Cara Membuat Blog

Cara Membuat Blog di Blogger Untuk Pemula

Diposting pada

Blogger adalah salah satu situs blogging paling populer di dunia. Cara membuat blog di Blogger sangat mudah, cukup bermodal email saja. Melalui blog Anda bisa membagi banyak hal dan bahkan bisa mendapatkan “gaji” atau penghasilan yang berasal dari kunjungan dan iklan di halaman blog Anda. Untuk lebih jauh memahami cara mendapatkan penghasilan dari blog Anda bisa baca Info Penting Seputar Cara Menghasilkan Uang dari Blog.

Cara membuat blog di Blogger menggunakan email

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa untuk membuat blog di Blogger hanya membutuhkan email. Sebelum membuat blog, pastikan bahwa email Anda adalah email aktif. Berikut adalah cara membuat blog di Blogger dengan menggunakan email untuk pemula.

Buka email Anda

Jika Anda belum memiliki email atau email lama Anda telah dinon-aktifkan, maka Anda harus membuat akun email baru. Cara membuat email sangat mudah dan tidak perlu waktu lama bagi Anda untuk memiliki sebuah akun email baru.

Saat ini diwajibkan untuk menggunakan email dari google atau gmail. Menggunakan gmail menjadikan akun kita ringkas saat ini. Hanya dengan memiliki akun gmail, kita bisa membuat akun untuk seluruh layanan dari Google. Masuk ke mail.google.com untuk membuatnya dan ikuti langkah selanjutnya.

Masuk ke Blogger

Untuk masuk ke halaman blogger hanya ketikkan blogger.com pada browser yang kita gunakan. Saat ini juga Google memiliki browser yang handal dan cepat yaitu Google Chrome yang bisa Anda download secara gratis. Ketika sudah masuk di halaman blogger.com selanjutnya klik “Sign in” pada sudut kanan atas halaman Blogger

Langkah selanjutnya Anda tinggal mengisikan alamat email, username, dan lain sebagainya yang harus Anda ikuti sampai seluruh proses selesai.

Buat Blog Baru di Blogger.com

Sampai tahap ini prosesnya akan lebih mudah dan gampang diikuti. Klik menu “Blog baru” untuk memulai membuat isi dan tampilan blog. Pada menu ini Anda akan disajikan beberapa hal seperti “Judul”, “Alamat”, dan “Template”.

Judul Blog

Buatlah judul yang sesuai dengan tema yang Anda inginkan. Kesesuaian tema dan judul adalah salah satu kunci keberhasilan sebuah blog. Judul ini memberikan gambaran dari keseluruhan isi blog yang akan Anda tampilkan. Judul blog ini memang bisa Anda ubah kapan saja Anda mau, tetapi perubahan judul blog ini sedikit banyak mempengaruhi kinerja blog kita di indeks mesin pencari seperti Google.

Lebih jelas tentang indeks mesin pencari akan kita bahas di lain kesempatan.

Alamat Blog yang diinginkan

Buatlah alamat yang mudah diingat dan sesuai dengan tema blog Anda. Seringkali alamat yang kita inginkan sudah digunakan orang lain. Tidak perlu bingung karena Anda cukup tambahkan kata, huruf, angka, atau tanda baca (beberapa tanda baca tidak bisa dipakai) agar Anda bisa membuat alamat blog yang unik.

Ada beberapa teknik memberikan alamat blog. Biasanya menggunakan kata kunci utama yang kita bidik dalam blog atau dikenal sebagai KOD yaitu keyword on domain yang bisa lebih cepat merangking kata kunci yang kita bidik. Contohnya kata kunci yang kita bidik ‘cara membuat blog’ maka alamat atau domain yang bisa kita pilih adalah caramembuatblog.blogspot.com. Ada juga yang memilih nama brand atau unik yang bukan merupakan kata kunci untuk dibidik, seperti ingin membidik kata kunci ‘jual kasur online’ tetapi menggunakan domain atau alamat blog DeBoboks.blogspot.com

Silakan Anda pilih sesuai selera Anda. Tetapi alamat ini tidak bisa diubah jadi Anda harus menentukannya dengan hati-hati.

Template Blog

Bagian ini adalah tempat bermain bagi Anda. Karena disinilah mengatur tampilan blog seperti apa yang Anda inginkan. Memilih template yang sudah tersedia adalah salah satu tips mudah cara membuat blog di blogger bagi pemula. Jika Anda merasa template yang tersedia tidak sesuai dengan apa yang Anda inginkan maka Anda bisa menggunakan template-template blog yang bisa Anda peroleh dan gunakan secara gratis.

Template ini bisa Anda ganti setiap saat sesuai selera Anda. Tetapi bagi Anda yang sudah mengenal indeks mesin pencari tentu saja berganti-ganti template akan sangat mempengaruhi posisi blog Anda dalam mesin pencari. Pilihlah template yang simple namun tidak membosankan yang tentunya lebih ringan saat loading.

 

Mulai dengan posting artikel dalam cara membuat blog

Menulis artikel dan memasukkan gambar adalah salah satu cara membuat blog di Blogger selanjutnya. Kemampuan, pengetahuan, dan kreatifitas Anda berperan besar dalam proses pembuatan sebuah artikel dan elemen pendukungnya.
a. Klik menu Entri untuk mulai menulis
Menu yang tersedia relatif sedikit sehingga tidak membutuhkan waktu lama bagi Anda untuk menyesuaikan diri.
b. Ada banyak tool yang berfungsi hampir sama dengan software yang biasa Anda pakai untuk mengetik

Artikel dalam blog sebaiknya adalah artikel original atau unik yang Anda buat karena Google akan lebih menyukai blog Anda sehingga lebih mudah ditemukan pembaca blog. Hindari copy paste artikel orang lain. Ini akan merusak blog Anda dimata Google dan dimata sosial karena Anda akan dianggap plagiator. Anda boleh mengambil ide orang lain namun selanjutnya Anda tulis menurut bahasa sendiri.

Ada juga istilah artikel unik dalam dunia blogging. Unik artinya ide dan maksud serta isi konten boleh sama tetapi menggunakan bahasa dan istilah yang berbeda. Unik ini biasanya memang untuk menghindari duplikasi konten yang terbaca mesin pencari, sehingga kita terhindar dan tetap mampu merangking artikel kita dengan baik di mesin pencari.

 

Memasukkan Gambar Pelengkap

Memasukkan gambar ke artikel adalah bagian dari cara membuat blog di Blogger. Untuk menempatkan gambar pada artikel yang sudah Anda buat, Anda cukup klik menu bergambar pemandangan. Setelah itu pilih gambar dari media penyimpanan gadget Anda dan kemudian akan muncul menu yang bisa Anda pakai untuk mengatur posisi dan ukuran gambar tersebut.

Gambar dalam blog selain sebagai pemanis bagi pengunjung juga memberikan pengaruh yang signifikan bagi mesin pencari. Google akan membaca gambar yang kita tampilkan dalam artikel dan melihat kesesuaiannya dengan isi artikel secara umum. Ini tentu saja akan membuat artikel kita semakin memiliki posisi yang baik dalam mesin pencari.

Pilihlah gambar-gambar yang menarik untuk ditampilkan. Gambar yang ditampilkan sebaiknya koleksi sendiri. Bila ingin menampilkan gambar dari situs lain sertakan sumber gambar tersebut. Bisa juga Anda cari gambar yang memang tidakmemiliki hak cipta dan dapat Anda sebarluaskan.

Kesesuaian judul, alamat, dan template akan menentukan keberhasilan blog Anda. Buatlah judul, alamat, tema, dan tampilan blog yang menarik agar orang tertarik mengunjungi blog Anda. Sebaiknya pilihlah keyword atau kata kunci yang sekiranya bisa menggiring penjelajah internet untuk mampir ke blog Anda. Bayangkan Anda sebagai pengguna internet yang ingin mencari tema atau hal-hal tertentu.

Demikian cara membuat blog di Blogger, semoga bermanfaat. Jadilah blogger yang inspiratif, informatif, dan edukatif, bukan blogger provokatif.

One thought on “Cara Membuat Blog di Blogger Untuk Pemula

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *