cara cek kuota Telkomsel

Cara Cek Kuota Telkomsel Sesuai dengan Kebutuhan

Diposting pada

Cara cek kuota telkomsel dapat dilakukan dengan beberapa cara yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Kebutuhan akan internet saat ini menjadi salah satu kebutuhan utama manusia. Mungkin hal ini terdengar dilebih-lebihkan namun kenyataan yang ada menyatakan demikian. Perhatikanlah kebiasaan masyarakat dari mulai bangun tidur hingga tidur kembali pasti tidak pernah lepas dari gadget.  Dengan melihat problematika seperti ini banyak tempat yang menyediakan fasilitas Wi-Fi secara gratis untuk menarik minat masyarakat. Mulai dari cafe-cafe, rumah makan, taman bahkan sampai perpustakaan. Semakin cepat koneksi internet mereka biasanya akan semakin ramai pula tempat itu. Masyarakat cenderung akan memilih tempat dengan internet gratis dibandingkan tempat yang tidak menyediakan internet.

Selain dengan memanfaatkan fasilitas internet gratis, masyarakat tentu saja menggunakan koneksi internet secara pribadi menggunakan operator. Di Indonesia saat ini sudah tersedia banyak sekali operator-operator penyedia jaringan internet. Para operator ini berlomba-lomba memberikan koneksi internet cepat namun tetap dengan harga murah. Begitu pula dengan operator Telkomsel.

Telkomsel merupakan salah satu operator dengan tipe GSM yang sudah dikenal memiliki kualitas jempolan oleh masyarakat Indonesia. Jaringan atau kekuatan sinyal milik telkomsel ini bahkan sudah sampai pada pelosok-pelosok seluruh tempat di Indonesia. Meskipun pada area pelosok desa, kekuatan sinyal Telkomsel masih termasuk dalam kategori cepat dan stabil untuk pengaksesan internet. Dengan stabilnya sinyal maka cara-cara cek kuota telkomsel akan sangat bisa dilakukan dengan baik tanpa kendala berarti. Kelemahan terbesar yang sering diutarakan oleh pelanggan Telkomsel adalah soal harga yang cenderung lebih mahal dibandingkan dengan operator lain. Berikut ini dipaparkan beberapa cara melakukan cek kuota milik Telkomsel.

 

Cara Cek Kuota Telkomsel dengan Menu Dial Up

Salah satu cara cek kuota telkomsel adalah dengan memanfaatkan menu dial-up. Mungkin kata menu dial up masih sangat jarang diucapkan oleh masyarakat. Padahal sesungguhnya aktivitas ini merupakan aktivitas yang sangat sering dilakukan oleh seluruh pengguna operator. Dial-up sendiri sebenarnya merupakan koneksi yang menyambungkan suatu perangkat dengan koneksi internet. Dengan memanfaatkan koneksi ini operator menyediakan sebuah menu untuk melakukan penyebaran informasi kepada pengguna.

Informasi yang bisa didapatkan oleh pengguna sangat beragam. Mulai dari informasi jumlah pulsa, masa tenggang, program-program dari operator hingga dengan membeli dan mengaktifkan paket internet menggunakan menu dial up. Cara cek kuota Telkomsel menggunakan menu dial up merupakan salah satu cara yang paling sering dilakukan oleh pengguna.

Kelebihan dari cek kuota menggunakan menu dial up adalah kemudahan dan kecepatannya. Pertama-tama cara cek kuota Telkomsel adalah dengan melakukan panggilan kepada nomor dial khusus milik operator Telkomsel. Untuk Telkomsel, Anda hanya perlu menekan angka *888#. Setalah melakukan panggilan ke nomor ini maka secara cepat pihak Telkomsel akan menyambungkan dengan koneksi mereka untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Beberapa informasi dari dial up 888 adalah sisa pulsa, masa aktif, masa tenggang dan beberapa menu lain. Khusus untuk cek kuota silahkan memilih tombol angka nomor 3. Selain itu, ada pula penawaran-penawaran menarik yang dapat diaktifkan hanya dengan menekan tombol angka nomor 1. Selain menggunakan angka *888#, Anda juga bisa menggunakan angka *889#. Angka kedua ini bahkan langsung memberikan informasi sisa kuota tanpa harus menekan angka-angka lain seperti sebelumnya. Alternatif kedua ini akan lebih mudah dibandingkan yang pertama.

 

Cara Cek Kuota Telkomsel Lewat SMS

Cara cek kuota Telkomsel selanjutnya adalah dengan mengirimkan SMS atau pesan singkat kepada nomor tertentu milik operator Telkomsel. SMS atau kepanjangan dari Short Message Service paling ramai digunakan sekitar tahun 2007 hingga tahun 2009. Saat itu ponsel hanya dapat digunakan untuk melakukan panggilan atau mengirimkan SMS. Karena melakukan panggilan membutuhkan pulsa yang lebih banyak maka kirim-mengirim pesan singkat menjadi pilihan yang lebih bijak. Pada tahun-tahun itu operator bukan berlomba memberikan paket internet murah namun berlomba memberikan harga paling murah untuk mengirim SMS. Beberapa operator bahkan memberikan penawaran dengan memberikan harga per huruf.

Seiring perkembangan teknologi, SMS mulai ditinggalkan dan beralih kepada aplikasi perpesanan instan. Berbeda dengan SMS yang menggunakan pulsa, aplikasi chatting ini menggunakan kuota sebagai media transaksi. Kuota sendiri tidak hanya bisa digunakan untuk mengakses aplikasi chatting namun juga berbagai aplikasi lain. Meskipun telah ditinggalkan, SMS dapat membantu Anda sebagai salah satu cara cek kuota Telkomsel.

Tahapan cara cek kuota Telkomsel menggunakan SMS adalah sebagai berikut. Pertama silahkan masuk pada fitur pesan atau message pada smartphone Anda. Kemudian silahkan ketik pesan bertuliskan UL (spasi) INFO. Kirimkan pesan ini kepada operator Telkomsel dengan nomor 3636. Anda tidak dipungut biaya administrasi sama sekali alias gratis meskipun melakukannya lebih dari satu kali dalam sehari. Anda bisa melakukan cek kuota kapanpun dibutuhkan. Jika format sms demikian tidak berhasil maka pilihlah format selanjutnya. Format lain dari SMS ini adalah dengan mengetik “Flash Info2” kirim ke nomor 3636. Setelah mengirimkan pesan singkat ini maka dalam kurunwaktu yang cukup singkat Anda akan menerima sms balasan dari Telkomsel.

 

Cara Cek Kuota Telkomsel lewat Aplikasi dan web My Telkomsel

Bagi Anda yang ingin menggunakan cara cek kuota Telkomsel secara lebih praktis dan kekinian maka Anda dapat memilih aplikasi My Telkomsel sebagai medianya. Semakin canggih dunia teknologi membuat Telkomsel selalu membuat gebrakan inovasi untuk memudahkan akses pra penggunanya. Salah satu inovasi mereka adalah dengan menyediakan aplikasi khusus Telkomsel yang dapat diunduh secara gratis. Aplikasi ini menyediakan informasi secara lengkap untuk pengguna Telkomsel. Tidak hanya sisa kuota namun juga nomor, masa aktif, paket yang sedang digunakan, pulsa dan bahkan promo  mereka.

Layaknya aplikasi lain gratis yang lain, meskipun dapat diunduh secara gratis namun Anda harus memiliki kuota yang cukup untuk mengaksesnya. Inilah kekurangan dari penggunaan aplikasi my Telkomsel untuk melihat sisa kuota. Saat kuota Anda benar-benar habis, Anda bahkan tidak bisa mengakses aplikasi ini sama sekali. Oleh karena itu, lakukanlah pengecekan sisa kuota secara berkala. Usahakan untuk melakukannya minimal 1 minggu 2 kali. Jangan lupa pula untuk mengingat masa aktif kuota Anda. Meskipun sisa kuota masih banyak namun jika masa aktif telah habis, sisa kuota tersebut tidak bisa digunakan.

Selain aplikasi, Anda juga bisa memanfaatnya situs online mereka untuk melihat sisa kuota. Seperti aplikasi my Telkomsel, lewat website Anda juga akan mendapatkan banyak informasi yang berkaitan dengan nomor pribadi Anda. Sedikit berbeda dengan aplikasi my Telkomsel yang hanya perlu informasi nomor saja, melalui website Anda harus sudah terdaftar sebagai user untuk mengakses informasi pribadi. Itulah beberapa cara cek kuota Telkomsel yang bisa digunakan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *