Cara Membuat Read More di Blog Dengan Mudah untuk Pemula

Memiliki hobi menulis dapat disalurkan dengan membuat blog yang memuat tulisan-tulisan Anda. Anda dapat membuat blog dengan konten menarik sesuai dengan hobi dan minat Anda seperti memasak, travelling, hiking, make up, dll. Agar tampilan blog tampak lebih rapi, Anda dapat mencoba cara membuat read more di blog yang mudah dilakukan oleh pemula.

 

Bagi blogger pemula, memang dibutuhkan kesabaran untuk mempelajari teknik-teknik blogger agar blog lebih menarik dan menarik banyak pembaca. Bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan uang dari hasil nge-blog Anda jika pengunjungnya banyak dan google memasang iklan di blog Anda. Semakin banyak iklan dan pengunjung, semakin besar pula penghasilan Anda dari blog. Namun, mendapatkan pengunjung ke blog tidaklah mudah dan bisa didapatkan dengan instan. Diperlukan berbagai cara untuk menarik pembaca berkunjung ke blog Anda. Salah satunya ialah dengan mempercantik tampilan blog sehingga pembaca betah berlama-lama bahkan kembali lagi ke blog Anda.

Biasanya, tampilan beranda blog yang masih baru terkesan lebih berantakan karena konten yang ditulis terutama yang isi kontennya panjang terpasang semua di halaman depan. Pembaca akan malas membaca dengan tampilan blog seperti ini. Maka dari itu Anda harus belajar cara membuat read more di blog agar tampilan beranda blog Anda lebih tertata dan menarik. Dengan menu read more ini tulisan Anda akan terpotong sehingga dalam satu halaman dapat memuat banyak judul tanpa membingungkan pembaca.

Ada beberapa cara membuat read more di blog yang bisa Anda coba terapkan di blog Anda agar blog Anda terlihat lebih rapi. Cara yang akan dijelaskan di bawah ini tidak memakai java script atau bahasa pemrograman yang rumit.

Baca Juga  Cara Menambahkan Jam di Blog yang Paling Mudah

 

Cara Membuat Read More di Blog dengan Mode Compose

Sebenarnya, di dalam blog sendiri sudah diberikan menu khusus untuk membuat read more di postingan tanpa harus edit html dan memasukkan kode-kode rumit. Menu ini ialah insert jump break yang ada di menu bar pada saat Anda akan memposting tulisan ke blog. Caranya sangat mudah dan cepat sehingga cocok bagi blogger newbie yang belum mengerti html dan java script.

Cara membuat read more di blog sangat mudah, yaitu yang pertama kali harus dilakukan tentunya log in terlebih dahulu ke akun blog Anda. Lalu masuk ke halaman membuat postingan baru atau dapat pula mengedit tulisan yang telah dipost sebelumnya. Cara membuat artikel baru yaitu klik menu compose. terdapat dua mode editor yaitu compose dan html. Pilih mode compose editor terlebih dahulu ketika akan membuat artikel baru. Untuk mengedit artikel yang sudah ada di blog Anda buka terlebih dahulu artikel Anda kemudian cari menu tata letak kemudian pilih edit atau ubah.

Jika membuat postingan baru, maka tulis terlebih dahulu artikel yang akan dipost. Tetapi jika hendak mengedit yang sudah ada langsung ikuti step berikutnya. Cara membuat read more di blog menggunakan jump break yaitu dengan meletakkan kursor di kalimat terakhir yang ingin dipotong. Misalnya di akhir paragraf pertama. Kemudian klik insert jump break yang ikonnya berbentuk kertas robek lalu klik selesai atau posting. Maka secara otomatis tulisan read more akan muncul tepat di kalimat akhir yang Anda pilih tadi. Bagaimana? Sangat mudah bukan? Cara ini harus dilakukan secara manual di setiap postingan.

Baca Juga  Cara Mempercepat Koneksi Internet Tanpa Ribet

 

Cara Membuat Read More di Blog dengan Mode Html

Cara membuat read more di blog dengan mode html yang akan dibahas ini tidak harus memasukkan kode-kode rumit dan panjang. Caranya hampir sama dengan mode compose. Bedanya Anda harus memasukkan beberapa kode di bagian akhir kalimat yang ingin dipotong. Cara ini masih bisa digunakan juga oleh blogger pemula.

Cara membuat read more di blog menggunakan mode html yang harus dilakukan pertama kali ialah log in terlebih dahulu ke blog Anda. Setelah itu buat tulisan Anda seperti biasa namun, ubah mode editor menjadi html. Jika ingin mengedit postingan lama, lakukan seperti menggunakan mode compose yaitu buka terlebih dahulu postingan yang sudah ada kemudian edit. Alihkan mode editor menjadi html. Bila sudah, Anda tinggal menempatkan kursor mouse pada kalimat akhir yang akan dipotong dengan tulisan read more seperti halnya mode compose. Setelah itu masukkan kode <! — more –> lalu simpan atau publikasikan tulisan Anda. Cara ini juga harus dilakukan secara manual di setiap postingan.

Apabila Anda ingin membuat read more secara otomatis, Anda harus belajar menggunakan html yang lebih rumit. Sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah. Hanya saja kode yang dipakai lebih panjang dari yang sebelumnya. Namun, selain dapat menambah tulisan read more di setiap postingan secara otomatis, dengan metode html ini Anda juga dapat berkreasi di blog Anda dengan mengubah kode-kode tertentu. Sekarang sudah banyak blogger profesional yang membagikan tutorialnya sehingga Anda dapat mencari tutorial yang menurut Anda mudah diikuti dan dipraktekan untuk mempercantik blog Anda.

 

Cara Membuat Read More di Blog Menjadi Baca Selengkapnya

Apabila Anda sudah bisa menggunakan dua cara membuat read more di blog di atas, Anda dapat terus bereksperimen dan mencari trik-trik baru seputar blogging. Jika Anda memperhatikan blog-blog yang ada, tidak semuanya menggunakan kata read more untuk memotong tulisan mereka. Tetapi ada juga yang menggunakan baca selengkapnya dan kata-kata lainnya yang berbeda. Anda juga dapat melakukannya di blog Anda dengan mudah.

Baca Juga  Plagiarisme Online untuk Periksa Keunikan Konten Anda

Cara untuk mengubah tulisan read more menjadi baca selengkapnya sangat mudah. Setelah Anda log in ke halaman blog Anda, klik menu tata letak kemudian klik edit. Cari tulisan read more di halaman setting tersebut lalu ganti dengan baca selengkapnya atau kata-kata lain sesuai keinginan Anda. Selain mengganti tulisan read more menjadi yang lain, Anda juga dapat mengatur jumlah postingan yang akan ditampilkan di halaman beranda dan menu-menu lainnya yang bisa Anda atur. Jika telah selesai, simpan perubahan pengaturan Anda dan lihatlah perbedaan pada blog Anda.

Cara membuat read more di blog hanyalah salah satu cara untuk memperindah tampilan blog Anda. Agar lebih menarik, tidak ada salahnya untuk mempelajari teknik editing untung mengedit tampilan background dan header blog Anda dan juga menu-menu yang ditampilkan untuk memudahkan pembaca ketika mencari artikel di blog Anda.

Demikian cara membuat read more di blog yang mudah dan cepat. Selain mempercantik tampilan blog, Anda juga harus memasukkan konten-konten yang menarik dan berkualitas bukan hanya berisi iklan satu halaman penuh. Jika ingin menempatkan iklan di blog Anda, jangan sampai iklan menutupi artikel karena sangat mengganggu pembaca dan membuat pembaca malas mengunjungi blog Anda. Selamat mencoba!

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1