Cara Membuat Tulisan Berjalan di Blog Dengan Baik dan Benar

Blog merupakan salah satu jenis Web yang tersedia secara gratis di Dunia Maya. Melalui Blog orang-orang bebas mengekspresikan diri dengan berbagai konten. Semakin unik konten yang ditampilkan, maka akan semakin menarik Blog itu untuk diikuti. Sebenarnya banyak cara untuk membuat Blog menjadi menarik, misalnya dengan cara membuat tulisan berjalan di blog. Ingin tahu bagaimana caranya, silahkan simak uraiannya berikut ini.

 

Bagi Anda yang sudah paham seluk-beluk Blog cara membuat tulisan berjalan di blog adalah perkara mudah. Tetapi bagi para pemula yang baru saja ingin memulai karir Bloggingnya tentunya tidak gampang. Ada beberapa tahapan yang harus di lalui terlebih dahulu. Tahapan pentingnya adalah Anda harus memiliki akun Blog sendiri. Bagaimana caranya? tidak perlu khawatir, berikut akan dijelaskan secara ringkas dan sederhana.

Pertama, Anda harus punya akun Google Mail (G-Mail). Akun ini akan berguna untuk proses pendaftaran Blog Anda. Untuk memiliki akun G-Mail caranya mudah, Anda tinggal searching di internet. Maka dengan sekejap Anda akan paham bagaimana memiliki akun satu itu. Setelah akun G-Mail berhasil dimiliki, saatnya proses pendaftaran Blog di mulai.

Buka browser perangkat Anda dan akses salah satu website penyedia jasa pembuat Blog gratis.  Kemudian Log in menggunakan username dan password G-Mail Anda tadi. Setelah itu ikuti prosedur yang arahkan otomatis oleh website. Ketika  Anda diarahkan pada halaman dasbhor, silahkan pilih opsi “Blog Baru”. Secara otomatis akan muncul jendela yang memuat informasi tentang Judul Blog, Alamat Blog, dan Template Blog. Silahkan isi informasi tersebut. Jika sudah selesai, maka klik opsi “Buat Blog”. Dengan demikian Anda telah berhasil memiliki Blog sendiri.

Baca Juga  Cara Mengelola Blog dari Nol Hingga Menghasilkan Uang

 

Sebelum Mengenal Cara Membuat Tulisan Berjalan Di Blog, Pahami dulu Apa itu Blog !

Secara historis, Blog pertama kali dikenalkan pada tahun 1999. Kemudian barulah pada tahun 2002 di akui oleh Google dan berkembang pesat hingga sekarang. Kini Blog memiliki fungsi tersendiri dalam peradaban Manusia. Melalui Blog orang-orang dapat berbagi informasi seputar Kesehatan, Teknologi, Pendidikan, ataupun sekadar mencurahkan isi hati dan pikiran. Namun mengelola Blog tidaklah semudah yang dibayangkan, terlebih bagi pemula. cara membuat tulisan berjalan di blog adalah segelintir pertanyaan yang sering muncul kala para Blogger pemula ingin memulai karirnya.

Sejatinya Blog adalah alternatif website gratis. Konten utamanya berbentuk tulisan. Oleh karena itu, di samping mengetahui cara membuat tulisan berjalan di blog, Anda harus memiliki skill menulis yang cukup baik. Pasalnya orang-orang akan mau melirik dan membaca Blog Anda, jika konten yang ditampilkan memiliki nilai keunikan tersendiri. Berbagai macam tulisan dapat di share ke Blog, selagi tidak mengandung unsur SARA dan hal-hal lain yang melanggar hukum.

Tulisan dapat berupa cerita pendek (cerpen), artikel kesehatan, maupun berita up to date lainnya. Untuk itu jika Sobat belum terbiasa dengan hal menulis, sebaiknya mulai dibiasakan. Paling tidak mulai menulis tentang diri Anda sendiri. Barangkali ada hal-hal menarik yang dapat diceritakan kepada orang melalui Blog Anda.  Pentingnya juga untuk diingat, bahwa setiap konten yang ditampilkan di Blog harus bebas dari unsur plagiarisme. Semakin orisinil tulisan, maka akan semakin baik.

Selanjutnya, jika skill menulis Anda sudah mumpuni, maka Sobat dapat memberikan sentuhan-sentuhan khusus untuk menambah daya tarik Blog yang dimiliki. Misalnya dengan cara membuat tulisan berjalan di blog . Untuk mengetahui caranya, silahkan pelajari uraian di bawah ini.

Baca Juga  Cara Memperindah Blog dengan Mudah

 

Cara Membuat Tulisan Berjalan di Blog yang Tepat

Di kalangan para Blogger sejati, cara membuat tulisan berjalan di blog bukanlah hal yang baru. Tulisan dengan model ini dikenal dengan istilah Marquee. Fungsinya sebagai hiasan pada Blog, sehingga Blog memiliki nilai unik tambahan. Biasanya marquee dimunculkan berupa teks ucapan selamat datang, himbauan, ataupun hal-hal lain yang disesuaikan dengan keinginan Blogger. Ada yang menampilkan tulisan berjalan dari arah kiri ke kanan, dari atas ke bawah, dan ada pula dengan model zig-zag.

Nah, bagi Anda para pemula tidak perlu bingung bagaimana cara membuat tulisan berjalan di blog. Kini telah banyak para Blogger yang telah membagikan cara-caranya. Anda penasaran? langsung saja ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah pertama dalam cara membuat tulisan berjalan di blog adalah Anda harus memiliki kode marquee. Tidak perlu bingung, kodenya dapat Anda akses di Internet. Caranya sederhana, cari saja mengguna search engine browser Anda dengan mengetik “kode marquee”. Maka seketika akan bermunculan berbagai macam kode marquee. Misalnya ada kode yang membuat tulisan berjalan dari atas ke bawah atau arah sebaliknya. Pilih saja salah satu kode tersebut yang cocok dengan rencana Anda. Untuk mempermudah, sebaiknya kode marquee tersebut di copy-paste ke Ms.word terlebih dahulu.

Setelah memiliki kode tersebut, selanjutnya silahkan Log in terlebih dahulu ke Blog Anda sendiri. Untuk itu usahakan senantiasa mengingat ataupun mencatat username dan password Blog Anda. Setelah berhasil log in, cari dan pilih menu “Tata Letak”. Kemudian klik “Tambah Gadget”, lalu pilih “HTML/ Java script”. Kemudian copy paste salah satu kode marquee tadi sesuai dengan selera Anda. Selanjutnya klik “save” dan lihat bagaimana hasilnya.

Baca Juga  Ganool Tempat Nonton Film Terbaru

 

Selain Cara Membuat Tulisan Berjalan di Blog,  ini Tips Jitu Menjadi Blogger Handal

Kunci penting dalam aktivitas Blogging adalah keunikan tampilan dari Blog itu sendiri. Anda dapat memberikan sedikit sentuhan warna pada tulisan Anda. Sama seperti cara di atas, Anda diwajibkan memiliki kode tertentu terlebih dahulu. Kodenya dapat Anda peroleh dengan cara searching melalui browser Anda. Jika telah memiliki kode yang dimaksud, ikuti langkah berikut ini. Pilih menu “Tata Letak”, lalu klik “Tambah Gadget”. Selanjutnya pilih “HTML/ Java script”. Kemudian copy paste kode yang Anda peroleh tadi. Kemudian klik “Save”, maka tulisan Anda akan memiliki sedikit sentuhan warna.

Setelah mengetahui cara membuat tulisan berjalan di blog, Anda dapat meningkatkan skill  Blogging Anda dengan mengikuti beberapa tips berikut ini. Pertama tentukan tujuan Anda melakukan aktivitas Blogging. Perlu diingat bahwa aktivitas Blogging melibatkan waktu, tenaga, dan pikiran. Oleh karena itu, tentukan tujuan Anda agar hal-hal tersebut tidak terbuang sia-sia. Selanjutnya tentukan arah topik Blog Anda. Sehingga Anda dapat lebih terarah dalam membahas topik-topik dalam tulisan Anda. Setelah itu mulai menulis hal-hal menarik di sekitar Anda yang sesuai dengan topik Blog yang telah ditentukan.

Kemudian percantik tampilan Blog dengan menambahkan beberapa fitur menarik. Seperti membuat tulisan berjalan, memberi warna, dan hal-hal unik lainnya yang dapat Anda searching di Internet. Namun, tentu saja harus dalam proposi yang tepat dan seimbang. Jika terlalu banyak fitur, maka bukannya menambah daya tarik, justru membuat Blog Anda menjadi aneh. Utamakan ciri khas yang hanya dimiliki oleh Blog Anda. Sehingga orang-orang akan selalu teringat akan Blog Anda.

 

Demikianlah uraian tentang bagaimana cara membuat tulisan berjalan di blog. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1