Cara mempromosikan blog

Cara Mempromosikan Blog yang Bisa Dicoba

Diposting pada

Memiliki sebuah blog itu wajib dipromosikan. Mengapa? Supaya banyak pengunjung yang mengunjungi blog Anda. Cara mempromosikan blog pun ada banyak. Anda tinggal pilih saja mana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ketika membuat blog, tentu keinginan semua para blogger adalah memperkenalkan blog tersebut kepada khalayak. Namun ada juga yang belum mengetahui bagaimana cara mempromosikan sebuah blog. Terlebih lagi bagi masyarakat awam atau blogger pemula.

Sebenarnya tujuan mempromosikan blog bukan hanya untuk mengenalkan blog kepada khalayak saja. tetapi dengan dipromosikan, blog Anda akan dikunjungi banyak orang. Apabila banyak pengunjung yang masuk, keuntungan lebih pasti akan Anda dapatkan nantinya. Tujuan membuat blog sebenarnya bukan untuk mendapatkan keuntungan semata tetapi juga untuk berbagi informasi dan berbagi pengalaman. Cara mempromosikan blog yang efektif biasanya dipilih oleh para blogger. Memang mempromosikan blog itu ada banyak namun yang bagus dan efektif itu bisa dihitung dengan jari.

Bagi blogger pemula, mempromosikan blog tak perlu memakai cara yang ribet. Ada banyak cara mempromosikan blog yang bisa dipakai oleh para blogger. Semuanya memang bagus untuk dipilih namun yang efektif itu tidak banyak. Memang blog yang dipromosikan akan mendatangkan pengunjung tetapi Anda juga harus selektif memilih cara mana yang akan dipakai. Mungkin bagi blogger pemula, mempromosikan blog bisa meminta bantuan pada jasa SEO yang sudah tahu kiat-kiat mendatangkan pengunjung. Tetapi tak ada salahnya apabila Anda mempromosikan sendiri blog yang Anda miliki tersebut. Blog yang banyak dikunjungi oleh pengunjung tersebut tidak hanya bisa membuat blog semakin terkenal saja tetapi pengunjung juga bisa melayangkan kritik apabila blog kurang menarik atau hal lain sebagainya.

 

Cara Mempromosikan Blog dengan Bergabung di Grup Facebook

Salah satu cara mempromosikan blog yang efektif dan bisa dipilih adalah bergabung di grup facebook. Salah satu fitur menarik dari Facebook adalah grup dan banyak grup-grup populer yang bisa Anda jadikan tempat tujuan marketing. Grup populer facebook itu pastinya memiliki member atau anggota yang terbilang banyak, maka dari itu Anda juga bisa bergabung dan nanti bisa mempromosikan blog Anda. Untuk lebih spesifiknya, carilah grup facebook dengan menggunakan dua kata kunci atau keyword. Sebagai contoh grup tentang bla bla bla misal diet mayo.

Anda bisa masuk ke dalam grup diet mayo di facebook tersebut dan lakukan promosi blog. Bagaimanakah caranya? Anda tinggal komentar di forum grup tersebut dengan meninggalkan link blog. Tetapi harus ingat, Anda jangan posting berkali-kali dengan meninggalkan link, cukup beberapa kali saja karena jika Anda melakukan posting sehari berapa kali dengan meninggalkan link, Anda bisa diusir dari grup karena dianggap mengganggu (spaming). Cara mempromosikan blog yang satu ini sebenarnya cukup mudah dan sangat sederhana.

Namun, dengan bergabung di grup facebook populer dan kemudian mempromosikan blog, Anda harus benar-benar bisa memperhatikan intensitasnya. Sebaiknya jangan terlalu sering dan yang lebih penting lagi adalah pastikan konten blog sudah menarik para pengunjung. Jangan sampai Anda menggunakan cara mempromosikan blog dengan bergabung di grup facebook tetapi konten blog Anda tidak berkualitas. Para pengunjung blog pun akan kecewa dan tidak akan tertarik masuk blog Anda lagi bila konten asal-asalan. Bisa jadi Anda akan diblokir oleh anggota grup lainnya supaya tidak bisa mempromosikan blog lagi karena dianggap mengganggu.

 

Cara Mempromosikan Blog dengan Bergabung di Situs Forum Online

Cara mempromosikan blog selanjutnya yang bisa dicoba adalah bergabung di situs forum online. Sebenarnya ini hampir sama dengan bergabung di grup facebook, namun di forum online biasanya lebih banyak anggotanya. Situs forum online saat ini juga sangat banyak, mereka pada umumnya membahas tentang berita yang sedang booming atau hangat-hangatnya. Yang paling banyak dibahas di forum online memang tentang dunia politik tetapi ada juga yang membahas tentang berita lainnya. Di forum online memang banyak yang promosi atau melakukan spaming.

Jika Anda masuk ke forum online, pasti Anda akan menemui banyak yang promosi di kolom komentar. Hal inilah yang menyebabkan banyak blogger yang jarang menggunakan cara ini. Kebanyakan yang berkomentar tetang berita yang diposting adalah promosi-promosi bisnis online atau pun online shop. Tetapi cara mempromosikan blog yang satu ini tetap saja populer. Bagaimana cara mempromosikan website atau pun blog di sini?

Caranya sangat gampang yaitu hanya meninggalkan komentar di kolom komentar forum online. Komentar di forum sambil meninggalkan link blog Anda. Memang cara mempromosikan blog yang satu ini hampir sama dengan promosi melalui grup facebook. Anda bisa berkomentar lalu meninggalkan link blog di sana. Yang paling terpenting di sini adalah Anda jangan langsung main posting meninggalkan link saja tetapi Anda bisa pelan-pelan dengan bergabung mengikuti obrolan para komunitas. Anda bisa bergabung melakukan diskusi, mungkin jika dirasa waktunya sudah tepat, maka Anda bisa langsung mempromosikan blog dengan memberi link. Apabila Anda langsung main posting begitu saja, dijamin Anda akan didepak di forum online tersebut.

 

Cara Mempromosikan Blog dengan Publish Konten di Banyak Tempat

Mungkin banyak yang masih bingung dengan cara yang satu ini. Publish konten di banyak tempat tersebut adalah Anda bisa mengubah konten blog Anda ke dalam bentuk lain. Misalnya artikel bisa diubah menjadi PDF atau konten video. Kemudian langkah berikutnya Anda tinggal publish di website-website populer yang sudah memiliki banyak pembaca. Anda kirim saja konten blog Anda pada website populer tersebut dan jangan lupa untuk memberikan link blog.

Apabila konten Anda tadi bisa diterbitkan oleh website populer kemudian dilengkapi dengan link untuk bisa menuju ke konten tersebut, dijamin bukan hanya banyak pengunjung saja tetapi traffic blog Anda akan semakin meningkat. Cara yang satu ini merupakan cara yang populer dan paling banyak dipakai oleh para blogger. Saat ini, memanfaatkan website populer untuk publish konten blog banyak diminati karena memang hasilnya sangat baik. Tak hanya dikunjungi oleh banyak orang tetapi traffic blog menjadi naik.

Dengan naiknya traffic blog akan memudahkan mesin pencari untuk mengoptimasikan blog Anda tersebut. Namun harap menjadi perhatian, dengan website populer tersebut konten blog Anda harus benar-benar menarik dan isinya berkualitas. Mengapa? Karena banyak saingan yang juga ingin masuk lewat website populer tersebut. Dan mereka pun tidak sembarangan memposting konten yang isinya tidak jelas atau kurang menarik. Jadi, buatlah konten seperti artikel, gambar atau video yang menarik serta berkualitas terlebih dahulu. Usahakan itu adalah murni karangan Anda sendiri bukan hasil menjiplak karya orang lain karena rawan terkena banned. Cara mempromosikan blog tersebut bisa Anda coba dan semoga traffic blog Anda semakin baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *