cara membuat sitemap website

Cara Membuat Sitemap Website yang Tepat dan Mudah

Diposting pada

Mengelola sebuah website sejatinya gampang-gampang susah. Gampang karena sudah mengerti ilmunya dan susah apabila kurang teliti atau kurang kreatif. Mengapa memiliki website harus dituntut kreatif? Karena ada banyak alasannya. Salah satu ide kreatif untuk meningkatkan pengunjung blog adalah dengan memakai sitemap. Cara membuat sitemap website pun tidak terlalu sulit dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Sebenarnya ide kreatif untuk membuat blog yang Anda miliki punya traffic bagus tidak hanya mengandalkan isian konten saja. Anda juga harus memperhatikan hal lainnya dan salah satu contohnya adalah membuat sitemap.

 

Lalu apa yang dimaksud dengan sitemap itu? Ini adalah peta situs yang mempunyai struktur tautan atau link yang banyak dan saling memiliki relevansi atau keterkaitan. Sitemap sendiri juga memiliki peran penting untuk website bisa berada di halaman teratas mesin pencari. Cara membuat sitemap website sangat gampang dan Anda tak harus meminta bantuan pada jasa SEO. Anda bisa membuatnya sendiri tetapi jangan sampai terlewatkan satu langkah pun supaya hasilnya bisa lebih maksimal.

 

Terlepas dari cara pembuatannya, menggunakan sitemap pada website itu sangat bermanfaat. Website akan lebih dikenal luas dan keuntungan pun akan segera didapat. Keuntungan di sini tentu saja keuntungan berupa materi. Banyak orang salah persepsi tentang sitemap, kebanyakan orang memang tidak menambahkan aspek tersebut pada blog mereka. Mereka berpikir jika blog sudah diisi dengan konten berkualitas maka sudah tidak perlu lagi ada sitemap. Padahal hal tersebut sangat salah, sitemap mempunyai peranan penting supaya blog mudah ditemukan oleh mesin pencari dan berada di halaman teratas. Perhatikanlah cara membuat sitemap website pada ulasan di bawah ini.

 

Cara Membuat Sitemap Website yang Bisa Dicoba

Untuk membuat sitemap pada website, Anda tak perlu membutuhkan waktu lama karena cara membuat sitemap website tidak rumit. Pertama Anda harus memiliki akun Google terlebih dahulu supaya nanti bisa memudahkan Anda untuk sign up ke Google Webmaster. Jika sudah memiliki akun, maka langkah pertama adalah sign up ke Google Webmaster tools terlebih dahulu kemudian add site situs website yang Anda miliki tersebut. Setelah berhasil, Anda tinggal verify situs. Bagaimanakah caranya? Anda tinggal memakai file HTML kosong saja untuk bisa verifikasi.

 

File HTML yang kosong tersebut nantinya akan secara otomatis diberi nama oleh google. Anda juga bisa menggunakan cara lain yaitu dengan meta tag di halaman index pada situs yang Anda miliki. Cara membuat sitemap website selanjutnya adalah membuat sitemap menggunakan generator. Anda pakai situs sitemap generator kemudian masukkan link URL Anda dan tunggu semua file kemudian pilihlah salah satu lokasi direktori root pada website Anda. Langkah selanjutnya adalah menekan save sitemap kemudian masuk ke menu popup lalu tekan google sitemap.

 

Setelah itu, simpan file sitemap ke komputer kemudian upload file tersebut ke hosting dan kembali ke Googel Webmaster tools lagi. Langkah berikutnya, Anda tinggal klik add sitemap lalu pilihlah general web sitemap pada menu yang ada dan selanjutnya klik add web sitemap. Langkah ini merupakan langkah terakhir cara membuat sitemap website dan Anda pun tinggal mengeceknya. Tapi Anda harus menunggu beberapa hari untuk mengeceknya karena google sendiri butuh waktu untuk mendownload sitemap yang telah Anda buat tersebut. Cara tersebut merupakan termudah dan tercepat.

 

Manfaat Memakai Sitemap Website

Memakai sitemap untuk website semata-mata bukan hanya membuat tampilan web menjadi lebih menarik melainkan ada fungsi utamanya. Setelah Anda mengetahui bagaimana cara membuat sitemap website dengan benar, maka Anda harus tahu apa saja fungsi utama dari layanan tersebut. Fungsi utamanya adalah membantu menaikkan ranking blog Anda pada search engine. Bagaimana bisa? Ternyata untuk menaikkan traffic tidak melulu bergantung pada isian konten seperti artikel dan gambar saja. Tetapi ada faktor lainnya yang membantu dan tak kalah pentingnya yaitu dengan sitemap website. Mengapa bisa demikian?

 

Karena dengan sitemap tersebut, mesin pencari bisa menyaring informasi-informasi yang berkaitan langsung dengan kata kunci. Misalnya ada kata kunci sate di Padang yang enak, maka mesin pencari akan segera menemukan sate di Padang yang enak tersebut dan mungkin salah satunya adalah website Anda yang muncul. Jika iya maka keuntungan pun akan mudah Anda dapatkan. Adapun manfaat lainnya yang akan didapatkan dengan memakai sitemap adalah website Anda mudah dikenali orang. Karena ranking akan terus bertambah, tentu saja website Anda akan mudah dikenal orang nantinya.

 

Manfaat tersebut tentu saja sangat menguntungkan karena sitemap secara tidak langsung juga bisa mempromosikan website Anda ke banyak orang. Cara membuat sitemap website yang mudah pun sejatinya juga sudah memberikan keuntungan bagi para blogger dalam mengelola blognya. Kemudian manfaat lainnya adalah mempermudah pengunjung blog memperoleh informasi secara mudah dan cepat. Jadi sudah bisa dipastikan jika sitemap itu sangat bermanfaat dan sudah wajib hukumnya dimiliki oleh setiap pemilik blog atau website karena ini adalah salah satu cara untuk menaikkan rangking blog.

 

Tipe Sitemap yang Wajib Anda Ketahui

Setelah mengetahui bagaimana cara membuat sitemap website maka Anda juga harus tahu tipe apa saja yang dimiliki oleh sitemap. Ternyata selama ini sitemap dibagi menjadi 3 tipe dan para blogger wajib mengetahui itu. Tipe pertama adalah HTML sitemap, apa itu HTML sitemap? Ini adalah peta situs yang berisi daftar URL dan dalam bentuk tag HTML. Tipe yang kedua adalah dalam bentuk zip, untuk sitemap yang satu ini pada umumnya dibuat dalam varian unik. Kemudian sitemap dalam bentuk zip tersebut digunakan untuk mengkompresi XML RSS Feed yang berukuran besar. Namun, sitemap yang satu ini juga harus hati-hati dalam menggunakannya karena beresiko tidak bisa dibaca oleh mesin pencari.

 

Tipe yang ketiga atau yang terakhir adalah sitemap XML RSS Feed, yaitu peta situs yang dibuat dengan menggunakan bahasa XML. Biasanya membuat peta situs yang satu ini dengan menggunakan sitemap generator dan dibuat secara manual. Ketiga tipe dari sitemap tersebut bisa Anda pilih salah satunya untuk website Anda nantinya.

 

Menggunakan sitemap ternyata juga bisa memberikan tambahan informasi kepada mesin pencari. Sebagai contoh adalah mengetahui informasi seberapa sering halaman situs website berubah atau di update. Kemudian ada juga informasi lainnya seperti tanggal berapa website dimodifikasi dan yang terakhir yaitu mengetahui tingkat keutamaan relative. Ternyata sitemap memang banyak manfaatnya bukan? Jadi sudah sepantasnya jika memiliki website harus ditambahkan dengan sitemap supaya hasilnya juga maksimal. Dengan mengikuti cara membuat sitemap website seperti yang sudah disebutkan di atas, mungkin keuntungan besar akan segera menjemput Anda. Tetapi Anda harus ingat, jangan melupakan isian kontennya.

One thought on “Cara Membuat Sitemap Website yang Tepat dan Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *