Cara Menambah RAM Android dan Apa Fungsinya?

Cara menambah RAM android  yang akan dipelajari berikut ini bermanfaat untuk meningkatkan kinerja android. Dengan menambah RAM, ada banyak aktivitas multitasking yang bisa dilakukan tanpa khawatir aplikasi yang sedang dijalankan crash satu sama lain. Apalagi kebutuhan multitasking bagi pengguna android sudah menjadi hal yang wajib. Pada saat bersamaan seringkali kita menjalankan beberapa aplikasi yang memang penting untuk kita buka. Disinilah fungsi RAM akan diuji.

Namun, kendala yang seringkali dialami adalah rendahnya kapasitas RAM bawaan. Apalagi untuk mengupgradenya diperlukan biaya tambahan yang tidak sedikit. Dengan beberapa aplikasi kita bisa menambah RAM android dan membooster kecepatannya. Sehingga bisa digunakan untuk keperluan yang memerlukan daya RAM lebih. Beberapa aplikasi yang bisa Anda coba di bawah ini:

Cara Menambah RAM Android dengan Aplikasi RAM Control eXtreme Pro

Aplikasi yang satu ini bisa digunakan untuk model handphone android tipe apapun. Bagi pengguna smartphone yang ukuran RAMnya kurang dari 1GB, aplikasi ini bisa dipakai setelah terlebih dahulu didownload melalui playstore. Untuk menggunakannya setelah diinstall, pilih menu start. Setelah itu, pilih auto RAM booster dan tunggu sampai proses selesai. Jika Anda tidak ingin sering-sering mengakses aplikasi ini dan ingin menjalankan booster otomatis, masukkan beberapa aplikasi pada tab killer untuk segera mematikan aplikasi tersebut setelah tidak digunakan.

Aplikasi Swapper

Jika Anda tidak ingin menjalankan proses root pada handphone android Anda, cobalah mendownload aplikasi swapper. Aplikasi yang tersedia gratis di playstore ini juga tidak membutuhkan ruang penyimpanan yang terlalu besar. Setelah mendownloadnya, install dan buka menu active swap on boot. Pada menu ini, klik swap file position dan pilih SD Card FAT partition. Masukkan jumlah kapasitas memori yang akan ditambahkan kedalam memori RAM Anda. Klik simpan dan cobalah mengakses ukuran RAM terbaru pada handphone Anda. Setting konfigurasi yang sudah dilakukan bisa membantu Anda untuk menjalankan beberapa aplikasi dalam satu waktu tanpa khawatir handphone melambat.

Baca Juga  Cara Transfer Pulsa XL Terbaru

Aplikasi Smart Booster

Aplikasi smart booster ini bekerja dengan cara memilah aplikasi dan sistem yang tidak terlalu penting didalam handphone Anda. Dengan begitu, kinerja RAM dapat dipercepat. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis di playstore dan pada saat Anda sudah menginstallnya, Anda bisa langsung mengklik tombol start now. Setelah itu, masuklah ke menu setting dan boost level. Ubah ukuran RAM yang diinginkan, karena pada prakteknya ada 4 level boost yang bisa dipilih, mulai dari gentle, medium, strong, dan aggressive. Untuk level aggressive, memang RAM akan berjalan sangat cepat, namun dikhawatirkan baterai akan cepat panas. Sehingga, akan lebih baik jika Anda menyesuaikan levelnya dengan kebutuhan. Pada menu setting, ada menu ram boost. Menu ini bisa dicentang pada tulisan boost when screen off dan dipilih mode immediately pada fitur delay to boost when screen off. Cara tersebut akan membantu Anda melegakan ukuran RAM yang digunakan untuk multitasking.

Aplikasi <2GB RAM Booster

Apikasi lain yang bisa digunakan untuk meningkatkan ukuran RAM adalah <2GB RAM booster. Aplikasi ini bisa didownload secara gratis melalui playstore dan untuk menginstallnya juga tidak membutuhkan waktu lama. Setelah proses instalasi, Anda akan melihat gambar boost yang terletak ditengah. Klik gambar tersebut dan dalam waktu singkat RAM Anda yang semula sangat sedikit bisa berubah cukup lega untuk aktivitas multitasking. Namun demikian, dari banyaknya aplikasi yang digunakan sebagai cara menambah RAM android  diatas, adakalanya RAM handphone android akan tetap cepat terasa penuh. Jika sudah demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait aplikasi yang ada dalam handphone.

  • Perhatikan ukuran byte yang ada pada setiap aplikasi dalam handphone dan periksa apakah aplikasi tersebut termasuk model aplikasi yang langsung aktif untuk perbaruan otomatis.

  • Periksa kegunaan masing-masing aplikasi yang terinstall dalam handphone dan apabila dimatikan, apakah aplikasi tersebut langsung mati.

Baca Juga  Aplikasi Pengirim File Android Tercepat

Dengan memperhatikan hal-hal diatas, handphone Anda tidak mudah hang dan selalu nyaman saat mengakses beragam aplikasi dalam satu waktu. Itulah beberapa cara menambah RAM android yang bisa kita coba dan semoga bermanfaat. Simak juga informasi penting dari kami selanjutnya.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1