Cara Memotong Gambar Supaya Rapi

Perkembangan teknologi saat ini memang begitu luar biasa. Semua bidang mulai dari komunikasi terutama, lalu diikuti kesehatan, bisnis dan pendidikan telah memanfaatkan kemajuan teknologi. Salah satunya adalah untuk edit gambar atau foto. Cara memotong gambar banyak dilakukan dengan menggunakan aplikasi-aplikasi canggih. Ada yang bisa membuat gambar menjadi lebih terang, gambar lebih jelas, foto lebih bersih dan masih banyak lagi. Tentu semua itu tidak lepas dari yang namanya kecanggihan teknologi.

 

Bagi Anda yang hobi blogging pun pasti juga tak lepas dari yang namanya edit gambar. Di dalam sebuah blog itu akan sangat menarik dan tambah informatif apabila diberi sebuah gambar. Entah itu blog yang berisi tentang produk sebuah bisnis atau gambar informasi lainnya. Pada umumnya mengedit atau memotong gambar dan akan diposting di sebuah blog, biasanya menggunakan aplikasi atau tools dari blog tersebut. Tetapi ada pula yang sudah menyelipkannya lewat Word terlebih dahulu. Ada banyak cara memotong gambar yang bisa dipilih.

 

Berbicara tentang gambar di suatu blog atau website memang menjadi salah satu hal yang penting. Gambar sendiri termasuk dalam konten sebuah blog. Akan lebih indah dan menarik apabila blog diselipi dengan gambar yang bisa menambah informasi bagi pembaca. Cara memotong gambar banyak langkah yang bisa dipilih, tidak harus dengan menggunakan computer tetapi dengan smartphone saja juga bisa. Yang paling terpenting di sini adalah gambar yang dipotong tersebut harus jelas tidak blur. Terkadang ada juga gambar atau foto yang ukurannya menjadi pecah ketika diedit dan hal semacam itu memang bisa mengurangi keindahan. Lihatlah cara untuk memotong gambar supaya rapi di sini.

Baca Juga  Cara Mempercepat Koneksi Internet Tanpa Ribet

 

Cara Memotong Gambar yang Bisa Dipilih

Kegiatan mengedit foto atau gambar memang menjadi hal yang sering ditemui saat ini. Banyak cara memotong gambar yang bisa dipilih karena memang banyak pilihannya. Salah satunya dengan photoshop. Aplikasi yang satu ini mungkin sudah banyak diketahui orang-orang karena memang yang paling populer. Pertama Anda harus sudah menginstall photoshop terlebih dahulu pada computer Anda. Kedua masuk ke Photoshop dan pilih gambar yang akan dipotong lalu pilih pen tool. Anda bisa mengarahkan mouse pada gambar yang akan dipotong dan selanjutnya klik kanan pilih make selection untuk merapikan gambar.

 

Cara memotong gambar berikutnya yang bisa dipilih adalah menggunakan Paint. Langkah pertama adalah klik gambar dua kali lalu pilihlah menu open dan bukalah paint. Selanjutnya pilih select dan rectangular selection. Anda tinggal pilih saja ukuran gambar yang akan dipotong setelah itu klik crop, gambar pun akan terpotong sesuai dengan keinginan Anda dan langkah terakhir adalah klik save untuk menyimpannya.

 

Adapun cara praktis lainnya untuk memotong gambar tanpa harus menginstall aplikasi edit gambar lainnya yaitu menggunakan Word. Pertama buka Microsoft Word lalu pilih insert kemudian pictures. Anda tinggal pilih saja gambar mana yang akan Anda potong. Setelah itu muncul lah menu format dan klik crop. Cara memotong gambar dengan memanfaatkan Word juga bisa dengan menu lainnya yaitu pilih menu format kemudian segi tiga kecil dan crop to shape. Anda tinggal potong saja sesuai dengan keinginan masing-masing. Setelah selesai maka langkah selanjutnya tinggal menyimpannya saja. Ketiga cara di atas bisa Anda pilih salah satu untuk memotong gambar sebelum diposting pada blog.

Baca Juga  Ganool Tempat Nonton Film Terbaru

 

Cara Memotong Gambar dengan Smartphone

Memotong gambar tidak selamanya harus menggunakan computer saja tetapi saat ini sudah bisa menggunakan handphone. Karena kecanggihan teknologi masa kini, handphone pun berubah menjadi alat yang tak hanya berfungsi sebagai alat komunikasi saja tetapi bisa dipakai untuk hal positif lainnya seperti memotong gambar. Cara memotong gambar dengan menggunakan smartphone pertama Anda bisa buka gambar mana yang akan dipotong terlebih dahulu. Klik gambar dan nantinya akan muncul menu edit di layar. Selanjutnya Anda tinggal pilih menu crop dan sesuaikan ukuran gambar yang akan dipotong. Langkah terakhir Anda tinggal save atau simpan gambar yang sudah dipotong tersebut.

 

Memotong gambar dengan memakai telepon pintar memang sangat mudah dan tidak akan memakan waktu lama. Tetapi ada juga cara memotong gambar dengan smartphone yang memanfaatkan aplikasi. Utamanya jika smartphone tersebut berbasis android, ada banyak aplikasi edit foto yang bisa dipilih melalui android store. Anda harus mendownload terlebih dahulu jika ingin menggunakan aplikasi-aplikasi keren dari android tersebut. Ada lebih dari 10 aplikasi edit foto yang bisa membuat foto menjadi lebih rapi dan enak dilihat.

 

Memotong foto maupun gambar dengan smartphone banyak disukai oleh orang-orang karena ada pilihan menu edit lainnya. Contohnya seperti memutihkan wajah, mencerahkan gambar lebih terang lagi dan lain sebagainya. Kenapa lebih memilih smartphone? Karena menu edit pada aplikasi-aplikasi android sangat banyak dan bahkan bisa menjadikan seseorang terlihat lebih cantik lagi. Selain itu, memotong gambar dengan memanfaatkan smartphone tidak memakan waktu lama bahkan tak sampai 5 menit. Jadi sudah sangat lumrah jika sekarang ini muncul aplikasi-aplikasi keren untuk edit foto.

Baca Juga  Cara Membuat Favicon Berikut Hal-hal Penting Lainnya

 

Pentingnya Memotong Gambar Sebelum Diposting untuk Blog

Sebuah blog akan terlihat lebih hidup apabila diberi isian konten yang menarik dan salah satunya adalah gambar. Namun, untuk posting gambar jangan langsung mempostingnya mentah-mentah tanpa diedit terlebih dahulu. Mengapa? Karena jika tidak sesuai ukuran maka letak keindahannya pun tidak ada. Kemudian gambar juga tidak terlihat rapi dan masih banyak masalah lain yang harus diperhatikan seperti kecerahan warna dan resolusi gambar. Oleh karena itu, sangat penting untuk diedit atau dipotong terlebih dahulu.

 

Setelah mengetahui bagaimana cara memotong gambar yang baik, maka Anda akan mendapatkan keuntungan apabila telah mempostingnya di blog yang Anda miliki. Pertama blog terlihat lebih variatif dengan adanya gambar. Selain ada artikel, gambar di dalam sebuah blog akan menjadikan website tersebut menjadi enak dilihat. Kemudian manfaat selanjutnya adalah sebagai ladang informasi bagi para pembaca.

 

Kenapa bisa? Karena gambar tersebut bisa memberikan penjelasan kepada pengunjung blog. Jika itu blog yang berisikan tentang produk kecantikan, maka gambar produk lipstick yang ada di sana bisa menjelaskan kepada calon pembeli selain ada artikel deskripsinya, misalnya seperti itu. Selain sebagai ladang informasi, gambar di sebuah blog pun juga bisa memperjelas atau memperkuat statement artikel. Misalnya artikel dalam blog menjelaskan tentang produk lipstick, maka digambar akan kelihatan lipstick warna apa yang dimaksud.

 

Oleh karena itu, penting bagi pemilik blog untuk mengeditnya terlebih dahulu. Dengan memotong gambar yang sesuai dengan ukuran, maka gambar pun tidak akan memenuhi semua blog. Ukuran gambar jadi bisa disesuaikan. Karena ini sangat penting, jangan lupa untuk mengeditnya terlebih dahulu dengan cara memotong gambar yang mudah dan praktis.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1