Cara Memperindah Blog dengan Mudah

Cara memperindah blog tentu menjadi hal yang banyak dicari oleh para blogger sejati. Blog adalah salah satu model halaman Website yang disediakan secara gratis. Walaupun gratis, apabila dikelola secara baik dan benar, maka Blog akan bertransformasi menjadi mesin uang. Untuk sampai pada tingkat itu, tentunya perlu usaha yang tekun dan tidak mudah menyerah. Misalnya dengan memberi sentuhan-sentuhan yang dapat memperindah Blog.

 

Memang mengelola Blog bukanlah perkara mudah, terlebih bagi Blogger pemula seperti Anda. Tekun adalah kunci keberhasilan Anda dalam usaha Blogging yang dilakukan. Bahkan para Blogger handal itu pun harus melewati masa-masa sulit sebelum sukses dengan Blog miliknya. cara memperindah blog adalah salah satu dari banyak cara yang harus dilakukan dalam mengelola Blog. Dengan memperindah Blog, maka para netizen akan tertarik untuk mem-follow Blog Anda.

Sejatinya nge-Blog membutuhkan pengorbanan waktu dan tenaga, bahkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, sebaiknya pikirkan kenapa Anda harus melakukan aktivitas nge-Blog tersebut.  Misalnya landasannya hanya untuk berbagi cerita, melatih kemampuan menulis, ataupun untuk mencari uang tambahan. Paling tidak dengan alasan tersebut, segala hal tadi (waktu, tenaga, dan biaya) tidak terbuang dengan percuma.

Hal lain yang perlu Anda ketahui adalah skill menulis yang dimiliki. Sebab dasar nge-Blog adalah menulis. Anda harus mampu menghadirkan tulisan yang mampu menarik minat baca orang lain. Misalnya dengan membahas topik-topik kekinian, penggunaan bahasa yang mudah dipahami, serta konten yang terbebas dari plagiarisme. Ketika Anda telah mampu menghadirkan tulisan yang demikian, maka selanjutnya Anda dapat merombak tampilan Blog Anda. Ingin tahu caranya?  silahkan simak penjelasan cara memperindah blog di bawah ini.

Baca Juga  Cara Memasang Lagu di Blog yang Bisa Anda Coba

 

Cara Memperindah Blog dengan Memilih Template

Sederhananya template merupakan tampilan Blog yang akan terlihat pada layar monitor komputer maupun smartphone. Template pada Blog memiliki daya tarik tersendiri bagai para pembaca Blog. Anda dapat mencari jenis template sesuai dengan keinginan di search engine browser Anda. Ada banyak jenis template yang tersedia secara gratis maupun berbayar. Selanjutnya ikuti tips-tips cara memperindah blog dengan Memilih Template berikut ini.

Pertama, pilihlah jenis template yang dapat menarik perhatian pengunjung Blog Anda. Kedua, usahakan template memiliki size yang cukup kecil. Sebab size template yang terlalu besar akan mempengaruhi proses load halaman Blog Anda. Sehingga orang-orang pun menjadi enggan untuk mengunjungi Blog Anda. Oleh karena itu, cerdaslah dalam memilih template untuk Blog Anda.

Lalu bagaimana cara memperindah blog dengan Template? simak penjelasan berikut ini. Setelah memiliki template yang sesuai untuk diterapkan di Blog, maka ikuti langkah-langkah ini. Pertama, Log ini terlebih dahulu ke akun Blog Anda. setelah berhasil log in, masuk pada dasbor  Blog kemudian pilih menu “opsi lain”, lalu klik “template”.  Sebagai catatan, Anda harus mengingat di mana file template Anda simpan

Selanjutnya klik “pilih berkas”, masukkan file template yang telah Anda peroleh tadi. Kemudian klik “open”, setelahnya klik “unggah”. Tahap terakhir yang perlu dilakukan adalah penyesuaian tampilan Blog Anda. Seperti Meta Tag, Deskripsi Blog, Keyword, dan lain sebagainya. Hal ini dapat dilakukan dengan klik “edit HTML”. Lakukan penyesuaian tampilan yang dimaksud tadi, jika sudah selesai klik “save”. Dengan demikian tahapan dalam cara memperindah blog dengan template sudah selesai. Blog Anda akan memiliki tampilan baru yang jauh lebih menarik dari sebelumnya.

Baca Juga  Cara Mempercepat Koneksi Internet Tanpa Ribet

 

Cara Memperindah Blog dengan Menambahkan Efek dan Widget

cara memperindah blog berikutnya dapat dilakukan dengan menambahkan beberapa Efek dan Widget tertentu. Pada kali ini akan dijelaskan cara menambahkan salah satu efek pada Blog, yaitu efek tulisan berjalan. Efek satu ini dikenal dengan istilah marquee. Bagaimana cara menambahkan marquee pada Blog? berikut akan dijelaskan secara ringkas.

Pertama Anda harus Log in terlebih dahulu. Setelah berhasil log in, selanjutnya pilih menu “Tata Letak”. Kemudian klik “Tambah Gadget”, lalu pilih “HTML/ Java script”. Kemudian masukkan salah satu kode marquee. Untuk mendapatkan kode marquee-nya, Anda dapat mengaksesnya di Internet. Ada banyak kode yang di share oleh netizen, misalnya ada yang membuat tulisan bergerak dari kanan ke kiri, dari atas ke bawah, atau dari arah sebaliknya. Setelah memperoleh kode yang sesuai dengan keinginan Anda, maka selanjuta copy-paste kode tersebut ke dalam HTML/ Java script tadi. Kemudian klik “save” dan lihat hasilnya.

Selanjutnya akan dijelaskan cara memperindah blog dengan menambahkan beberapa widget tertentu. Kali ini akan diuraikan tata cara penambahan widget kalender. Semua orang tahu bahwa kalender memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia. Dengan adanya kalender, orang-orang akan tahu tentang hari, bulan, bahkan tahun yang sedang dijalani.

Nah, untuk menambahkan kalender pada Blog, ikuti langkah berikut ini. Pertama, silahkan log in terlebih dahulu ke Blog sendiri. Kemudian carilah menu layout, lalu klik ­add gadget. Selanjutnya akan muncul jendela baru. Pilih kategori Gadget dan cari Daily Calender. Setelah itu sesuaikan kalender dengan keadaan sekarang. Jika sudah selesai, simpan penyesuaian tadi dengan cara klik save. Dengan demikian, secara otomatis widget kalender akan ditambahkan pada Blog Anda.

Baca Juga  Cara Membuat Template Blog Sendiri Tanpa Html

 

Selain Cara Memperindah Blog, ini Tips Cerdas dalam Mengelola Blog

Di atas sudah dijelaskan secara sederhana tentang cara memperindah blog dengan beberapa hal. Berikutnya akan di share beberapa tips yang berguna dalam mengelola Blog Anda. Sehingga Anda dapat terus mengasah kemampuan Blogging Anda, agar dapat menjadi Blogger professional.

Pertama yakni Tulisan. Hakikatnya Blog berisikan konten-konten tulisan. Oleh karena itu, usahakan untuk senantiasa menampilkan tulisan-tulisan yang menarik untuk dibaca. Anda juga harus memperhatikan isi tulisan agar tidak mengandung unsur-unsur yang melanggar peraturan perundang-undangan. Misalnya unsur SARA, Pornografi, maupun pelanggaran hak cipta tulisan orang lain (plagiarisme).

Kedua, cara supaya orang mau mengunjungi Blog Anda. Kuantitas pengunjung suatu Blog memang memiliki nilai tersendiri di mata para Blogger. Untuk mendapatkan jumlah pengunjung yang banyak Anda dapat menyebar link Blog ke berbagai halaman website. Selain itu, dapat dilakukan dengan meng-input beberapa key word ke dalam tulisan yang memungkinkan orang menemukannya melalui search engine.

Ketiga, rajin-rajin memperbaharui postingan. Hal satu ini tentunya menjadi poin penting dalam mengelola Blog. Dengan sering memperbaharui postingan, maka Blog Anda akan terlihat lebih up to date. Sehingga orang-orang akan tertarik membaca dan mengikuti perkembangan Blog Anda.

Keempat, cara memperoleh uang melalui Blog. Untuk poin satu ini, Anda harus memiliki segudang pengalaman Blogging. Pasalnya memang tidak mudah untuk menghasilkan uang melalui Blog. Akan tetapi bukan berarti tidak dapat dilakukan. Dengan bermodal ketekunan dan kerja keras, Anda dapat mewujudkan poin keempat ini. Salah satunya dengan menyediakan kolom sewa untuk banner atau iklan dari website maupun perusahaan tertentu.

 

Demikianlah uraian tentang cara memperindah blog. Cukup mudah bukan. Semoga uraian ini dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1