Cara Membuat Kalender di Blog Dengan Cepat dan Mudah

Sebelum membahas lebih lanjut tentang, cara membuat kalender di blog ada baiknya Kita mengenal lebih dekat tentang Blog itu sendiri. Blog merupakan salah satu bentuk aplikasi Web yang tersedia secara gratis. Blog dapat dijadikan sebagai salah satu saran penuang kreativitas, misalnya menulis. Lumrah Blog diperuntukkan secara perorangan, namun dapat pula digunakan secara kelompok. Anda dapat mengakses Blog secara online melalui browser perangkat Anda.

 

Selain cara membuat kalender di blog ada hal lain yang juga menarik dari Blog. Menurut catatan sejarah, Blog pertama kali muncul pada tahun 1999 oleh salah satu perusahaan. Kemudian pada tahun 2002 aplikasi Web ini di akui oleh Google. Sejatinya Blog mengalami perkembangan yang pesat, hingga sekarang. Melalui Blog, orang-orang dapat mencurahkan pikirannya dalam bentuk-bentuk tulisan. Bahkan dewasa ini, Blog telah menjadi salah satu ladang rezeki sebagai orang.

Hal mendasar yang harus Anda ketahui sebelum memahami cara membuat kalender di blog adalah bagaimana Anda dapat memiliki Blog?. Sejatinya Blog dapat diakses secara online, baik melalui Komputer, Laptop, ataupun Smartphone. Selanjutnya Anda perlu memiliki akun Google Elektronik Mail (G-Mail). e-Mail ini dapat dibuat dengan mudah melalui situs terkait secara gratis.

Setelah memiliki akun e-Mail, selanjutnya User perlu mengakses salah satu situs penyedia jasa pembuatan Blog. Log in dengan username dan password e-Mail Anda. Kemudian Sobat akan diarahkan pada halaman dasbhor, selanjutnya pilih Blog Baru. Maka akan muncul jendela baru yang memuat informasi tentang Judul Blog, Alamat, dan Template. Isilah beberapa poin tadi, sesuai dengan keinginan Sobat. Setelah itu klik buat blog, maka dengan demikian Blog Anda siap digunakan.

Baca Juga  Cara Upload File ke Blog Bagi Pemula

 

Ingin Tahu Cara Membuat Kalender di Blog? Anda Harus Punya Blog Terlebih Dahulu

Ketika user telah berhasil membuat Blog sendiri, maka selanjutnya Blog dapat dikembangkan sesuai dengan keinginan User. Misalnya dengan mengatur theme blog, layak mengatur theme pada Smartphone. Menentukan hal-hal yang akan dituliskan ke dalam Blog ataupun menambahkan beberapa fitur menarik lainnya. Tenang saja untuk hal ini, user dapat mencari tuntunannya di internet secara gratis. Demikian pula halnya dengan cara membuat kalender di blog.

Salah satu fitur menarik yang dapat ditambahkan ke dalam Blog adalah fitur kalender. Sejatinya kalender merupakan daftar hari dan bulan dalam setahun. Serta dikenal pula dengan istilah penanggalan ataupun alamanak. Kalender erat kaitannya dengan ilmu astronomi. Melalui kalender, Manusia dapat mengenal Hari, Bulan, dan Tahun dalam tiap siklus hidupnya. Saat ini dikenal dua sistem kalender, yaitu Kalender Masehi dan Kalender Hijriah.

Kalender Masehi merupakan kalender yang digunakan oleh Masyarakat Dunia. Sedangkan Kalender Hijriah hanya berlaku untuk Umat Islam. Biasanya kalender Masehi memiliki jumlah hari dengan kisaran 365-366 hari dalam setahun. Sementara kalender Hijriyah memiliki 354-355 hari dalam tiap tahunnya. Perhitungan satu hari dalam kalender Masehi dimulai ketika waktu menunjukkan pukul 00:00. Sedangkan pergantian hari pada kalender Hijriah, dimulai ketika Matahari telah terbenam di sebelah Barat.

Sama halnya dengan kalender pada real-nya, kalender dalam Blog juga memiliki peran yang sama. Selain sebagai pengingat, adanya kalender pada Blog memiliki nilai unik tersendiri bagi pengunjung Blog Anda. Lalu bagaimana cara membuat kalender di blog?. Bagi Anda para pemula, Anda tidak perlu khawatir akan hal tersebut. Pasalnya kini telah tersedia cara yang tepat untuk menghadirkan kalender ke dalam Blog Anda dengan mudah.

 

Cara Membuat Kalender di Blog Dengan Mudah

Mengingat Blog merupakan salah satu jenis Web gratis, maka perlu upaya untuk mengoptimalkan fitur-fitur di dalamnya. Sehingga para pengguna internet tertarik untuk melihat konten Blog pribadi Anda. Ada banyak hal yang dapat User lakukan dalam mengembangkan Blog yang dimilikinya. Misalnya dengan menghadirkan Kalender pada Blog Anda. Anda yang penasaran dengan Kalender pada Blog, silahkan simak penjelasan cara membuat kalender di blog berikut ini.

Baca Juga  Cara Mengganti Template Blog Agar Lebih Menarik

cara membuat kalender di blog cukup mudah. Pertama User harus log ini terlebih dahulu ke Blog sendiri. Setelah berhasil Log in, carilah           menu layout pada dasbhor blog Anda. Kemudian klik ­add gadget, maka akan muncul halaman baru. Selanjutnya pilih kategori Gadget dan cari Daily Clender. Setelah itu aturlah kalender Anda dengan menyesuaikan dengan Hari, Bulan, dan Tahun yang sedang berlaku. Jika sudah selesai, klik save. Dengan demikian Blog Anda akan memiliki fitur kalender secara otomatis.

Selain di atas, juga terdapat cara membuat kalender di blog lainnya. Anda dapat menambahkan kalender dengan bentuk yang unik ke dalam Blog Anda. Sama halnya dengan cara di atas, Anda harus log ini terlebih dahulu ke akun Blog Anda. Setelah itu, pada halaman dasbhor pilih layout, kemudian klik add gadget. Selanjutnya pilih html/ java script, lalu copy paste kode berikut ini :

<!-My calendar widget – HTML code – mycalendar.org –><div align=”center” style=”margin:15px 0px 0px 0px”>
<noscript><div align=”center” style=”width:140px;border:1px solid #ccc;background:#fff ;color: #fff ;font-weight:bold;”>
<a style=”font-size:12px;text-decoration:none;color:#000 ;” href=”http://mycalendar.org/Holiday/Indonesia/”>Indonesia Calendar</a></div>
</noscript><script type=”text/javascript” src=”http://mycalendar.org/calendar.php?group=Holiday&calendar=Indonesia&widget_number=3&cp3_Hex=FFB200&cp2_Hex=040244&cp1_Hex=F9F9FF&fwdt=140&lab=1″></script></div>
<!-end of code–>

Setelah itu, Blog Anda akan memiliki tampilan Kalender yang unik. Sehingga akan menambah nilai tersendiri bagi Blog Anda.

 

Selain Cara Membuat Kalender di Blog, Ini Tips untuk Menjadi Seorang Bloger

Setelah user mengetahui bagaimana cara membuat kalender di blog, berikut ada beberapa tips yang digunakan dalam aktivitas Bloging Anda.

Pertama yakni Tulisan. Dalam dunia Bloging, kualitas tulisan menjadi poin penting yang harus diperhatikan. Pasalnya orang-orang akan tertarik untuk mengunjungi Blog Anda, dikarenakan isi tulisan yang menarik. Tulisan dalam Blog dapat berupa cerita pendek, curahan hati, kupasan sebuah produk, ataupun opini tentang fenomena yang sedang terjadi. Agar tulisan Anda dapat dinikmati, gunakanlah bahasa yang dapat menarik minat baca seseorang. Selain itu, penting juga rasanya Anda untuk mengkaji hal-hal yang bersifat aktual ataupun hal yang sedang viral saat ini. Di samping itu, bebas dari plagiarisme adalah syarat mutlak suatu tulisan.

Baca Juga  Cara Membuat Template Blog Sendiri Tanpa Html

Kedua yakni Kuantitas Pengunjung Blog. Supaya Blog Sobat dapat dikunjungi oleh orang lain, maka sobat perlu menyebar link Blog ke berbagai halaman yang ada di dunia maya. Selain itu, Sobat dapat memasukkan beberapa key word ke dalam tulisan, sehingga memungkinkan orang menemukannya melalui search enggine.

Ketiga, Rajin Posting. Hal satu ini sesungguhnya terkait kepada individu masing-masing. Usahakan untuk selalu meposting hal-hal baru ke dalam Blog Anda. Sehingga Blog akan terlihat up to date dan orang-orang akan tertarik membaca Blog Anda. Seorang Bloger mengatakan minimal dalam sebulan, Anda dapat mengupload postingan sebanyak 4 kali.

Keempat, Perihal Menghasilkan Uang. Poin satu ini tentu sangat menarik bagi setiap orang. Terlebih bagi mereka yang ingin menghasilkan uang dengan cepat. Namun yang perlu Anda ketahui, bahwa untuk bisa menghasilkan uang melalui Blog tidaklah mudah. Butuh waktu dan pengalaman yang mumpuni untuk melakukannya. Sehingga hanya bloger professional yang mampu melakukan hal tersebut. Untuk itu teruslah mengasah kemampuan bloging Anda, sampai Anda menjadi seorang beloger professional.

 

Demikianlah penjelasan cara membuat kalender di blog, serta beberapa tips lainnya. Semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1