Cara Membuat Spoiler di Blog yang Bisa Anda Coba

Membahas tentang blog memang tidak akan ada habisnya. Mempercantik blog dengan berbagai hal seperti menambah gambar, mengisi dengan konten menarik tentu saja wajib dilakukan oleh blogger. Salah satunya dengan cara spoiler, cara membuat spoiler di blog bisa Anda lihat. Tetapi sebelum membahas tentang caranya, pastinya kata tersebut masih terdengar sangat asing bukan? Spoiler memang terdengar masih awam bagi orang biasa terlebih lagi bagi yang tidak mengerti dunia website atau blog.

 

Spoiler merupakan posting konten meliputi video, foto maupun teks tersembunyi. Dikatakan tersembunyi karena pengunjung nanti bisa mengklik tombol untuk melihatnya. Jadi, bagi yang ingin membaca konten website bisa mengklik tombol yang sama supaya nanti bisa muncul. Spoiler sendiri sering digunakan para blogger untuk membuat loading website tidak lambat. Selain mencegah loading lama, spoiler digunakan untuk menghemat space posting. Bagi para pembaca atau pengunjung website, ini bisa membantu untuk menghemat kuota. Kesimpulannya, spoiler itu seperti halnya simbiosis mutualisme, sama-sama saling menguntungkan karena tidak ada pihak yang dirugikan.

Lalu adanya pertanyaan tentang bagaimana cara membuat spoiler di blog tentu membuat siapa saja menjadi penasaran. Pasalnya, spoiler tersebut sangat unik dan memang bisa membuat website lebih menarik lagi. Menarik di sini yaitu website atau blog memiliki daya tarik dan pengunjung bisa leluasa dalam mengeksplor blog karena tidak akan takut kehilangan banyak kuota. Fungsi utama dari spoiler itu memang digunakan untuk hal tersebut. Cara membuatnya pun sangat mudah, namun bagi yang belum mengetahui ilmunya, membuat spoiler pasti bayangannya sangat susah karena harus menggunakan kode-kode tertentu. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa lihat penjelasannya di bawah ini.

Baca Juga  Cara Membuat Artikel untuk Blog dan Beberapa Hal Penting Lainnya

 

Cara Membuat Spoiler di Blog yang Mudah

Spoiler memang terbilang mudah dibuat. Namun, yang menjadi masalah di sini adalah tidak semua penyedia platform blog menyediakan fitur tersebut. Umumnya yang menggunakan fitur ini adalah forum-forum dan itu pun menggunakan vbulletin. Cara membuat spoiler di blog dengan memanfaatkan vbulletin sangat mudah. Cara yang satu ini umumnya untuk spoiler yang akan diisikan pada forum-forum online. Langkahnya adalah tekan tombol spoiler dan add spoiler. Menu spoiler tersebut akan tersedia pada menu panel posting, tetapi dengan catatan jikalau ada menu tersebut.

Apabila tidak ada menu spoiler, Anda bisa memakai cara membuat spoiler di blog selanjutnya. Anda bisa menggunakan kode spoiler=judul spoiler kemudian isi konten gambar tulisan video/spoiler. Kode tersebut bisa Anda gunakan apabila ingin menggunakan spoiler pada postingan di forum online. Banyak yang telah menggunakan cara ini untuk membuat postingan mereka di forum online menjadi lebih menarik. Manfaat yang didapat dengan menggunakan spoiler pada postingan forum maka loading forum tidak akan lambat. Loading lebih enteng dan Anda pun bisa mengisinya dengan konten-konten bagus yang bisa menarik para pengunjung.

Tidak semua forum online bisa menyediakan layanan tersebut. Terlepas dari itu semua, cara membuat spoiler di blog dengan memasukkan kode tersebut terbilang mudah. Ada juga yang harus memasukkan kode panjang untuk bisa membuat tampilan spoiler pada postingan mereka. Cara yang satu ini mungkin bisa Anda gunakan untuk para pemula yang sedang belajar menggunakan spoiler. Jadi, aplikasinya nanti hanya pada postingan forum online saja bukan pada blog atau website yang sesungguhnya. Untuk membuat spoiler pada blog tentu membutuhkan kode yang lebih panjang.

Baca Juga  Cara Membuat Menu di Blog yang Mudah Dilakukan

 

Cara Membuat Spoiler di Blog dengan Posisi Button Tetap

Membuat dan memiliki blog itu merupakan kegiatan yang menyenangkan. Anda bisa mengotak-atik blog sedemikian rupa untuk menarik para pengunjung. Salah satunya dan yang paling terpenting untuk sebuah blog supaya mendapatkan banyak pengunjung adalah memperhatikan isi konten. Konten blog bisa berupa teks artikel, video maupun foto. Terkadang sebuah blog loadingnya akan sangat lambat apabila konten terlalu berat. Maka tak heran jika banyak blogger yang menggunakan spoiler. Di sini akan dibahas tentang cara membuat spoiler di blog dengan posisi button tetap.

Untuk blogger yang ingin menggunakan spoiler posisi tetap, langkah pertama yang harus dilakukan adalah login ke blogger terlebih dahulu. Kemudian klik new post atau juga bisa entri baru. Apabila itu sudah dilakukan, cara membuat spoiler di blog dengan posisi button tetap selanjutnya adalah pilih mode HTML. Langkah selanjutnya Anda tinggal memasukan kode spoiler HTML yang sudah Anda siapkan sebelumnya. Untuk masalah kode HTML Anda bisa browsing di internet mana yang harus dipakai khusus untuk spoiler button tetap.

Setelah semua sudah dilakukan, Anda tinggal tunggu untuk bisa melihat apakah spoiler yang Anda buat tersebut sudah jadi atau belum. Contoh spoiler yang menggunakan posisi button tetap tersebut nanti tampilannya seperti pada forum online. Posisi button tidak bisa bergerak kemana-mana namun ini juga bisa membuat pengunjung tidak merasa bingung. Bagi yang belum mengerti tentang seluk beluk spoiler, mungkin cara membuat spoiler di blog tersebut bisa direkomendasikan. Anda bisa mencoba menerapkannya pada blog yang Anda miliki. Keuntungan menggunakan spoiler ini pun bisa untuk menyembunyikan keyword tertentu.

Baca Juga  Cara Membuat Blog Keren Khusus Pemula

 

Cara Membuat Spoiler di Blog dengan Tombol Terlempar ke Bawah

Cara membuat spoiler di blog selanjutnya yang bisa Anda coba adalah dengan posisi tombol terlempar ke bawah. Pernahkah Anda menemui blog atau website dengan posisi spoiler seperti ini bukan? Ini memang terdengar sangat membingungkan terlebih lagi bagi pengunjung yang tidak tahu soal spoiler. Mereka pasti bingung bagaimana melihat konten website di dalamnya. Tetapi posisi spoiler yang satu ini juga bisa membuat website atau blog lebih menarik dan unik. Cara membuatnya pun masih terbilang sama dengan cara yang sebelumnya, yang membedakannya adalah kode HTML yang harus dimasukkan.

Langkah membuat spoiler di blog dengan tombol terlempar ke bawah adalah pertama masuk ke blogger terlebih dahulu. Step berikutnya Anda klik new post atau entri baru dan pilih mode HTML. Lalu Anda tinggal masukkan saja kode HTML khusus posisi tombol tersebut. Spoiler dengan tombol terlempar ke bawah nantinya sudah akan menghiasi blog Anda. Namun harap diperhatikan, kode HTML yang harus dimasukkan itu sebelumnya Anda harus browsing terlebih dahulu. Mengapa? Biasanya kode HTML yang akan di copy paste selalu berbeda-beda.

Cara-cara tersebut bisa Anda coba pada blog Anda. Anda bisa memilih salah satu untuk membuat spoiler pada blog. Kegunaan dari spoiler sendiri bisa menghemat space posting jadi Anda bisa posting banyak tetapi tidak akan memakan banyak tempat. Namun memakai spoiler juga ada kerugiannya, tidak semua pengunjung mengerti tentang spoiler jadi blog Anda bisa ditinggalkan pengunjung begitu saja. Jadi Anda harus bisa menempatkan spoiler dengan benar pada blog. Demikian cara membuat spoiler di blog semoga bisa bermanfaat.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1