cara membuat website

Cara Membuat Website Sendiri, Langkah Mudah dan Dasar Membuat Website

Diposting pada

Apapun profesi Anda dalam dunia online, di era internet seperti saat ini, memiliki website rasanya menjadi sebuah kewajiban. Entah sebagai pemilik sebuah bisnis tertentu, blogger atau apapun, website adalah sebuah aset utama. Tak heran jika banyak yang kemudian belajar tentang cara membuat website untuk memperlancar bisnisnya. Mempelajari tentang cara pembuatan website bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena setiap orang bisa mencoba melakukannya sendiri. sedangkan susah karena ada banyak fitur maupun istilah-istilah baru yang harus Anda pahami dalam mengelola website.

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang cara membuat website, akan lebih baik jika Anda mengetahui lebih dulu perbedaan website dan blog. Banyak yang salah mengartikan antara website dan blog. Perbedaan paling signifikan antara website dengan blog adalah dari segi biaya. Anda bisa memiliki blog secara gratis dengan menggunakan beberapa layanan blog tak berbayar yang sudah disediakan. Sedangkan untuk memiliki sebuah website, Anda harus mengeluarkan biaya. Biaya ini digunakan untuk menyewa webhosting dan juga domain secara tahunan.

Sedangkan perbedaan dari selanjutnya yang juga signifikan adalah dari segi konten. Sebuah website hanya berisi satu genre konten saja, artinya dalam satu website itu mewakili sebuah produk, satu orang dan menggunakan teknologi yang serupa pula. Di lain sisi, blog bisa mengandung konten yang bervariasi, tergantung pemiliknya ingin mengisi blognya dengan konten apa. Bisa juga dalam satu blog berisi bermacam-macam topik pembahasan atau informasi yang berbeda-beda. Nah setelah mengetahui perbedaan keduanya, Anda bisa mulai belajar membuat website Anda sendiri.

 

Cara Membuat Website dengan Nama Domain Sendiri

Langkah pertama dalam tahapan cara membuat website adalah mendapatkan nama domain Anda sendiri. Nama domain ini adalah sebuah nama yang bisa mengarahkan pengakses untuk langsung masuk ke dalam website Anda. Nama domain ini bisa Anda tentukan sesuka hati Anda. Biasanya nama domain disesuaikan dengan konten dari website itu sendiri. Misalnya Anda ingin membuat sebuah website dengan konten berisi segala hal tentang Korean musik, drama atau news, Anda bisa memilih nama domain yang mengandung ketiga unsur tersebut.

Pada nama domain, setelah nama yang dipilih oleh pengguna, biasanya akan diakhiri dengan .com. Selain menggunakan nama domain yang disesuaikan dengan konten website, ada hal yang harus Anda perhatikan dalam pemilihan nama domain ini. Usahakan untuk membuat nama seunik dan semenarik mungkin. Hal ini bertujuan untuk membedakan website Anda dengan website orang lain.

Untuk mendapatkan nama domain ini, Anda sebagai pemilik website harus membayarnya. Bisa dibilang, Anda hanya menyewa untuk memiliki nama domain tersebut. Dengan sistem Anda harus membayar sewa setiap satu tahun sekali atau dengan sistem sewa tahunan. Dengan membayar biaya sewa nama domain ini, Anda bisa memiliki hak untuk menggunakan nama domain yang Anda inginkan tersebut. Inilah yang kemudian membuat Anda harus benar-benar memperhatikan pemilihan nama domain yang akan digunakan. Bisa dibilang dalam rangkaian cara membuat website, mendapatkan nama domain baru langkah awal saja.

Yang perlu Anda perhatikan adalah bahwa meskipun Anda membayar untuk mendapatkan nama domain ini, bukan berarti Anda memiliki website. Jika diibaratkan kepemilikan nama domain ini hanya sebuah izin bagi Anda untuk membuat sebuah website. Hal ini bisa juga diibaratkan saat Anda ingin mendirikan sebuah usaha, maka Anda harus memiliki ijin usaha terlebih dahulu. Begitu pula dengan pemberian nama domain. Memiliki nama domain berarti Anda sudah memiliki ijin untuk membuat halaman website Anda sendiri. Ini adalah satu syarat wajib bagi Anda yang baru belajar tentang cara membuat website.

 

Menyewa Webhosting

Membahas tentang cara membuat website, tidak bisa dilepaskan dari peran webhosting. Untuk memiliki website Anda sendiri, memilih webhosting juga merupakan sebuah kewajiban. Webhosting pada dasarnya adalah sebuah perusahaan jasa atau layanan yang menyediakan tempat penyimpanan data baik untuk perusahaan maupun untuk personal. Sedangkan penyimpanan data yang disewakan itu bisa berupa dokumen maupun data lain yang dibutuhkan oleh sebuah website. Penyimpanan data yang disewakan ini bisa berupa data Megabyte (MB) maupun Terabyte (TB). Semua layanan ini terkoneksi ke dalam layanan internet. Jadi penyewa bisa mengaksesnya kapan saja dan dimana saja.

Bagi Anda yang baru belajar tentang cara membuat website, memilih webhosting merupakan sebuah hal yang penting. Hal ini karena menempatkan website pada layanan webhosting, maka pengakses internet juga bisa melihat dan mengakses website Anda. Ibaratnya, webshoting adalah sebuah toko yang Anda sewa di pusat perbelanjaan tempat memajang website Anda. Jika tadi nama domain merupakan ijin usaha maka webhosting adalah tempat usaha Anda. Tentu saja, untuk mendapatkan layanan dari webhosting ini tidak gratis. Anda harus menyewanya jika ingin mendapatkan fasilitas dan layanan yang terbaik. Namun ada juga webhosting yang tidak berbayar, namun dengan layanan yang tentu tidak selengkap webhosting berbayar.

 

Mendesain Website

Jika semua persyaratan wajib untuk membuat website Anda sendiri sudah terpenuhi, maka Anda bisa langsung mendesain website Anda. Dalam langkah-langkah cara membuat website, mendesain website ini juga dianggap sangat penting. Ada beberapa hal dan istilah yang harus Anda perhatikan dalam mendesain website guna membuat website semakin menarik. Website sebagai tempat untuk memajang atau memasang konten yang Anda buat kepada seluruh dunia tentu memerlukan tampilan yang menarik juga. Tampilan yang menarik tidak hanya bisa menarik pengunjung untuk mengakses website Anda, namun juga untuk semakin memudahkan pengakses dan juga untuk membuat website Anda tampil di internet.

Untuk membuat desain website, ada beberapa hal yang harus Anda pelajari terlebih dahulu. Karena dalam rangkaian cara membuat website, istilah-istilah yang digunakan memiliki fungsi yang berbeda-beda pula. Misalnya yang pertama, Anda harus belajar tentang HTML. HTML (Hyper Text Markup Language) adalah script yang berfungsi untuk membuat tampilan website Anda. Ketika Anda menggunakan HTML, tampilan website Anda akan bersifat statis, yang mana halaman dan konten bersifat tetap. Ada pula script yang dinamakan PHP (PHP Hypertext Prepocessor) yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan interaksi website Anda. Tidak seperti HTML yang bersifat statis, dengan PHP Anda bisa menyesuaikan situs website dengan kontennya. Kemudian semuanya akan didukung dengan kemampuan penyimpanan data yang merupakan fungsi dari MySQL.

Masih ada script atau bahasa pemrograman yang bisa Anda pelajari untuk mempercantik tampilan website Anda. Tentu saja, selain menyiapkan hal yang wajib dalam membuat sebuah website, mempercantik tampilan juga merupakan hal yang penting. Website dengan tampilan yang menarik dan mudah diakses tentu akan semakin memudahkan pembacanya dan sudah pasti bisa meningkatkan pengunjung. Yang terakhir dalam rangkaian cara membuat website adalah bagaimana Anda bisa membuat Anda mudah dikenali. Jika Anda sudah mengetahui semua langkah-langkah dasar dalam membuat website tersebut, Anda tinggal mengaplikasikannya saja. Jika sudah mahir, Anda bahkan bisa membuat berbagai macam website, baik yang berbayar maupun tidak berbayar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *