cara mengelola blog

Cara Mengelola Blog dari Nol Hingga Menghasilkan Uang

Diposting pada

Di era dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, siapapun dapat menjadi blogger sukses dengan meraup keuntungan lewat internet melalui google adsense atau iklan yang muncul di halaman blog. Namun menemukan cara mengelola blog agar sukses bukanlah hal yang mudah, terutama untuk pemula di dunia blogging. Perlu kerja keras, kemampuan, dan cara cerdas agar blog yang dikelola dapat menarik pengunjung lebih banyak. Hal ini karena sebuah blog dapat dikatakan sukses apabila mampu mendatangkan visitors atau pengunjung yang didominasi oleh mesin pencari (search engine).

Sebelum mengulas tentang cara mengelola blog yang baik agar sukses, Anda harus mengetahui beberapa faktor yang menyebabkan sebuah blog sepi pengunjung. Pertama, blog jarang melakukan update. Meskipun blog memiliki desain template bagus dan eye catching, namun apabila jarang terdapat pembaruan artikel di dalamnya, kemungkinan blog tersebut akan semakin ditinggalkan oleh visitors.

Kedua, desain yang digunakan pada blog berat saat dibuka. Hal ini biasanya dipengaruhi oleh terlalu banyak aplikasi yang disematkan pada blog sehingga saat seorang pengunjung ingin mengakses blog tersebut, dibutuhkan waktu loading yang sangat lama. Ketiga, artikel yang ditulis pada blog adalah tulisan copy paste. Dalam arti bahwa tulisan blog tersebut merupakan tulisan dari blog atau website orang lain yang diambil dan kemudian dituliskan kembali pada blog. Beberapa faktor tersebut membuat sulitnya sebuah blog berkembang. Nah, selanjutnya adalah mengulas tentang cara mengelola blog yang harus Anda perhatikan.

Pengetahuan Dasar sebagai Cara Mengelola Blog

Mari mengawali ulasan cara mengelola blog dengan fungsi-fungsi menu yang tersedia pada blog gratis seperti wordpress dan blogger. Setidaknya ada beberapa fungsi menu yang harus dikuasai oleh blogger pemula. Pertama, tombol entry yang berfungsi untuk membuat sebuah tulisan artikel baru di blog. Saat menekan menu ini, maka blogger akan dialihkan langsung pada halaman editor yang memiliki tampilan seperti word. Kedua, menu post yang digunakan untuk melihat daftar tulisan blog secara keseluruhan. Anda dapat melihat tulisan yang telah diterbitkan maupun tulisan yang masih berbentuk draft.

Ketiga adalah tombol menu laman blog. Saat menekan tombol ini, pengguna akan dialihkan pada halaman yang memuat statistik pengunjung, privacy police, dan lain sebagainya. Hal yang perlu dipahami dari menu post adalah saat blogger menulis pada menu ini, maka dapat dipastikan tulisan tersebut tak akan masuk dalam index mesin pencari. Untuk itu, hanya terbitkan artikel melalui menu entry saja. Keempat adalah menu kampanye. Menu ini bertujuan untuk mempromosikan blog Anda. Tentu saja pengguna harus membayar dengan jumlah tertentu untuk dapat menikmati fasilitas yang disediakan oleh google tersebut. Untuk cara mengelola blog dengan memanfaatkan tombol kampanye, biasanya hanya direkomendasikan untuk blog yang memang sudah memiliki banyak konten menarik namun masih sepi pengunjung.

Tombol keempat adalah menu template. Menu inilah yang harus dikuasai oleh setiap blogger, baik pemula ataupun yang sudah professional. Hal ini karena pengaturan yang tepat pada template atau tema yang digunakan pada blog akan membuat tampilan blog semakin menarik. Pada menu ini, blogger juga harus menguasai tentang HTML atau bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengedit tampilan desain blog. Sebenarnya sudah banyak tutorial yang dapat diikuti oleh blogger pemula terkait cara edit HTML. Dengan demikian, tampilan blog dapat sesuai dengan apa yang diinginkan.

Pengetahuan dasar sebagai cara mengelola blog yang terakhir adalah pada tombol menu tata letak. Di sini, blogger dapat leluasa menaruh widgets atau aplikasi tambahan yang nantinya muncul di halaman blog. Fasilitas ini juga telah didukung oleh blog gratis semacam wordpress dan blogger sehingga pengguna lebih mampu mengeksplorasi desain tampilan blog yang dinamis dan enak dipandang.

Tips dan Cara Mengelola Blog untuk Pemula

Setelah memahami tentang dasar dalam menjalankan dan memodifikasi blog, kini saatnya untuk mengulas tentang tips mengembangkan blog agar lebih banyak menarik pengunjung. Untuk mengelola sebuah blog, setidaknya Anda harus tahu cara membuat blog, menuliskan artikel pada blog, memublikasikan tulisan, dan hal-hal dasar blogging. Namun fokus pembahasan tentang cara mengelola blog di sini adalah tentang bagaimana blogger melakukan optimisasi pada blog yang sedang dikelolanya.

Setidaknya ada 5 tips dasar untuk mengelola blog. Pertama, pelajari cara menulis artikel yang baik dan benar. Blog memang tak dapat dilepaskan dari kegiatan tulis menulis. Kemampuan menulis yang bagus dan menarik pembaca menjadi ujung tombak dari sebuah blog. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa jangan pernah melakukan copy paste. Hal ini karena pihak google sendiri sangat anti dengan website atau blog yang menerapkan cara curang tersebut.

Tips yang kedua adalah dengan mengenali SEO. Setiap pemula di dunia blogging harus menguasai SEO atau Search Engine Optimization. SEO merupakan teknik tertentu yang digunakan blogger agar blog yang dikelola menempati posisi pertama atau setidaknya halaman pertama mesin pencari. Ada banyak cara untuk optimalisasi SEO, salah satunya adalah dengan membidik kata kunci tertentu yang berhubungan dengan tema tulisan pada blog. Ini adalah cara mengelola blog paling jitu yang juga diterapkan oleh blogger professional. Dengan masuk ke halaman pertama mesin pencari, maka secara otomatis pengunjung blog tersebut akan semakin banyak. Tak heran mulai banyak bermunculan jasa SEO untuk website atau blog.

Tips yang ketiga adalah menentukan tema dari blog yang sedang dibangun. Misalnya apabila Anda tertarik dengan tema kesehatan, buatlah tulisan tentang tips-tips kesehatan. Semakin spesifik tema yang ada blog tersebut, maka para pengunjung yang berminat dengan tema sama pun akan lebih mudah menemukan blog Anda pada mesin pencari.

Cara Mengelola Blog untuk Menghasilkan Uang

Tujuan utama dari membuat blog selain untuk mengisi waktu luang dengan menulis adalah menghasilkan uang dari tulisan tersebut. Ada beberapa cara mengelola blog agar menghasilkan uang yang dapat coba dilakukan. Misalnya menawarkan jasa pasang iklan pada blog yang sedang dikelola. Ini adalah cara yang digunakan oleh blog-blog terkenal untuk meraih pundi-pundi pendapatan. Namun hal yang perlu diperhatikan adalah mengenai banyaknya statistik pengunjung pada blog tersebut. Semakin banyak pengunjung, maka para pengiklan jasa atau produk akan lebih tertarik untuk memasang iklan pada laman blog Anda.

Cara lain yang dapat dilakukan adalah dengan mendaftarkan blog pada Google Adsense. Ini adalah cara termudah yang dapat dilakukan bahkan oleh blogger pemula sekalipun. Sistem dari Google Adsense adalah memasang iklan pada sebuah blog yang telah diverifikasi oleh pihak Google dan memasang iklan pada blog tersebut. Penghasilan dari Google Adsense sendiri cukup menggiurkan yakni mulai dari ratusan ribu perbulan hingga jutaan rupiah. Demikian ulasan tentang cara mengelola blog dari awal hingga menghasilkan pendapatan dari hobi menulis di blog. Selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *