Icon blog atau yang dikenal dengan favicon merupakan icon yang muncul di taskbar pengunjung ketika blog dibuka. Biasanya blog memiliki icon default berbentuk huruf B berwarna orange. Agar terlihat lebih profesional, para blogger biasanya mengganti dengan icon lain yang memperlihatkan identitas blog dan pemiliknya. Adapun cara mengganti icon blog sudah banyak diberikan oleh para blogger profesional dan blogger pemula yang senang berkreasi di blog mereka.

Favicon ini menjadi icon khas yang memperlihatkan identitas blognya sehingga blog terlihat lebih teratur dan pengunjung memiliki kesan sendiri. Seperti halnya facebook, twitter, path, dan lain-lain yang memiliki favicon khusus dan menjadi ciri khas mereka sampai sekarang. Blogger juga sudah mulai memodifikasi favicon mereka agar lebih menarik dan juga memiliki pengunjung setia. Bagi blogger baru, tentu saja harus mempelajari terlebih dahulu cara mengganti icon blog agar dapat mendesain blog sendiri dan berkreasi membuat blog terlihat lebih unik sesuai dengan isi blog dan juga pemilik blognya.

Untuk mengganti favicon ada beberapa cara yang bisa digunakan. Mulai dari cara manual sampai menggunakan html. Untuk pemula, tentunya lebih baik mempelajari cara yang mudah terlebih dahulu. Namun, tidak ada salahnya jika ingin langsung mencoba menggunakan kode html untuk menambah wawasan. Anda dapat memilih sendiri cara mengganti icon blog yang menurut Anda mudah untuk diikuti. Sebelumnya, lebih baik Anda juga belajar untuk mengedit gambar dan membuat icon sendiri agar lebih berkesan milik sendiri. Tetapi untuk sekedar percobaan dan belajar, menggunakan logo yang dicari di google juga bisa dilakukan dan menggunakan logo sendiri ketika benar-benar sudah faham.

 

Cara Mengganti Icon Blog Pertama

Cara mengganti icon blog yang pertama ini dapat dilakukan melalui pengaturan blog sendiri. Blog sudah menyediakan pengaturan untuk mengubah favicon bagi para blogger. Namun, tidak banyak blogger yang mengetahui cara ini. Padahal, cara ini merupakan cara yang paling mudah daripada harus menggunakan link html dan memasukkan kode-kode rumit. Sebelumnya, Anda harus membuat atau menyiapkan terlebih dahulu gambar yang akan dipakai untuk logo.

Gambar yang bisa dipakai untuk logo biasanya berbentuk persegi (200 px x 200 px, 500px x 500 px, dst) dengan ukuran tidak lebih dari 100 kb. Anda dapat membuatnya di photoshop, corel draw, atau aplikasi editing lainnya yang dikuasai. Apabila belum begitu mahir editing, Anda dapat mencari icon yang sudah ada di google atau di blog lain yang menyediakan template icon secara gratis untuk digunakan blogger lain.

Setelah icon siap, Anda tinggal mengikuti step by step untuk mengganti favicon blog Anda. Pertama, tentu Anda harus log in terlebih dahulu ke akun blog Anda. Setelah itu klik pengaturan layout atau tata letak. Kemudian, cari menu widget > gadget favicon. Akan muncul kotak dialog untuk memilih gambar atau icon yang akan dipakai. Klik telusuri gambar atau browse dan buka folder tempat menyimpan icon lalu pilih icon yang tadi telah disiapkan sebelumnya. Jika sudah, klik simpan atau save. Lalu refresh halaman blog Anda dan lihat perbedaannya di adress bar blog Anda. Mudah bukan? Cara ini dapat diikuti oleh blogger pemula karena sangat mudah. Menggunakan cara ini saja sudah cukup untuk mendesain dan mengkreasi tampilan blog Anda agar terlihat lebih menarik.

 

Cara Mengganti Icon Blog Kedua

Cara mengganti icon blog yang kedua ini menggunakan html. Sebenarnya, ini sangat mudah sehingga Anda tidak perlu khawatir kesulitan menerapkannya pada blog Anda. Bila Anda tertarik dengan desain blog html, cara ini dapat dicoba dipraktekan untuk menambah pengetahuan dan kemampuan Anda dalam mendesain blog untuk menjadi blogger profesional. Mengganti favicon blog menggunakan html memang lebih sering dilakukan oleh blogger profesional dan juga programer. Tidak seperti mengganti layout atau menambahkan read more di setiap postingan blog, cara mengganti icon blog menggunakan html ini lebih mudah dan tidak terlalu banyak memasukkan kode html.

Hal yang harus dilakukan dalam cara mengganti icon blog yang kedua ini ialah log in terlebih dahulu ke akun blog Anda. setelah itu cari pengaturan template pada dasbor blog Anda lalu pilih edit html. Kemudian Anda tinggal mencari kode </head>. Jika sudah ketemu, Anda tinggal mengganti beberapa bagian saja. Di bagian atas kode </head> akan terlihat kode ini <link href=’ALAMAT GAMBAR ICON‘ rel=’icon’ type=’image/x-icon’/>. Anda hanya perlu mengubah ALAMAT GAMBAR IKON menjadi alamat url icon yang akan digunakan. Contohnya, <link href=’http://iconbaru.cs.gif‘ rel=’icon’ type=’image/x-icon’/>.

Cara ini dapat digunakan jika Anda menggunakan template icon yang sudah ada. Anda tinggal menyalin alamat utl icon tersebut ke kode html tadi. Bila menggunakan icon sendiri, tentu cara pertama lebih efektif. Ada beberapa blog yang menyediakan icon untuk para blogger. Anda dapat menggunakannya langsung di blog Anda. Icon pun dapat berformat .jpg / .jpeg / .gif. Namun, tetap ukuran maksimumnya dibatasi dan harus berbentuk segi empat. Apabila terjadi kesalahan atau favicon tidak terganti bisa jadi icon yang digunakan ukurannya melebihi batasan maksimumnya sehingga Anda harus mengecek terlebih dahulu ukurannya sebelum menerapkannya di blog Anda.

 

Cara Membuat Icon Blog

Setelah mengetahui cara mengganti icon blog, tidak ada salahnya untuk mengetahui cara untuk membuat icon blog untuk dimasukkan ke html. Cara untuk membuat favicon blog sangat mudah. Pertama, buka alamat url ini http://www.html-kit.com/favicon/ untuk membuat favicon Anda. Kemudian pilih icon yang akan digunakan dengan memilih browse pada kotak dialog. Setelah itu generate icon yang dipilih tersebut. Anda dapat membuat ikon bergerak atau yang sering disebut dengan gambar gif. Jika sudah selesai, unggah icon buatan Anda di blog Anda atau salin url nya untuk dimasukkan ke html untuk mengganti icon blog Anda.

Anda dapat memilih cara mengganti icon blog yang menurut Anda mudah untuk diikuti. Namun, semua cara di atas dapat dilakukan atau dipraktekan secara langsung di blog Anda. mengganti favicon sangat penting jika Anda ingin menjadi blogger profesional. Banyak hal yang sebenarnya harus dipelajari blogger ketika masuk dunia blogger. Anda dapat sharing bersama blogger-blogger profesional di forum blogger. Tidak jarang blogger profesional memberikan tips dan triknya untuk menjadi blogger handal bagi para pemula.

Demikian mengenai cara mengganti icon blog yang udah dilakukan oleh pemula. Jangan pernah berhenti untuk belajar menjadi seorang blogger handal. Teruslah berkreasi di blog Anda agar trafik pengunjung blog terus meningkat setiap waktu. Selain itu, tingkatkan pula isi atau konten blog menjadi lebih berkualitas dan berguna untuk banyak orang. Jika ingin mendapatkan keuntungan dari blogging, buatlah blog khusus SEO.

UA-113975400-1