Cara Cek Kuota 3 Dari Berbagai Sisi

Diposting pada

Provider Tri alias 3 merupakan salah satu provider yang banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia. Pengguna Tri sendiri berasal dari banyak kalangan, khususnya kalangan ekonomis yang mencari produk layanan internet murah. Walaupun murah, sinyal jaringan dari perusahaan yang pertama didirikan di Hongkong ini telah menjangkau berbagai negara. Jika Anda merupakan salah satu pengguna setia 3, informasi terupdate mengenai cara cek kuota 3 tentu akan selalu dinantikan. Karena itu, berikut informasi yang penting untuk Anda simak terkait provider ini.

cara cek kuota 3

Sebelum membahas lebih jauh mengenai cara cek kuota 3, ada baiknya bagi Anda yang merupakan pengguna setia Tri untuk mengetahui beberapa hal terkait brand dan perusahaan internet provider ini. Tri merupakan brand internet provider milik perusahaan Hutchison Whampoa yang berdiri pada tahun 2002 di Hongkong. Namun, nama perusahaan tersebut kemudian berganti menjadi CK Hutchison Holdings hingga saat ini bisa memiliki jaringan di negara-negara Asia, Australia, dan sebagian Eropa. Di Indonesia sendiri, perusahaan Tri dikenal dengan nama Hutchison 3 Indonesia. Walaupun jaringan internet provider ini telah memiliki jangkauan yang luas, sayangnya beberapa pelosok yang ada di Indonesia masih belum mendapatkan jangkauan jaringan yang memuaskan. Walau begitu, tidak ada salahnya untuk terus berharap agar suatu saat jaringan yang kuat bisa menjangkau wilayah pelosok sehingga masyarakat di wilayah tersebut bisa turut menikmati murahnya provider ini.

 

Cara Cek Kuota 3 Via SMS dan Dial

Provider 3 merupakan salah satu provider di Indonesia yang turut mengembangkan berbagai cara pengecekan kuota yang mudah dan praktis bagi para penggunanya. Apabila Anda menggunakan jasa internet provider ini, ada beberapa cara cek kuota 3 yang praktis dan simpel untuk dilakukan. Salah satunya adalah melalui menu sms dan dial.

Cara cek kuota 3 yang pertama ini adalah melalui menu sms yang tersedia pada semua jenis ponsel. Selain menggunakan menu sms pada ponsel, Anda juga bisa menggunakan menu sms yang ada pada modem. Bagaimana langkahnya? Anda cukup membuka menu sms lalu mengetikkan kode dengan format kata Info(spasi)data. Selanjutnya, silakan isikan nomor 234 pada kontak tujuan. Terakhir, klik kirim. Setelah menunggu selama beberapa saat, pihak provider akan mengirimkan sms balasan ke ponsel atau modem Anda yang menyampaikan informasi kuota paket yang ada.

Bagaimana dengan cara cek kuota 3 alternatif untuk pengecekan via sms? Apabila pengecekan via sms kurang berhasil, cara alternatifnya yang bisa dicoba adalah dengan menggunakan menu Dial pada ponsel atau menu USSD pada modem. Cara ini juga cukup mudah untuk dilakukan. Anda hanya perlu menekan format *111*4*2# lalu tekan ikon call/telepon. Jika pada modem cukup tekan kirim atau enter di keyboard pc. Setelah itu, akan muncul jendela balasan yang terdiri atas 2 nomor pilihan, yaitu cek kuota dan info bonus. Silakan tulis 1 lalu enter atau kirim. Nantinya akan muncul kembali jendela pilihan kuota yang ingin dicek. Silakan Anda pilih kuota mana yang ingin dicek. Apabila ingin langsung masuk ke menu pilihan cek kuota, Anda bisa langsung mengetikkan *111*4*2*1# pada menu dial di awal. Pihak provider 3 nantinya akan mengirimkan informasi balasan terkait kuota yang dimiliki melalui pesan teks.

 

Cara Cek Kuota 3 Via Website My Tri

Pengecekan via sms dan dial terkadang tidak bisa dilakukan untuk mereka yang menggunakan paket tertentu 3 seperti paket harian. Mengapa? Info data kuota yang Anda kirimkan belum tentu berlaku untuk semua jenis paket jika Anda mendaftar di berbagai paket. Demikian pula dengan pengecekan via dial. Anda sangat mungkin tidak bisa menemukan paket tertentu seperti paket reguler ketika jendela notifikasi pengecekan kuota muncul pada layar ponsel atau dial USSD modem. Jika demikian, cara cek kuota 3 yang perlu dicoba adalah via browser My Tri seperti yang akan dijelaskan berikut ini.

Bagi Anda yang telah mencoba cara sebelumnya di atas namun tetap tidak bisa menemukan kuota paket yang dimiliki karena ketidaksediaan pilihan paket tersebut pada jendela notifikasi, ada cara lainnya yang bisa dicoba. Cara cek kuota 3 yang dimaksud kali ini adalah melalui website My Tri. Untuk pengecekan dengan cara ini, Anda harus terlebih dahulu melakukan login. Apabila belum memiliki akun My Tri, silakan melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengisikan data-data seperti alamat email, kontak telepon, dan password. Apabila telah berhasil registrasi, silakan login dengan data yang diisikan sebelumnya. Begitu berhasil login, pilih menu cek kuota pada halaman yang ditampilkan. Meskipun kuota paket yang dimiliki adalah harian, dengan cara ini Anda bisa melihat info sisa kuota yang dimiliki.

 

Cara Cek Kuota 3 Via Aplikasi Bima Tri

Bagi yang sering melakukan pengecekan kuota internet, akan lebih praktis jika Anda menggunakan aplikasi Bima Tri. Pengecekan via sms atau dial akan sedikit repot karena Anda harus selalu mengingat formatnya. Sementara itu, apabila menggunakan akses website resminya, Anda mungkin suatu kali harus login kembali sehingga otomatis harus selalu ingat email dan password yang dimiliki. Namun, hal ini berbeda dengan cara yang terakhir ini. Cara cek kuota 3 dengan aplikasi ini bisa dilakukan dengan membuka aplikasi yang sebelumnya telah diinstal pada ponsel. Aplikasi ini juga bisa memberikan peringatan apabila kuota Anda akan segera habis.

Tidak hanya menyediakan pilihan Push notifikasi, aplikasi provider ini juga bisa menyajikan informasi profil kartu seperti nomor Tri, masa berlaku kartu, sisa pulsa, kuota data, free akses, dan sebagainya. Jika ponsel terhubung dengan mobile banking, Anda juga bisa melakukan pengisian pulsa atau kuota secara online. Jika tidak, pengisian via aplikasi juga bisa dilakukan dengan memasukkan kode voucher yang dibeli via aplikasi.

Sayangnya, cara cek kuota 3 yang terakhir ini mungkin tidak bisa Anda lakukan apabila ponsel yang dimiliki tidak mendukung untuk instalasi aplikasi Bima Tri. Ponsel dengan sistem operasi seperti bada, java, dan symbian tidak mendukung untuk diberi instalasi Bima Tri. Sebaliknya, ponsel dengan sistem operasi android, windows, ios, mac, atau blackberry bisa mendukung untuk instalasi aplikasi dari provider Tri ini.

Dari ulasan di atas, bisa disimpulkan bahwa sebenarnya ada banyak cara pengecekan kuota yang bisa Anda coba lakukan. Walaupun kuno, pengecekan dengan sms dan dial tidak memerlukan pulsa. Di lain sisi, pengecekan via website My Tri akan menyedot kuota jika menggunakan mesin pencarian umum terlebih dahulu. Selain itu, pengunduhan dan instalasi aplikasi juga akan membutuhkan beberapa MB kuota data. Karena masing-masing cara memiliki kekurangan dan kelebihan, Anda sendiri bisa menentukan cara cek kuota 3 mana yang dianggap paling sesuai untuk dipilih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *