Cara Memasang Musik Di Blog yang Bisa Anda Coba

 

Tidak semua orang tahu cara memasang musik di blog meskipun sebenarnya hal ini tergolong cukup mudah untuk dilakukan. Memiliki blog sendiri memang memberikan banyak sekali keuntungan, salah satunya adalah Anda bisa dengan bebas “menghias” blog tersebut sesuai dengan keinginan atau selera Anda. Anda bisa memasang tema, gambar, atau pun memasang musik kesukaan Anda sebagai musik latarnya.

 

Bagaimana cara memasang musik di blog dengan mudah?

Sebenarnya ada banyak sekali cara yang bisa dilakukan untuk memasang musik pada blog sehingga Anda bisa bebas memilih cara mana yang kiranya paling mudah untuk digunakan. Beberapa cara yang ditawarkan bisa berisi cara untuk memutar lagu secara otomatis dan ada pula yang tidak. Berikut beberapa cara memasang musik di blog dengan mudah:

Memanfaatkan situs SCM music player

Penggunaan situs music player yang bisa diakses di http://scmplayer.net merupakan cara memasang musik di blog yang paling mudah. Berikut beberapa cara yang perlu Anda lakukan:

  • Kunjungi situs resmi milik SCM music player
  • Pada bagian “setup wizard”, pilihlah menu “skin”
  • Kemudian untuk memilih lagu apa saja yang digunakan, Anda bisa mengklik menu “Edit Playlist” kemudian Anda tinggal memasukkan tautan atau lagu-lagu yang diinginkan.
  • Apabila Anda ingin memutar lagu yang ada dalam playlist tersebut secara otomatis, Anda bisa mengaturnya di menu “configure setting” kemudian checklist kotak autoplay.
  • Klik “done” ada tampilan yang muncul kemudian salin skrip
  • Buka blog Anda, kemudian pada dashboard pilih layout. Pada bagian bawah page element, pilihlah menu “add gadget” kemudian klik “HTML/JavaScript”. Copy salinan skrip yang tadi sudah diperoleh klik “done”
Baca Juga  Top 10 Situs di Indonesia

Menggunakan tag HTML5

Penggunaan hypertect markup atau HTML memang terus berkembang dari tahun ke tahun. HTML5 merupakan versi kelima dari situs tersebut. Cara memasang musik di blog dengan menggunakan tag HTML5, yang perlu dilakukan adalah

  • Klik menu “layout” yang tertera pada dashboard. Kemudian pada bagian bawah page elements, pilih menu “add gadget” lalu pilih “HTML/JavaScript”
  • Nantinya Anda akan diminta untuk memasukkan script atau kode, maka masukkan kode berikut

<audio controls><source src = “#”/></audio>

Gantikan tanda # dengan tautan yang sudah akan diperoleh jika Anda mengupload file mp3 dari musik yang diinginkan pada OpenDrive, Google Drive, Dropbox, atau Puush.

  • Jika Anda ingin musik atau lagu yang dibuat menjadi autoplay atau otomatis maka pada kode yang dimasukkan dimasukkan kata autoplay pada tanda kurung pertama sehingga menjadi

<audio controls autoplay><source src = “#”/></audio>

  • Sementara jika Anda ingin lagu yang diputar akan tereplay secara otomatis atau adanya looping maka yang perlu dilakukan adalah menambah perintang “looping” setelah controls pada kode yang digunakan. Sehingga kode yang dimasukkan menjadi

<audio controls looping><source src = “#”/></audio>

  • Tetapi jika Anda ingin menambahkan beberapa lagu sekaligus atau membuat playlist maka kode yang dimasukkan adalah

<audio controls autoplay loop><source src=”#1”/><source src=”#2”/><source src=”#3”/></audio>

 

Beberapa cara memasang musik di blog seperti di atas merupakan beberapa cara yang mudah yang bisa dilakukan untuk memasukkan lagu di halaman blog Anda. Satu hal yang perlu diingat adalah untuk menyesuaikan lagu dengan konten yang ada di blog. Anda juga tidak boleh terlalu banyak menyisipkan lagu karena justru akan mengganggu.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1