Cara Cek Kuota Smartfren 4G LTE Terbaru dan Terlengkap

Diposting pada

Smartfren menjadi provider CDMA yang sukses menggaet konsumen sampai saat ini. Pada saat pertama kali perilisannya sudah disambut baik oleh masyarakat dan terus mengalami perkembangan dalam hal pelayanan. Produk terbaru Smartfren kini mengusung jaringan tercepat 4G LTE yang sudah support berbagai jenis smartphone baik Android maupun iOS. Banyak sekali pengguna Smartfren yang belum mengetahui cara cek kuota smartfren sehingga selalu mengeluh kuota habis tiba-tiba serta pulsa utamanya tersedot habis.

cara cek kuota smartfren

Padahal, cara cek kuota smartfren sangat mudah. Bila jeli, Anda dapat melihat cara pengecekan kuota data, sms, dan telepon di kemasan kartu perdana Smartfren. Tapi terkadang banyak orang yang langsung membuang kemasan kartu perdana tanpa membacanya terlebih dahulu. Oleh karena itu, banyak yang tidak mengetahui informasi dasar ini.

Smartfren menyediakan 2 jenis paket internet yaitu internet unlimited dan internet volume based. Seperti namanya, internet unlimited memungkinkan penggunanya menggunakan internet sepuasnya tanpa takut kuota dan masa aktif habis atau pulsa utama terpotong. Sedangkan internet volume based bergantung pada jumlah kuota dan masa aktif sesuai yang Anda pilih. Namun, pada dasarnya kedua paket tersebut sama-sama memiliki batasan sesuai dengan paket yang dipilih.

Bagi pengguna yang memilih paket internet volume based harus rajin mengecek kuota Anda. Biasanya operator akan mengirimi pesan jika kuota internet akan segera habis. Akan tetapi, jumlah pastinya tidak disebutkan sehingga tidak heran jika tiba-tiba Anda tidak dapat streaming atau berselancar di dunia maya karena kuota sudah habis. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui cara cek kuota smartfren agar dapat mengontrol penggunaan kuota Anda dan segera mengisi paket saat kuota akan habis.

 

Cara Cek Kuota Smartfren Manual

Cara pertama untuk mengecek kuota smartfren ialah dengan cara manual. Terdapat tiga cara cek kuota smartfren secara manual. Pertama, menggunakan messaging atau sms pada operator. Caranya dengan mengetik “CEK” (tanpa tanda petik) lalu kirimkan ke 995 (bebas pulsa). Sesaat kemudian akan ada balasan dari operator berupa jumlah kuota yang tersisa mulai dari kuota internet utama beserta bonus kuota dan masa aktif paket internet. Mengecek sisa pulsa dan masa aktif kartu juga bisa dilakukan dengan sms yaitu dengan mengirim “CEK” (tanpa tanda petik) ke 999.

Cara cek kuota smartfren kedua secara manual ialah dengan menghubungi *123# melalui dialer lalu memilih 7 untuk mengecek sisa kuota. Di menu *123# juga terdapat berbagai pilihan seperti paket internet, roaming, telpon dan sms, serta konten (akses sosial media, musik, nonton, dan chat unlimited). Anda juga dapat mengecek pulsa, menghentikan layanan paket yang sedang berlaku, dan mengisi pulsa melalui *123#.

Cara cek kuota smartfren manual yang ketiga ialah dengan menghubungi operator *995. Anda akan mendapatkan informasi lengkap mengenai sisa kuota internet utama, bonus internet, kuota messaging, kuota bicara sesama pengguna Volte, dan informasi-informasi lain mengenai paket internet Anda. Ketiga cara tersebut dapat Anda pilih sesuai dengan kenyamanan Anda untuk mengecek kuota.

Cara cek kuota smartfren secara manual ini memberikan informasi yang sama mengenai kartu perdana Anda. Akan tetapi, setiap cara memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Mengecek kuota melalui sms sangat cepat tetapi terkadang informasi terpotong karena melebihi batas karakter sms. Sedangkan melalui dialer Anda harus memilih menu sampai dapat melihat informasi yang diinginkan.

 

Cara Cek Kuota Smartfren Melalui Aplikasi

Smartfren terus memberikan pelayanan yang baik untuk konsumennya serta mempermudah penggunanya untuk bertransaksi dengan menggunakan aplikasi my smartfren. Di dalam aplikasi my smartfren tersedia lengkap fitur-fitur yang disediakan untuk memberi kemudahan pengguna smartfren seperti mengecek kuota, pulsa, masa aktif, membeli paket, dan isi ulang pulsa. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan banyak informasi mengenai bonus dan promo dari smartfren melalui aplikasi ini.

Untuk hp Andromax smartfren biasanya sudah terinstal aplikasi my smartfren di hp. Jika smartphone Anda bukan produk dari Smartfren, Anda tinggal menginstal aplikasi my smartfren dari playstore secara gratis. Anda tidak perlu log in lagi karena aplikasi secara otomatis membaca data dari kartu perdana Anda. Anda juga dapat memasang widget my smartfren yang berisi informasi tentang sisa pulsa dan masa aktif kartu smartfren di layar utama hp Anda.

Cara cek kuota smartfren melalui aplikasi sangat mudah yaitu dengan membuka aplikasi my smartfren. Sebelum masuk halaman utama, jangan kaget dan khawatir jika Anda mendapat iklan dari smartfren. Iklan tersebut hanya muncul jika membuka aplikasi dan tidak mengganggu aplikasi lainnya. Di halaman utama smartfren Anda dapat melihat sisa kuota utama Anda. untuk mengetahui bonus internet, Anda dapat tap menu info lengkap. Selain info kuota, di dalam aplikasi terdapat informasi jelas mulai dari nomor, sisa pulsa, dan masa aktif kartu.

Terdapat menu lain yang bisa Anda manfaatkan dalam aplikasi my smartfren seperti menu beli paket. Menu beli paket berisi paket yang bisa Anda beli secara mudah dan cepat. Setiap paket juga diberi keterangan rinci mengenai jumlah dan harga paket sehingga Anda dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

 

Cara Cek Kuota Smartfren Melalui Website

Cara cek kuota smartfren yang terakhir ialah melalui website. Website resmi smartfren ialah http://www.smartfren.com/id/. Anda dapat mengecek kuota melalui website jika aplikasi di smartphone Anda sudah terlalu banyak dan sudah tidak banyak ruang di RAM yang tersisa. Untuk mengecek sisa kuota internet Anda di website Anda harus log in terlebih dahulu menggunakan nomor smartfren Anda. cara mengecek nomor kartu Anda dengan mengirim “CEK” ke 995.

Di website utama smartfren ini Anda juga bisa mendapatkan berbagai macam informasi seperti promo, artikel-artikel terbaru tentang smartfren, penjelasan lengkap mengenai paket internet smartfren, dan informasi-informasi lengkap lainnya mengenai provider smartfren.

Semua cara tersebut dapat digunakan dalam smartphone yang support kartu perdana Smartfren. Daftar smartphone yang dapat dipasang kartu perdana smartfren diantaranya iphone, Asus, Blackberry, Evercoss, Himax, Hisense, Huawei, Lenovo, LG, Meizu, One Plus, Samsung, Sony, Wiko, Xiaomi, dan ZTE. Semua smartphone tersebut harus sudah support jaringan 4G LTE. Tetapi, tidak semua tipe dari hp tersebut kompatibel dengan smartfren. Anda dapat mengecek apakah smartphone Anda masuk atau tidak di website smartfren.

Dari ketiga cara cek kuota smartfren di atas, lebih disarankan menggunakan aplikasi my smartfren. Dengan menggunakan aplikasi Anda tidak perlu membuka banyak link atau input nomor menu. Selain cepat, menggunakan aplikasi juga lebih praktis karena menunya lengkap. Aplikasinya juga sangat ringan dan tidak menghabiskan bayak ruang. Akan tetapi, pilihan tetap di tangan Anda. Cara mana yang lebih mudah dan nyaman menurut Anda untuk mengecek sisa kuota Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *