cara membuat template blog sendiri

Cara Membuat Template Blog Sendiri Tanpa Html

Diposting pada

Menjadi seorang blogger berarti Anda sudah siap untuk mempelajari segala jenis trik blogger termasuk cara membuat template blog sendiri. Template sangat mempengaruhi banyak tidaknya pengunjung blog karena template blog merupakan yang pertama kali terlihat oleh pengunjung. Apabila template yang digunakan kurang bagus, bukan tidak mungkin lagi pengunjung akan terus berkurang. Oleh sebab itu, penggunaan template yang benar dan bagus merupakan salah satu trik untuk meningkatkan traffic penjung blog Anda.

 

Bagi blogger pemula memang dibutuhkan kesabaran untuk mempelajari teknik-teknik blogger agar blog lebih menarik dan menarik banyak pembaca. Bukan tidak mungkin Anda bisa mendapatkan uang dari hasil nge-blog Anda jika pengunjungnya banyak dan google memasang iklan di blog Anda. Semakin banyak iklan dan pengunjung, semakin besar pula penghasilan Anda dari blog. Namun, mendapatkan pengunjung ke blog tidaklah mudah dan bisa didapatkan dengan instan. Diperlukan berbagai cara untuk menarik pembaca berkunjung ke blog Anda. Salah satunya ialah dengan mempercantik tampilan blog sehingga pembaca betah berlama-lama bahkan kembali lagi ke blog Anda.

Terdapat beberapa cara membuat template blog sendiri yang bisa dilakukan dengan mudah. Namun, Anda harus belajar sedikit mengenai java script, coding, html, dll. Pengetahuan dasar mengenai hal-hal tersebut sangat diperlukan untuk membuat template blog dengan mudah. pembuatan template pun tidak sebentar. Tidak jarang pembuat template blog menghabiskan waktu sampai berminggu-minggu untuk membuat sebuah template saja. Pembuatan template juga harus disesuaikan dengan tema blog, SEO friendly, dan juga mobile friendly. Tentu bukan hal yang mudah dilakukan oleh seorang pemula. Tetapi Anda dapat mempelajari cara membuat template blog sendiri menggunakan software yang tidak memerlukan penguasaan coding dan semacamnya.

 

Cara Membuat Template Blog Sendiri Menggunakan Blogger Template Design

Sebenarnya, blogspot sudah menyediakan template blogger sendiri sehingga blogger tinggal mengeditnya tanpa harus menggunakan kode-kode html yang rumit. Anda hanya perlu mengganti beberapa bagian dan menyesuaikannya dengan blog Anda. Cara membuat template blog sendiri menggunakan blogger template design sangat mudah. Pertama, log in terlebih dahulu ke akun blog Anda kemudian masuk ke blogger template design untuk memilih template yang sudah jadi. Pilihlah template yang sesuai dengan tema blog yang Anda buat dan juga terlihat eye-catching sehingga pengunjung tertarik setelah itu apply template. Sebenarnya Anda sudah bisa menggunakannya secara langsung. Akan tetapi, Anda ajuga dapat mengeditnya sehingga sesuai dengan style Anda.

Template yang disediakan secara gratis ini dapat Anda ubah secara total atau pun sebagian. Misalnya mengubah background, side bar, entire blog, dll. Hal yang paling penting ialah layout atau tata letak. Usahakan untuk memilih layout yang tidak memberikan kesan berantakan karena cukup mengganggu pengunjung. Pemilihan layout yang tepat juga akan berguna ketika hendak menyisipkan google ads. Tata letak sangat penting sebab yang paling pertama dilihat pengunjung ialah tata letaknya. Jika rapi, pengunjung akan merasa nyaman saat membaca konten blog Anda. Percuma saja konten bagus tetapi pemilihan template dan tata letaknya salah malah tidak akan menaikkan traffic pengunjung. Selain itu, Anda juga dapat mengatur font mulai dari warna, ukuran, sera jenis font yang digunakan di blog. Blogger template design sangat mudah digunakan oleh pemula sekali pun. Anda juga tidak perlu memasukkan kode-kode rumit tetapi masih bisa berkreasi dengan bebas.

 

Cara Membuat Template Blog Sendiri Menggunakan Aristeer

Aristeer merupakan salah satu software yang sering digunakan untuk membuat template blog. Tidak hanya template blog, software ini juga bisa digunakan untuk membuat template wordpress, drupal, dll. Sofware ini juga sangat mudah digunakan oleh pemula karena menu-menunya tidak rumit dan sudah banyak penggunanya sehingga akan sangat mudah menemukan tutorial menggunakan softwarenya. Cara membuat template blog sendiri menggunakan Aristeer yang pertama ialah download terlebih dahulu softwarenya. Anda dapat menemukan dan mengunduhnya secara gratis di internet.

Untuk permulaan, Anda dapat menggunakan suggest design. Sama seperti blogger template design, template yang disediakan juga dapat diedit. Anda juga dapat berkreasi sendiri membuat template sesuai selera Anda. Di software ini Anda bisa membuat template dengan layout, font, background, sheet, header, menu, peletakkan artikel, foot, blocks, serta buttons and foot. Semuanya dapat diedit dan dibuat sedemikian rupa agar blog Anda lebih menarik. Semua elemen tersebut sangat penting dalam sebuah template. Akan tetapi, yang harus lebih diperhatikan diantaranya layout, background, font, dan peletakan artikel. Usahakan memilik background yang tidak mendominasi. Artinya, tulisan masih bisa dibaca. Lebih baik hindari penggunaan background menggunakan gambar karena terkadang tulisan di dalam blog tidak terlihat karena pemilihan background yang salah.

Pemilihan font yang tepat juga masih berhubungan dengan background. Kombinasi antara background dengan warna, ukuran, serta jenis font yang digunakan sangat diperlukan. Ketika memilih background gelap, sebaiknya dipilih warna font yang terang, begitu pula sebaliknya. Tata letak artikel dan konten lainnya dalam blog juga harus diperhatikan. Jangan asal menempatkan karena akan mengurangi estetika blog Anda dan pengunjung pun malas mengunjunginya.

 

Cara Membuat Template Blog Sendiri menggunakan WYSIWYG Web Bulider

Kepanjangan dari WYSIWYG ialah what you see is what you get. Software ini dapat digunakan secara offline dan tidak memerlukan kode html yang rumit. Keunggulan software ini ialah diberikannya menu preview terhadap template yang telah dibuat sebelum disimpan menggunakan mozila atau chrome. Menu ini sangat membantu karena ketika terdapat beberapa kesalahan dan kekurangan dapat diperbaiki terlebih dahulu sebelum dipakai. Cara membuat template blog sendiri menggunakan WYSIWYG dapat dilakukan dengan mudah.

Cara membuat template blog sendiri dengan WYSIWYG yang harus dilakukan ialah download terlebih dahulu software WYSIWYG sesuai dengan perangkat yang digunakan. Lalu buat template baru dengan menggunakan ctrl+N. Di sini Anda tinggal membuat template sesuai keinginan dengan mengubah yang sudah ada atau membuat yang baru. Berbagai elemen dalam blog dapat diubah di sini mulai dari layout, background, bahkan pointer. Kelebihan software ini ialah ketika template yang dibuat telah selesai dan akan disimpan, Anda akan diberikan html secara otomatis.

Selain cara membuat template blog sendiri menggunakan software tersebut, Anda juga dapat membuat template di website-website penyedia layanan tersebut secara gratis. Tentu saja tanpa harus menguasai coding. Namun, disamping memahami cara membuat template blog sendiri Anda juga dapat mulai belajar editing untuk membuat header dan background agar tampilan blog lebih menarik.

Cara membuat template blog sendiri menggunakan software ini bisa Anda coba secara langsung. Pilihlah software atau pun web yang menurut Anda nyaman dan mudah untuk digunakan. Untuk mempermudah, Anda dapat mencari video tutorial dari masing-masing software atau pun belajar secara otodidak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *