Cara Membuat Daftar Isi Blog dengan 3 Langkah Pilihan

Membuat blog itu sangat mudah, Anda tinggal masuk saja ke website penyedia blog gratis bagi yang ingin belajar. Salah satu bagian dari blog adalah daftar isi atau sitemap. Cara membuat daftar isi blog ada beberapa langkahnya yang harus diperhatikan. Namun, sebelum itu Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu sitemap dan apa fungsinya pada blog. Sama halnya dengan daftar isi yang ada pada buku, sitemap atau lebih dikenal dengan peta situs merupakan rangkaian isi dari blog.

 

Semua isi dari blog tersebut dimasukkan ke dalam sitemap dengan tujuan memudahkan pengunjung saat akan membaca. Jadi, fungsi dari sitemap itu sendiri mirip dengan fungsi daftar isi pada buku. Yang membedakannya di sini adalah tampilannya. Jika di buku diaplikasikan dengan kertas, di sini diaplikasikan secara digital. Dengan adanya daftar isi tersebut, pengunjung blog akan mendapat kemudahan dalam mencari sesuatu utamanya yang ada pada blog tersebut.

Lalu bagaimanakah cara membuat daftar isi blog itu? Caranya sangat mudah dan memang tidak akan memakan waktu lama. Ada 3 cara yang biasanya dipakai oleh para blogger. Anda pun juga bisa memilih salah satunya. Membahas tentang daftar isi pada blog memang sangat menarik. Selain bertujuan memudahkan para pengunjung, daftar isi pada blog juga berguna untuk mengoptimalkan mesin pencari. Pastinya para pakar SEO sudah tahu cara mana yang bisa dipakai, namun semua cara memiliki fungsi yang sama yakni memudahkan pengunjung blog lalu memudahkan atau mengoptimalkan mesin pencari. Bagi yang sedang menggeluti dunia blog, daftar isi atau sitemap tersebut harus ada dan buatlah sebaik mungkin supaya blog juga semakin menarik para pengunjung.

Baca Juga  Cara Membuat Judul Blog Berjalan untuk Menarik Minat Pembaca

 

Cara Membuat Daftar Isi Blog Secara Otomatis dan Simpel

Cara membuat daftar isi blog yang pertama dan bisa dipilih adalah dengan cara otomatis dan simpel. Sesuai dengan namanya, cara yang satu ini sangat sederhana dan tidak memakan waktu lama. Mungkin waktu lama hanya sekitar 5 menit saja itu pun tergantung pada koneksi internet. Jika koneksi internet lemot atau loading lama, tentu waktu yang dibutuhkan juga banyak. Lalu bagaimana langkahnya untuk membuat peta situs dengan cara yang simpel ini?

Pertama Anda buka terlebih dahulu halaman awal blog yang Anda miliki. Misal Anda memakai Blogspot, maka Anda tinggal pilih saja Pages. Nantinya di monitor akan muncul berbagai menu, selanjutnya Anda pilih New Pages. Setelah memilih halaman baru, cara membuat daftar isi blog selanjutnya adalah membuat judul daftar isi lalu masukkan kode apabila Anda memakai kode. Kode HTML tersebut bisa Anda cari di mesin pencari. Ada banyak kode HTML yang biasanya bisa dipakai untuk mengisi titel daftar isi.

Setelah Anda memasukkan kode HTML nya, langkah selanjutnya adalah klik publikasikan apabila judul daftar isi sudah Anda isi. Peta situs atau sitemap pun sudah jadi, Anda tinggal isi dengan konten yang sudah Anda buat. Cara yang satu ini memang cukup mudah dan simpel, tidak memakan waktu lama dan tak perlu repot harus minta bantuan pakar SEO. Mengapa? Karena Anda bisa mengerjakannya sendiri. Namun untuk kode HTML yang akan di copy paste, Anda bisa searching dahulu akan memasukan kode yang mana karena banyak sekali kode HTML yang di share. Mungkin cara membuat daftar isi blog ini bisa dicoba.

Baca Juga  Cara Membuat Template Blog Sendiri Tanpa Html

 

Cara Membuat Daftar Isi Blog dengan Berdasarkan Label Tertentu

Membuat peta situs selain dengan menggunakan cara otomatis dan simpel, ada juga cara membuat daftar isi blog berdasarkan label tertentu. Apa maksudnya? Apabila Anda akan membuat daftar isi berdasarkan label pilihan sendiri, ini maksudnya adalah hanya label tertentu saja yang akan muncul. Label tersebut berdasarkan yang Anda inginkan saja jadi tidak semua label bisa ikut tampil di daftar isi. Untuk membuatnya pun gampang, sebenarnya hampir sama dengan cara sebelumnya yakni cara simpel dan otomatis.

Untuk menggunakan cara berdasarkan label, langkah pertama yang harus Anda pakai adalah dengan klik page kemudian new page. Langkah kedua adalah pilih isi judul halaman dengan daftar isi per label. Label di sini sudah harus ditentukan sebelumnya. Kemudian langkah berikutnya adalah klik mode HTML dan copy kodenya. Untuk kode yang satu ini tentunya berbeda dengan kode HTML daftar isi secara simpel tadi. Anda bisa mencari kode HTML yang berdasarkan label tertentu misal label pilihan sendiri. Jangan sampai keliru karena nanti bisa mempengaruhi tampilan dari daftar isi blog yang Anda miliki.

Setelah selesai copy paste kode HTML, langkah selanjutnya adalah publish. Anda tinggal publish daftar isi yang sudah Anda buat tadi. Ada catatan yang harus Anda perhatikan ketika memilih cara membuat daftar isi blog berdasarkan label tertentu. Ketika Anda sudah copy paste kode HTML nya, gantilah nama label dan juga alamat blognya. Hal yang lebih penting lagi adalah gunakan pemisah %20 untuk antar kata apabila label terdiri dari dua kata atau lebih. Cara yang satu ini bisa Anda praktekan sendiri.

Baca Juga  Cara Mengedit Blog Agar Lebih Menarik

 

Cara Membuat Daftar Isi Blog Berdasarkan Tanggal Postingan

Ada lagi cara membuat daftar isi blog yang bisa Anda coba yaitu berdasarkan tanggal postingan. Apa yang dimaksud dengan daftar isi berdasarkan tanggal postingan? Ini merupakan isian dari sitemap yang diurutkan berdasarkan tanggal postingannya. Sebagai contoh, Anda memposting artikel pada hari Senin kemudian daftar isi yang akan muncul adalah pada artikel yang diposting pada hari Senin itu juga. Postingan artikel pada hari Minggu atau hari sebelumnya posisinya akan di bawah. Jadi urutan awal daftar isi adalah postingan di tanggal terbaru, begitulah kira-kira.

Lalu bagaimanakah cara membuat daftar isi blog yang berdasarkan tanggal postingan tersebut? Sebenarnya tidak ada cara yang berbeda untuk membuat daftar isi blog yang berdasarkan tanggal postingan. Yang membedakannya adalah kode HTML nya, langkah pertama yang harus diperhatikan adalah login blogger terlebih dahulu kemudian klik entri baru. Selanjutnya Anda pilih edit laman dan laman baru lalu isi nama judul daftar isi. Langkah selanjutnya adalah dengan klik edit HTML, masukkan kode HTML lalu copy ke area artikel dan kemudian publish. Daftar isi yang berdasarkan tanggal postingan telah selesai.

Cara-cara di atas bisa Anda coba untuk membuat daftar isi atau peta situs pada blog Anda. Dengan melengkapi blog menggunakan daftar isi, maka Anda juga sudah bisa mengoptimalkan SEO website. Mesin pencari lebih mudah dalam mengoptimalkan blog dan selain itu daftar isi juga bertujuan untuk membantu para pengunjung. Pengunjung bisa memilih sendiri menu mana yang akan dipilih. Beberapa cara membuat daftar isi blog di atas semoga bisa bermanfaat. Anda bisa pilih salah satu yang terbaik.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1