Blog merupakan salah satu bentuk halaman Website yang disediakan secara gratis. Fungsinya sebagai sarana dalam menuangkan kreativitas yang dimiliki seseorang. Bahkan ketika user telah mampu menguasai Blog secara baik dan benar, maka ia dapat menghasilkan uang dari Blog miliknya. Untuk itu, ada banyak hal yang harus dipelajari terlebih dahulu, misalnya cara mengganti tema blog. Cara ini adalah salah satu dari sekian banyak ilmu Blog yang harus dipahami.

Jika dilihat dari sejarahnya, Blog pertama kali diperkenalkan ke publik pada tahun 1999. Setelah itu Blog terus mengalami perkembangan yang begitu pesat. Apa lagi sekarang Blog dapat diakses secara gratis, sehingga banyak orang tertarik untuk memilikinya. Dengan semakin banyaknya user yang menggunakan Blog, tentu akan terjadi persaingan dalam membuat Blog semenarik mungkin. Oleh karena itu, perlu upaya untuk memaksimalkan tampilan Blog.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan cara mengganti tema blog. Kenapa harus tema? karena tema berkaitan dengan visualisasi Blog itu sendiri. Apabila visual Blog terlihat menarik, maka dengan sendirinya orang-orang akan mau mengikuti perkembangan Blog Anda. Sehingga Blog yang Anda dimiliki dapat bersaing dengan Blog user lain, sebab jumlah pengunjung Blog Anda mengalami peningkatan.

Lalu apakah cara mengganti tema blog itu sulit? tentu saja tidak. Anda dapat mempelajari cara-caranya yang akan dijelaskan di bawah ini. Barangkali Anda pernah mengganti tema pada Komputer maupun Smartphone, maka caranya hampir-hampir mirip dengan hal tersebut. Hanya saja kali ini Anda melakukan pergantian tema pada Blog yang harus dikerjakan secara Online. Oleh sebab itu, segera pastikan Anda memiliki koneksi Internet yang cukup memadai.

 

Cara Mengganti Tema Blog dengan Mudah

Tema atau dikenal dengan Template adalah suatu file yang berisi kode-kode dalam bentuk HTML, CSS, ataupun Java Script, yang fungsinya dapat mengubah tampilan Blog itu sendiri. Biasanya file template ini memiliki ekstensi “.xml”. Anda tidak harus bingung memikirkan kode tersebut, sebab kode-kode itu telah banyak tersedia di Internet.

Sesungguhnya cara mengganti tema blog sangatlah beragam caranya. Anda dapat menggantinya dengan cara memilih tema yang sudah tersedia di Blog secara gratis. Namun jika merasa tema tersebut kurang menarik, maka Anda dapat mencari tema lain yang banyak beredar di Internet. Cukup cara menggunakan search engine browser Anda, maka seketika Anda akan mendapat beragam macam pilihan tema yang menarik. Pilihlah tema yang sekiranya cocok dengan konten Blog Anda, jangan memilih tema yang cenderung terlalu berlebihan. Sehingga bukannya membuat Blog lebih menarik, akan tetapi justru terlihat sebaliknya.

Jika Anda tidak mau susah payah dengan mencari tema jenis lain, maka Anda dapat memanfaatkan tema yang sudah tersedia di Blog. Caranya Anda harus log ini terlebih dahulu. Setelah masuk ke Dashboard Blog Anda, kemudian pilih Template (tema). Setelah Anda dapat menyesuaikan tema Blog Anda dengan meng-klik tombol “Sesuaikan”. Aturlah sedemikian rupa, agar Blog terlihat lebih menarik. Apa bila telah selesai, jangan lupa disimpan.

Seandainya cara mengganti tema blog satu ini belum memuaskan hasrat Anda, maka Anda dapat mencoba cara lainnya. Tentu saja cara berikutnya ini, mengharuskan Anda untuk mendownload tema dari Internet terlebih dahulu. Jika telah didowload, jangan lupa disimpan di tempat yang mudah ditemukan. Sebab hal itu akan berpengaruh pada tahapan penggantian tema blog Anda.

 

Cara Mengganti Tema Blog dengan Tema Baru

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bahwa cara mengganti tema blog sangat beragam. Salah satu caranya telah dijelaskan di awal tadi. Cara berikut ini berguna jika Anda merasa tema yang tersedia pada Blog kurang menarik atau cenderung monoton. Tentunya untuk memiliki tema baru yang lebih menarik dan kekinian, maka Anda dapat mengunduhnya dari Internet. Biasanya tema-tema tersebut disediakan secara gratis.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah gunakan search engine browser Anda untuk mencari dan mengunduh tema baru. Setelah berhasil didownload, maka simpan di tempat yang mudah ditemukan. Apa bila file masih berbentuk “.rar”, maka Anda perlu mengekstraknya terlebih dahulu. Caranya klik kanan pada file tersebut, kemudian pilih “ektraks file here”. Maka secara otomatis file akan terekstrak sendiri. Jika proses ekstrak membutuhkan password, silahkan lihat kembali pada halaman website tempat Anda mendowload tema tadi.

Langkah berikutnya dalam cara mengganti tema blog adalah Log in terlebih dahulu ke akun Blog Anda. Untuk itu ingatlah selalu username dan password Blog, bila perlu dibuat dalam bentuk catatan. Setelah berhasil log ini, maka masuklah ke dashboard Blog Anda. Kemudian pilih menu “template”, lalu klik “cadangkan/ pulihkan”. Selanjutnya klik “browse/ cari”, lalu cari file tema yang sudah didownload tadi. Biasanya ditampilkan dengan ekstensi “.xml”.

Setelah menemukan file tema yang dimaksud, maka pilih file tersebut, lalu klik “open”. Selanjutnya klik “unggah”. Tunggu proses loading hingga selesai. Apa bila telah selesai, maka seketika tampilan Blog Anda telah berubah. Anda dapat memeriksanya melalui menu “lihat Blog”. Jika tahapan cara mengganti tema blog tadi diikuti dengan benar, maka Blog Anda akan memiliki tema baru.

 

Tips Cara Mengganti Tema Blog Lainnya

Setelah user mengetahui bagaimana cara mengganti tema blog sebagaimana dijelaskan di atas, maka berikut ini ada beberapa tips mengganti tema Blog Anda.

Pertama, Setting Bahasa Indonesia. Biasanya menu-menu di dalam Blog ditampilkan dengan Bahasa Inggris. Supaya aktivitas Blog Anda dapat lebih optimal, sebaiknya ganti bahasa tersebut ke dalam bahasa Indonesia. Caranya mudah, setelah berhasil log in ke dashboard Blog Anda, cara menu “setting”. Selanjutnya pilih menu dengan kata-kata “language and formating”. Maka akan muncul jendela yang memuat berbagai pilihan bahasa. Temukan bahasa Indonesia dengan cara meng-scroll ke atas ataupun ke bawah. Setelah ketemu, klik bahasa tersebut, lalu klik tombol “save setting”. Dengan demikian Blog Anda akan berubah ke dalam Bahasa Indonesia.

Kedua, Pemilihan Tema. Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bahwa tema erat kaitannya pada visualisasi Blog. Dengan pemilihan tema yang tepat, maka Blog yang Anda miliki dapat terlihat menarik. Namun jika salah dalam memilih tema, maka tidak heran jika Blog Anda sepi pengunjung. Sebab yang pertama kali di lihat oleh pengunjung adalah tampilan Blog itu sendiri. Oleh sebab itu, cerdaslah dalam memilih tema untuk diterapkan ke dalam Blog Anda.

Ketiga, Jangan terlalu sering mengganti tema. Lumrahnya para user mengganti tema Blog karena merasa bosan dengan tema yang sudah ada. Sehingga mereka melakukan pergantian tema yang sesuai dengan keinginan. Akan tetapi, jika terlalu sering mengganti tema, Blog Anda justru terlihat seperti tidak memiliki ciri sendiri. Oleh karena itu, tetapkan satu tema yang menjadi ciri khas bagi Blog Anda. Sehingga orang-orang mudah teringat pada Blog Anda melalui tampilannya.

 

Nah, itulah tadi beberapa tips tambahan dan penjelasan cara mengganti tema blog. Demikianlah, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.

UA-113975400-1