bilangan prima adalah salah satu jenis bilangan yang ada dalam materi berhitung atau materi matematika. Sebagai salah satu jenis bilangan, tentu saja bilangan jenis prima memiliki ciri khas dan juga karakteristik tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis dari bilangan lain. Maka sangat penting bagi anda untuk mengenal lebih jauh mengenai bilangan prima. Karena memahami bilangan jenis prima sekaligus kegunaannya akan memberikan banyak manfaat untuk anda.

Apa itu bilangan prima? Sebenarnya jenis bilangan prima sudah sering kali ditemui oleh masyarakat termasuk pelajar yang mempelajari matematika pada tingkat atau kelas tertentu. Hanya saja umumnya orang tidak menyadari bahwa angka yang sedang ia lihat atau sedang ia gunakan merupakan bilangan jenis prima. Oleh karena itu mari perdalam perlebih dahulu wawasan mengenai pengertian atau definisi dari bilangan jenis prima. Bilangan jenis prima adalah bilangan asli yang lebih besar dari angka 1 (satu) dan hanya bisa dibagi oleh 2 (dua) bilangan yaitu angka 1 (satu) dan bilangan itu sendiri. Dari definsi tersebut diatas maka anda bisa menyimpulkan bahwa bilangan jenis prima merupakan bilangan yang unik dan memiliki karakteristik yang berbeda dari jenis bilangan lain.

Bilangan prima sendiri terdapat sebanyak 168 dari 1000 (seribut) angka pertama. Beberapa bilangan jenis prima yang umumnya ditemui dalam kehidupan sehari-hari ialah: 2 (dua), 3 (tiga), 5 (lima), 7 (tujuh), 11 (sebelas), 13 (tiga belas), 17 (tujuh belas), 19 (sembilan belas), 23 (dua puluh tiga), 29 (dua puluh sembilan), 31 (tiga puluh satu), 37 (tiga puluh tujuh), 41 (empat puluh satu), 43 (empat puluh tiga), dan seterusnya. Lalu apa sebenarnya kegunaan dari bilangan jenis prima ini? beberapa diantaranya ialah sebagai berikut ini.

 

Bilangan Prima dan Kegunaannya

  • Pohon faktor

Bilangan prima sangat berguna untuk memudahkan dalam menyusun dan membuat pohon faktor dari sebuah bilangan komposit. Dari faktor-faktor yang ada kemudian nantinya akan bisa dicari dan ditentukan persamaannya melalui Faktor Persekutuan Terbesar atau FPB dan juga Kelipatan Persekutuan Terkecil atau KPK. Faktor persekutuan terbesar dan kelipatan persekutuan terkecil ini bisa dicari untuk menemukan persamaan baik dari dua bilangan, tiga bilangan, ataupun lebih.

Umumnya penentuan FPB atau faktor persekutuan terbesar dan juga KPK atau kelipatan persekutuan terkecil ini digunakan pada materi pembelajaran pelajar pada tingkatan tertentu. Dimana FPB atau faktor persekutuan terbesar berguna untuk menyederhanakan suatu pecahan yang ada baik dari dua bilangan ataupun lebih. Selain itu FPB atau faktor persekutuan terbesar juga umumnya digunakan untuk mencari tahu berapa jumlah maksimal penerima yang memiliki jumlah yang sama pada setiap barang yang dibagikan dalam suatu kelompok tertentu. Sedangkan KPK atau kelipatan persekutuan terkecil umumnya digunakan untuk mencari adanya pertemua dua bilangana tau lebih.

  • Komputasi

Bilangan prima juga sangat berguna dalam rangka untuk keperluan enkripsi pada komputasi. Bilangan prima ini digunakan untuk membuat kunci dari sebuah alogaritma pengamananan yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk keperluan komputasi.

Itulah berbagai informasi penting mengenai bilangan prima dan juga mengenai kegunaan dari bilangan jenis prima. Kini anda semakin mengenal bilangan jenis prima, bukan? Selain itu tidak sulit untuk menemukan mana angka yang termasuk dalam bilangan jenis prima. Maupun bilangan yang bukan termasuk jenis prima. Harapannya informasi diatas akan memberikan tambahan wawasan bagi anda. Semoga bermanfaat dan juga memudahkan anda untuk memahami materi selanjutnya.

UA-113975400-1