Cara Membuat Header Blog Dengan Mudah

Blog bukan lagi hal yang baru di dunia internet. Anda pasti sudah kenal dengan platform ini yang tersedia secara gratis maupun berbayar. Banyak model dan tipe blog yang dapat dipilih untuk memenuhi kebutuhan dan tujuan Anda. Lalu bagaimana cara membuat header blog? Pertanyaan ini akan dibahas dalam artikel ini.

Apakah yang dimaksud header? Ketika membuka blog atau website, Anda menemukan sebuah gambar atau tulisan yang berada di posisi paling atas. Gambar tersebut tampil di setiap halaman blog dan menjadi identitas dari blog tersebut. Ukurannya sesuai dengan lebar blog. Selain gambar, Anda juga menemukan tulisan tetapi bukan lagi murni text tetapi telah dikonversi ke bentuk gambar. Mereka itulah yang disebut dengan header. Header selalu berada di posisi atas dari sebuah blog untuk menjadi identitas. Untuk membuatnya, Anda dapat menggunakan beberapa cara.

 

Apa fungsi dari header? Yang pertama adalah identitas. Header itu ibarat papan nama besar yang ada di depan sebuah toko. Anda dapat mengetahui nama dari toko tersebut dengan membaca headernya. Sebuah website membutuhkan header untuk menunjukkan identitasnya secara langsung. Pengunjung tidak harus membaca secara keseluruhan text yang ada pada halaman muka tetapi cukup melalui header untuk mengetahui tipe website. Inilah fungsi utama dari header.

Header juga berfungsi sebagai dekorasi untuk memperindah desain blog. Anda dapat menggunakan header dengan tipe gif yaitu gambar bergerak. Tampilan website akan lebih bagus serta menarik dengan header tipe ini. Tipe gambar yang akan digunakan juga sangat penting saat membahas cara membuat header blog. Perlu anda ketahui, cara yang akan ditunjukkan pada artikel ini merupakan cara dasar mudah.

Baca Juga  Cara Mengelola Blog dari Nol Hingga Menghasilkan Uang

 

Cara Membuat Header Blog Dengan Software

Cara membuat header blog yang umum digunakan adalah menggunakan software. Ada banyak software pengolah gambar yang mumpuni. Software apa yang terbaik? Pertanyaan ini sangat penting untuk dijawab karena banyak yang salah kaprah tentang penggunaan software untuk header. Perlu Anda ketahui bahwa software yang Anda gunakan tidak terbatas pada software tertentu yang mahal. Anda juga mampu membuat header dari software gratis dan sederhana.

Ada beberapa hal yang harus disiapkan terlebih dahulu. Pertama, Anda harus menentukan tema dari header. Tema atau konsep header harus menunjukkan identitas dari blog Anda. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, header adalah identitas yang menunjukkan keseluruhan dari isi, konten, dan lainnya pada blog. Jika blog berisi konten fashion, header harus lebih atraktif dan modern. Header untuk blog formal juga harus sederhana dengan sedikit warna mencolok. Konsep header harus sudah siap sebelum menggunakan software karena Anda dapat telah memiliki apa yang akan dibuat.

Selanjutnya, cara membuat header blog yang kedua adalah menentukan ukuran dari header. Inilah bagian yang sangat penting. Ketika Anda memperhatikan dengan seksama, header pada blog tidak akan berubah ukurannya. Berapakah ukuran header? Pada dasarnya, blog akan melakukan penyesuaian ketika Anda menambah header. Namun, penyesuaian tersebut kadang berakibat fatal yaitu gambar yang terlalu kecil atau ukuran yang tidak proporsional.

Setelah mendapatkan ukuran yang tepat, Anda tinggal menyesuaikan ukurannya pada software. Anda telah membuat header, tetapi ukurannya terlalu besar. Gunakan software yang dapat melakukan editing secara cepat dan menyesuaikan ukuran file. Perlu diingat, file yang besar akan membebani blog ketika dibuat. Inilah hal terakhir dari cara membuat header blog melalui software.

Baca Juga  Cara Membuat Artikel untuk Blog dan Beberapa Hal Penting Lainnya

 

Cara Membuat Header Blog Secara Online

Salah satu metode dari cara membuat header blog yang paling mudah adalah secara online. Anda cukup mengunjungi website tertentu untuk memilih gambar atau desain yang telah disediakan. Setelah itu Anda cukup menulis beberapa text yang juga akan tertera pada header. Hasil akhir adalah header yang sudah siap ditempatkan pada blog dengan ukuran yang sesuai.

Cara online memiliki kelebihan dan kekurangan. Kelebihannya adalah mudah dan murah. Bagi pemilik blog yang tidak mengerti tentang software desain, cara ini sangat membantu. Anda tidak perlu belajar desain untuk membuat header. Kunjungi website tertentu lalu header siap untuk digunakan. Keuntungan lain adalah pilihan desain ynag bervariasi. Ada beragam konsep desain untuk blog dan Anda cukup memilih satu yang sesuai dengan tema blog yang Anda buat.

Kekurangan dari cara membuat header blog secara online adalah Anda mungkin akan menemukan blog yang memiliki header mirip. Inilah yang paling tidak menyenangkan bagi pemilik blog. Dua buah blog dengan tema hampir mirip menggunakan konsep header yang sama. Ada kemungkinan jika blog tersebut membuatnya secara gratis dari website yang sama. Hal tersebut dapat terjadi jika template untuk header adalah gratis.

Kekurangan yang muncul ketika menerapkan cara membuat header blog dari online dapat diatasi. Anda dapat membuat mengambil template untuk header kemudian dimodifikasi secara menyeluruh. Jadi, Anda menggunakan template sebgai dasar kemudian menggunakan software untuk editing. Cara ini lebih singkat dan menghindari kesamaan bentuk atau model. Header juga lebih unik dan hanya blog Anda yang memilikinya.

 

Cara Membuat Header Blog Lebih Atraktif

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, header dapat juga berbentuk gambar bergerak. Untuk hal ini Anda harus memperhatikan beberapa aspek penting. Tipe file yang digunakan adalah GIF sehingga lebih ringan.selain itu, gambar bergerak tersebut hanya memuat beberapa slide misal tiga hingga lima perubahan. Besar file untuk header harus mampu menyesuaikan dengan gadget yang digunakan oleh pengunjung blog. Setelah header siap pada blog, Anda harus melakukan pengecekan tampilan ketika menggunakan laptop, smartphone, dan tablet. Pastikan header tampil sempurna dan tidak ada kesalahan.

Baca Juga  Cara Membuat Tulisan Berjalan di Blog Dengan Baik dan Benar

Ada beberapa aspek lain yang bersifat non teknis ketika menerapkan cara membuat header blog. Blog Anda memiliki potensi untuk dikembangkan menjadi bisnis. Header adalah ciri khas dair blog yang berbeda dengan lainnya. Ketika mengubah ciri khas atau identitas tersebut, Anda harus memiliki pengganti dengan konsep sama atau sepadan. Banyak blog yang kehilangan pengunjung karena header yang berubah tanpa diikuti konten.

Hindari header yang berbentuk iklan. Hal ini banyak terjadi pada blog-blog baru karena ingin memiliki pendapatan dari iklan. Posisi iklan sebaiknya pada sisi kanan dari sebuah blog. Jadi konten menempati posisi kiri dan iklan sebelah kanan. Hal ini sangat penting karena banyak pengunjung yang merasa terganggu dengan iklan yang menggantikan posisi header. Website anda akan menarik pengunjung, tetapi tidak menjaga mereka untuk berkunjung lagi di kemudian hari. Inilah salah satu yang harus diperhatikan bagi pemilik blog, terutama pemula.

Proses pembuatan header memang tidak susah, tetapi bukan berarti menyepelekan beberapa aspek. Header adalah identitas yang harus dibuat dengan cermat dan sungguh-sungguh. Oleh karena itu, cara membuat header blog telah menjelaskan apa yang harus dilakukan dan beberapa aspek lain yang perlu diperhatikan.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1