Cara Cek Backlink Website untuk Memajukan Situs yang Dikembangkan

Pernahkah Anda mendengar apa itu backlink? Mereka yang telah berkutat dalam dunia website atau blogging tentu cukup tahu apakah itu backlink. Bagi Anda yang belum tahu dengan istilah ini, penjelasan berikut ini layak untuk disimak. Dalam suatu website, backlink merupakan salah satu aspek penting untuk meningkatkan link building di suatu website. Lalu, bagaimana cara cek backlink website tersebut? sebelum menyinggung mengenai hal tersebut, Anda tentu sangat penasaran dengan beberapa hal khusus terkait backlink website.

Seperti yang bisa Anda lihat di lapangan, saat ini persaingan ketat agar mendapatkan peringkat terbaik di hasil pencarian membuat banyak pakar webmaster dan SEO untuk berlomba-lomba memajukan websitenya. Karena hal inilah, beberapa kalangan merasa perlu untuk mengetahui jumlah backlink pada website-nya sendiri maupun website milik pesaing. Apabila setelah dilakukan spying, suatu perusahaan menemukan bahwa backlink competitor memiliki keunggulan, perusahaan atau pakar terkait akan mengambil tindakan dari hal tersebut. Misalnya saja dengan menanamkan backlink ke dalam website sendiri. Namun, jika kebetulan backlink kompetitor jauh lebih unggul, sudah bisa dipastikan bahwa website yang Anda kelola tidak bisa mengalahkan mereka dalam peringkat mesin telusur.

Backlink sendiri bisa dicari dan dibuat. Untuk mencari backlink, ada beberapa cara yang bisa diterapkan, misalnya seperti melalui situs bookmark, blog comment, artikel posting, situs ditectory, forum profile, dan sebagainya. Mencari backlink satu persatu oleh diri sendiri yang masih awam seputar backlink tentu akan terasa sulit dan memakan banyak waktu. Karena itu, Anda bisa menggunakan bantuan tambahan, misalnya dari ahlinya. Bagaimana dengan pembuatan backlink? Hal tersebut bisa dilakukan dengan mengetahui beberapa HTML khusus.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Uang Dari Internet yang Perlu Anda Ketahui

 

Backlink Website Berkualitas Tinggi

Sebelum membahas mengenai cara cek backlink website, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mengetahui dan memahami beberapa info penting seputar backlink berkualitas. Ada banyak aspek yang bisa mempengaruhi kualitas dan validitas dari backlink. Apa saja aspek yang dimaksud? Aspek yang pertama adalah usia domain. Berdasarkan pakar di bidang SEO, sebenarnya tidak ada perbedaan khusus antara domain berusia bertahun-tahun dengan domain yang masih berusia sekian bulan. Namun, uniknya pihak mesin pencari memberikan kepercayaan lebih terhadap pihak yang konsisten sebagai situs terpercaya. Karena hal inilah link menjadi lebih berbobot.

Selain itu, aspek lainnya seperti anchor text yang tepat dan sama persis juga sama pengaruhnya. Bagi Anda yang belum tahu, anchor yang exact-match adalah bagian penting bagi suatu blog untuk memperoleh backlink atau tautan balik yang berkualitas tinggi. Apabila Anda menambahkan teks jangkar yang berkaitan dengan topik, bobot dan validitas tautan balik juga akan bertambah.

Disamping dua faktor atau aspek di atas, otoritas link juga memiliki peranan penting dalam menciptakan backlink yang berkualitas. Otoritas link sendiri menyangkut beberapa item seperti umur domain, relevansi kata kunci atau keyword, dan sebagainya. Aspek terakhir yang juga tidak kalah pentingnya dalam membangun backlink berkualitas adalah pola tautan alami. Sebelumnya, mesin penelusuran terbiasa dengan jenis tautan balik yang berkualitas rendah serta hanya menyebabkan spam. Namun, saat ini mesin telusur telah ddilengkapi dengan fitur canggih sehingga mampu mencari pola penautan yang alami serta tidak menyebabkan spam.

Dengan mengetahui seperti apa faktor yang mempengaruhi bobot suatu backlink, Anda kini bisa mempertimbangkan faktor-faktor tersebut ketika berurusan dengan backlink. Setelah memahami beberapa aspek di atas, berikutnya Anda bisa menyimak bagaimana cara cek backlink website yang dibagikan pada ulasan berikut ini.

Baca Juga  Cara Mengedit Blog Agar Lebih Menarik

 

Cara Cek Backlink Website Dengan Bantuan Tool atau Alat

Cara cek backlink website bisa dilakukan dengan bantuan tool tambahan. Apa saja tool yang bisa digunakan tersebut? Beberapa contohnya seperti Google webmaster tool, WebMeUp backlink tool, dan Ahrefs Site Explorer & Backlink checker. Karena ada banyak pilihan alat bantuan, Anda tidak perlu khawatir apabila suatu ketika satu tool tidak berhasil karena masih ada alternatif tool lainnya.

Apabila Anda memilih untuk menggunakan webmaster tool dari Google, jumlah backlink yang ingin diketahui bisa diolah secara akurat. Lalu, bagaimana cara cek backlink website dengan memanfaatkan tool ini? Pertama, Anda hanya perlu masuk ke bagian dashboard pada tool terkait. Setelah itu, Anda bisa mengklik url blog yang ingin dicek bagian backlinknya. Berikutnya, Anda bisa mengklik Search traffic dan mengklik submenu Links to your site. Pada bagian bawah atau tepatnya di bagian Total links, Anda akan menemukan informasi mengenai jumlah keseluruhan dari blog. Sayangnya, tool yang satu ini hanya bisa diaplikasikan untuk blog sendiri. Jadi, apabila ingin mengetahui backlink dari website kompetitor, tool yang satu ini tidak bisa mendukung.

Selain tool di atas, cara cek backlink website juga bisa dilakukan dengan menggunakan webmeup backlink tool. Apabila ingin melakukan pengecekan dengan menggunakan salah satu tool populer ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Pertama, Anda harus mengunjungi situs webmeup.com terlebih dahulu. Jika belum bergabung, Anda harus mengklik sign up terlebih dahulu. Apabila proses registrasi selesai, Anda harus memasukkan web saingan pada kolom Backlinks. Kemudian, Anda hanya perlu mengunduh file dengan format excel ketika data tersedia. Dengan file yang diunduh tersebut, Anda bisa mempelajari bagaimana cara mengoptimalkan backlink.

Baca Juga  Cara Membuat Header Blog Dengan Mudah

Karena ada banyak tool yang bisa dimanfaatkan, Anda harus cermat memilih tool yang tepat. Selain itu, periksa pula apakah cara cek backlink website dengan menggunakan tool yang dipilih juga mendukung untuk penggunaan lain.

 

Beberapa Cara Membangun Backlink Website Berkualitas

Selain mengetahui cara cek backlink website sebagaimana yang disampaikan di atas, berikutnya Anda juga harus membangun backlink website yang berkualitas demi mendapatkan traffic di web yang dimiliki. Untuk membangun backlink yang berkualitas, ada beberapa cara yang bisa ditempuh. Cara pertama adalah dengan cara alami. Cara manual ini dilakukan murni dengan kemampuan Anda dalam menciptakan konten yang berkualitas. Dengan begitu, orang atau pengunjung website akan menautkannya secara otomatis atas kemauan sendiri. Sayangnya, cara ini kurang sesuai untuk kalangan blogger pemula yang belum banyak membangun atau mengembangkan web-nya.

Apabila Anda telah mencoba cara cek backlink website dengan satu dari beberapa tool yang ada, backlink dari website juga bisa ditingkatkan kualitasnya melalui komentar dalam forum dan blog. Anda bisa menempatkan blog pada satu forum dan menanggapi beberapa postingan komentar dalam forum tersebut. Mesin pencari biasanya akan mengindeks komentar dalam forum dan blog. Jadi, asalkan komentar cukup relevan dan banyak diketahui, backlink dari aspek ini akan berperan signifikan dalam memajukan traffic.

Dengan mengetahui dan menahami beberapa hal di atas, Anda bisa memajukan website atau blog dari segi backlink-nya. Untuk panduan yang lebih spesifik terkait cara cek backlink website, Anda bisa mencari sumber terkait atau pihak yang handal dalam hal tersebut.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1