Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog Gratis untuk Pemula

Diposting pada

Dunia blogger memang sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari perkembangan teknologi seperti sekarang. Banyak sekali informasi yang bisa Anda temukan dari beberapa postingan para blogger di internet. Bagi Anda yang ingin membuat blog sendiri namun tidak tahu bagaimana cara membuat blog? Tidak perlu khawatir karena sebenarnya untuk membuat blog tidaklah susah dan bisa dilakukan dengan gratis. Memang dengan memiliki blog sendiri akan ada banyak sekali keuntungan yang bisa diperoleh. Salah satunya adalah Anda bisa memperoleh uang apabila banyak orang yang berkunjung ke situs Anda tersebut.

Ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan jika ingin menjawab pertanyaan “bagaimana cara membuat blog yang mudah”. Berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk bisa membuat blog dengan mudah dan juga gratis:

 

Cara Membuat Blog di Blogger atau Blogspot

1. Buat akun email dari gmail terlebih dahulu. Penggunaan akun email ini nantinya akan digunakan sebagai alamat email yang digunakan untuk log in ke www.blogger.com. Mengapa harus menggunakan blogger? Alasannya adalah karena blogger atau blogspot merupakan salah satu website gratis buatan google. Tidak hanya itu, blogger juga lebih friendly dan Anda juga bisa memperoleh uang dengan mendaftar di Google Adsense.

2. Setelah masuk ke halaman www.blogger.com, Anda bisa mengisikan alamat email dari gmail yang sebelumnya sudah Anda buat. Kemudian masukkan kata sandi lalu klik sign in.

3. Setelah itu akan muncul pilihan “lanjutkan ke blogger”, klik pilihan tersebut dan klik menu “buat baru”.

4. Langkah selanjutnya dalam bagaimana cara membuat blog adalah Anda bisa memilih bahasa mana yang akan digunakan. Pilihannya ada pada menu bahasa di pojok kanan layar atas di samping roda bergerigi sebelum mengklik tombol “buat baru”.

5. Setelah menu “buat baru” di klik, maka ikuti langkah-langkah selanjutnya. Isilah beberapa kolom yang disediakan seperti judul, alamat blog, serta template atau tampilan sesuai dengan keinginan Anda. Umumnya alamat blog yang dibuat akan berakhir dengan blogspot.com. Apabila nama alamat yang Anda ketikkan tidak muncul maka itu berarti nama tersebut sudah digunakan oleh orang lain. Anda harus mengganti alamat tersebut dengan alamat yang baru. Baik judul, alamat, maupun template nantinya bisa Anda ubah kembali di “menu setelan dasar”.

6. Langkah selanjutnya dalam bagaimana cara membuat blog adalah dengan mengklik tombol “buat blog” yang ada pada bagian bawah layar. Setelah mengklik tombol tersebut maka blog Anda sudah jadi. Selanjutnya akan muncul kotak dialog “mulai mengeposkan │tutup”, Anda bisa klik menu “mulai mengeposkan” jika ingin mengupload sesuatu.

 

Lakukan Langkah demi langkah agar hasilnya memuaskan

Hal lain yang tidak kalah penting saat membuat blog adalah adanya logo yang akan mencerminkan karakter dari blog tersebut. Untuk bisa membuat logo tersebut, Anda bisa mengunjungi www.logaster.com. Di sana Anda dapat membuat logo dengan mudah dan murah serta dalam waktu yang singkat.

Langkah-langkah di atas merupakan salah satu cara yang bisa dilakukan bagi Anda. Khususnya yang masih pemula dan ingin membuat blog sendiri. Memang, blog merupakan salah satu situs yang membebaskan orang untuk bisa mengupload postingan berupa tulisan ataupun gambar. Tentunya yang tidak melanggar hak cipta atau undang-undang yang berlaku. Harapannya setelah mengetahui bagaimana cara membuat blog ini. Para blogger bisa menggunakan situs postingan gratis ini secara bijak dan juga tepat.

 

Mulai dengan posting artikel dalam cara membuat blog

Menulis artikel dan memasukkan gambar adalah salah satu cara membuat blog di Blogger selanjutnya. Kemampuan, pengetahuan, dan kreatifitas Anda berperan besar dalam proses pembuatan sebuah artikel dan elemen pendukungnya.
a. Klik menu Entri untuk mulai menulis
Menu yang tersedia relatif sedikit sehingga tidak membutuhkan waktu lama bagi Anda untuk menyesuaikan diri.
b. Ada banyak tool yang berfungsi hampir sama dengan software yang biasa Anda pakai untuk mengetik

Artikel dalam blog sebaiknya adalah artikel original atau unik yang Anda buat karena Google akan lebih menyukai blog Anda sehingga lebih mudah ditemukan pembaca blog. Hindari copy paste artikel orang lain. Ini akan merusak blog Anda dimata Google dan dimata sosial karena Anda akan dianggap plagiator. Anda boleh mengambil ide orang lain namun selanjutnya Anda tulis menurut bahasa sendiri.

Ada juga istilah artikel unik dalam dunia blogging. Unik artinya ide dan maksud serta isi konten boleh sama tetapi menggunakan bahasa dan istilah yang berbeda. Unik ini biasanya memang untuk menghindari duplikasi konten yang terbaca mesin pencari, sehingga kita terhindar dan tetap mampu merangking artikel kita dengan baik di mesin pencari.

 

Memasukkan Gambar Pelengkap

Memasukkan gambar ke artikel adalah bagian dari cara membuat blog di Blogger. Untuk menempatkan gambar pada artikel yang sudah Anda buat, Anda cukup klik menu bergambar pemandangan. Setelah itu pilih gambar dari media penyimpanan gadget Anda dan kemudian akan muncul menu yang bisa Anda pakai untuk mengatur posisi dan ukuran gambar tersebut.

Gambar dalam blog selain sebagai pemanis bagi pengunjung juga memberikan pengaruh yang signifikan bagi mesin pencari. Google akan membaca gambar yang kita tampilkan dalam artikel dan melihat kesesuaiannya dengan isi artikel secara umum. Ini tentu saja akan membuat artikel kita semakin memiliki posisi yang baik dalam mesin pencari.

Pilihlah gambar-gambar yang menarik untuk ditampilkan. Gambar yang ditampilkan sebaiknya koleksi sendiri. Bila ingin menampilkan gambar dari situs lain sertakan sumber gambar tersebut. Bisa juga Anda cari gambar yang memang tidakmemiliki hak cipta dan dapat Anda sebarluaskan.

Kesesuaian judul, alamat, dan template akan menentukan keberhasilan blog Anda. Buatlah judul, alamat, tema, dan tampilan blog yang menarik agar orang tertarik mengunjungi blog Anda. Sebaiknya pilihlah keyword atau kata kunci yang sekiranya bisa menggiring penjelajah internet untuk mampir ke blog Anda. Bayangkan Anda sebagai pengguna internet yang ingin mencari tema atau hal-hal tertentu.

 

Cara Membuat Blog di WordPress

Cara membuat blog di WordPress sangat mudah dan cepat untuk dilakukan. Anda hanya cukup menyediakan PC atau laptop yang terkoneksi internet untuk mengaksesnya. Langkah-langkah berikut akan menjelaskan secara rinci untuk menciptakan sebuah blog.

  • Pertama, buka browser dan ketik url yang dituju yaitu id.wordpress.com yang kemudian akan mengarah pada bagian depan atau home dari website tersebut.
  • Kedua, pada halaman depan Anda akan melihat pilihan menu yang bertuliskan “buat situs web” dan arahkan kursor ke tulisan tersebut kemudian klik.
  • Ketiga, Anda akan diminta untuk membuat nama domain sebagai identitas website atau blog Anda nantinya. Khusus untuk domain tidak bisa dirubah setelah berhasil membuatnya, namun untuk nama blog masih bisa dilakukan editing untuk melakukan perubahan pada namanya. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan pemilihan secara matang untuk pemilihan domain.
  • Jika telah berhasil membuat nama blog pada kolom yang tersedia dan menekan tombol bertuliskan “buat situs Anda dan lanjutkan”, maka cara membuat blog di WordPress yang berikutnya adalah mengisi formulir yang tersedia. Formulir ini akan memperlihatkan sebuah daftar berisikan alamat web, surel, nama pengguna dan kata sandi. Anda harus mengisinya dengan benar dan sesuai dengan nama yang telah ditentukan. Harus diperhatikan pada bagian kata sandi, jangan sampai menuliskannya kurang tepat atau melakukan kesalahan ketik yang berakibat tidak bisa masuk ke blog. Setelah selesai memasukan semua data yang dibutuhkan, tekan tombol “langkah berikutnya” yang berwarna biru pada bagian bawah.
  • Kemudian, Anda akan memasuki halaman “cari alamat kustom” yang memungkinkan untuk melakukan pilihan pada domain yang disarankan. Namun, jika tidak menginginkannya dan lebih memilih untuk membuat sub-domain sesuai pilihan sendiri maka tahap ini bisa langsung dilewati.

 

Pilihlah Tema atau Template yang Sesuai

  • Tahapan cara membuat blog di WordPress selanjutnya akan memasuki halaman yang menyuruh untuk membuat pilihan tema atau template yang akan digunakan pada blog. Anda bisa memilih tema standar yang telah disediakan. Silahkan pilih saja salah satu di antaranya sesuai dengan selera. Jangan khawatir, pada permulaan membuat blog lebih baik fokus pada hasil jadi dulu. Jangan berpikir terlalu jauh untuk menghiasnya sedemikian rupa. Hal tersebut akan mudah dilakukan pada tahap-tahap selanjutnya setelah semua benar-benar beres.
  • Setelah proses pemilihan tema selesai, maka akan muncul pilihan yang menunjukkan untuk memilih paket berlangganan secara gratis atau berbayar. Jika memang tidak ingin mengeluarkan uang, silahkan pilih paket gratis saja. Biasanya paket ini yang paling banyak dipilih.
  • Bila semua langkah tersebut telah dilalui maka akan muncul dashboard yang siap digunakan untuk memposting berbagai macam hal sesuai dengan tujuan pembuatan Dalam artian berarti blog Anda telah selesai dibuat.

Demikian cara membuat blog di Blogger dan wordpress, semoga bermanfaat. Jadilah blogger yang inspiratif, informatif, dan edukatif, bukan blogger provokatif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *