cara menampilkan iklan adsense di blog

Cara Menampilkan Iklan Adsense di Blog yang Mudah

Diposting pada

Blog atau website merupakan satu fenomena yang tak terelakan keberadaannya di era digital seperti sekarang ini. Bagaimana tidak? sekarang banyak orang yang memanfaatkan peluang bisnis dari situ. Salah satu cara mendapatkan keuntungan lewat blog adalah dengan memasang iklan adsense. Lalu bagaimanakah cara menampilkan iklan adsense di blog itu? Apakah ada cara khususnya? Untuk lebih jelasnya, berikut akan diulas terkait secara detail mekanisme yang bisa Anda coba.

Dunia blogging saat ini memang telah berkembang pesat seiring bertambahnya teknologi modern. Perkembangan internet lah yang memiliki andil besar penyebab blogging sangat  diminati saat ini. Mempunyai blog atau website lalu bisa mengoperasikannya supaya mendapatkan keuntungan itu memang tidak mudah karena ada ilmunya. Banyak yang belum paham tentang ilmu blogging maka dari itu muncul lah jasa SEO yang bisa menangani blog. Tugas mereka adalah membantu blog yang Anda miliki bisa berada di halaman teratas mesin pencari dan menjadi terkenal. Dengan begitu keuntungan pun akan Anda dapatkan. Dan salah satu tugas mereka adalah seperti memasang iklan adsense. Cara menampilkan iklan adsense di blog itu ternyata ada ilmunya juga.

Anda tidak boleh memasang iklan sembarangan pada website. Mengapa? Karena untuk bisa mendapatkan keuntungan melalui google adsense itu ada persyaratan yang harus dipenuhi. Salah satunya adalah tentang pemasangan atau menampilkan iklan. Iklan di sini bukan semata-mata untuk keuntungan Anda saja tetapi produk/jasa yang Anda iklankan tersebut. Jadi, memperhatikan cara menampilkan iklan adsense di blog dengan benar itu harus diperhatikan.

 

Cara Menampilkan Iklan Adsense di Blog yang Bisa Diketahui

Apabila Anda tertarik ke dunia blogging, maka Anda harus sudah mengetahui apa saja hal yang harus diperhatikan. Mulai dari pemilihan platform blogging, isian kontennya, bagaimana cara meningkatkan minta pengunjung dan juga bagaimana cara menampilkan iklan adsense di blog. Ada dua cara yang bisa Anda coba, cara pertama dengan menggunakan widget dan yang kedua adalah memasukkan unit kode iklan adsense langsung pada template. Kedua cara tersebut tentu saja mempunyai perbedaan tetapi tujuannya sama, yaitu mendapatkan keuntungan. Untuk cara yang pertama yaitu dengan widget adalah cara yang paling mudah untuk dilakukan.

Bagi para pemula yang sedang belajar blogging mungkin dengan cara menampilkan iklan adsense di blog melalui widget sangat direkomendasikan. Pertama masuk ke akun blog Anda terlebih dahulu kemudian pilih penghasilan. Ini khusus blogger yang memakai platform blogspot karena bisa langsung masuk ke adsense, tetapi yang berbeda platform Anda tinggal mengaitkan akun blog terlebih dahulu. Setelah masuk kolom penghasilan, Anda tinggal pilih saja kolom tampilkan iklan di blog dan pilih ya. Selanjutnya nanti bisa dipilih ingin ditampilkan di bagian mana, samping atau bawah.

Cara menampilkan iklan adsense di blog yang kedua adalah Anda bisa masuk ke akun google adsense terlebih dahulu. Apabila telah login, maka langkah selanjutnya adalah pilih halaman iklan saya dan selanjutnya pilih ukuran yang sesuai dengan template blog. Di situ nanti terdapat pilihan iklan berupa teks, gambar atau keduanya atau pilih salah satunya. Langkah terakhir, simpan dan kode iklan akan segera didapatkan. Anda tinggal pilih template blog untuk menempatkan iklan.

 

Manfaat Pasang Iklan Adsense Pada Blog

Setelah mengetahui bagaimana cara menampilkan iklan adsense di blog maka Anda bisa langsung mempraktekannya. Namun ternyata memasang iklan di adsense itu tidak semudah seperti yang dibayangkan. Mengapa? Karena peraturannya sangat ketat. Apalagi jika konten pada blog Anda ada unsur copy paste, sudah pasti blog Anda tidak akan disetujui oleh adsense tentang pemasangan iklannya. Terlepas dari itu semua, memasang iklan adsense pada blog itu banyak manfaatnya. Selain mendapatkan pundi-pundi rupiah, ada manfaat lainnya yang akan didapatkan seperti konten blog menjadi lebih berkualitas.

Kenapa bisa demikian? Karena untuk masuk ke google adsense itu sangat ketat, maka tidak sembarangan blog bisa diterima oleh adsense. Hanya blog yang berkualitas sesuai dengan criteria adsense saja yang bisa. Dengan begitu, banyak blogger yang harus membuat atau memperbaiki konten blog agar lebih berkualitas lagi isinya. Misalnya tidak copy paste artikel, mengisi blog dengan template yang tidak terlalu ribet dan lain sebagainya. Khusus untuk pemasangan iklan pun juga ada aturannya. Tidak semua iklan bisa ditayangkan supaya Anda cepat mendapatkan keuntungan. Iklan yang bisa ditampilkan oleh adsense pun jumlahnya dibatasi. Apabila Anda memasang iklan berlebih melebihi ketentuan maka adsense tidak segan-segan untuk mendepak blog Anda.

Manfaat selanjutnya adalah pemilik blog jadi termotivasi untuk terus meningkatkan traffic blog. Bagaimana bisa? Jika traffic blog Anda meningkat, tentu saja banyak pengunjung yang melihat iklan yang ditampilkan. Hal itu menjadi salah satu penyebab Anda mendapatkan keuntungan dari adsense. Lalu bagaimanakah cara menaikkan traffic? Caranya bisa dengan isian konten berkualitas atau pencarian kata kunci yang pas atau Anda juga bisa meminta bantuan pada jasa SEO.

 

Kekurangan Adsense yang Wajib Anda Ketahui

Cara memasang iklan adsense di blog yang mudah memang melalui widget tetapi ini khusus blogger pengguna blogspot karena langsung bisa terhubung dengan adsense. Bagi yang menggunakan platform lain agak sedikit ribet dengan harus mengaitkan akun blog dengan akun adsense. Anda pun telah mengetahui tentang manfaat atau keuntungan yang akan didapat apabila bergabung dengan adsense. Bila ada kelebihan tentu saja ada kekurangannya, kekurangan adsense yang jarang diketahui oleh banyak orang adalah Anda tidak akan pernah tahu iklan mana yang memiliki nilai terendah.

Mengapa? Karena adsense tidak pernah memberitahukan kepada para pemilik blog. Kekurangan yang kedua adalah adsense tidak pernah memberikan informasi secara detail tentang laporan iklan mana saja yang mempunyai banyak klik dan berasal dari kata kunci mana. Jadi informasi yang diberikan adsense terlihat kurang lengkap dan mendetail. Cara memasang iklan adsense di blog memang tidak mudah maka seharusnya adsense juga bisa memberikan informasi paling lengkap.

Kemudian kekurangan berikutnya adalah adsense tidak pernah memberikan informasi yang sebenarnya berapa pendapatan Anda seluruhnya. Adsense biasanya hanya memberitahukan rincian penghasilan seperti 51% untuk adsense for search dan 68% untuk adsense for content. Terlepas dari itu semua, mencoba peruntungan melalui blog dan adsense itu menjadi fenomena terbaru di era digital ini. Banyak manfaat yang didapat selain mendulang pundi-pundi rupiah. Blog atau website tersebut juga bisa menjadi ladang informasi bagi banyak pembaca. Cara memasang iklan adsense di blog ini tentu tidak seribet yang Anda bayangkan, bukan? Jadi, bagi Anda yang ingin sukses di dunia blogging, Anda bisa mencoba cara ini. Khususnya bagi para pemula yang ingin merintis peluang usaha di dunia blogging.

29 thoughts on “Cara Menampilkan Iklan Adsense di Blog yang Mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *