Cara Mengganti Template Blog Agar Lebih Menarik

cara-mengganti-template-blogBagi Anda yang memiliki blog pasti ingin membuat tampilan blognya terlihat lebih menarik karena hal ini dapat meningkatkan jumlah pengunjung blog Anda. Salah satu cara agar tampilan blog menjadi lebih menarik adalah dengan cara mengganti template blog. Definisi dari template adalah suatu file yang di dalamnya berisikan file script kode pemograman seperti html, javascript atau CSS. Ketiga bahasa pemrograman tersebut yang paling banyak digunakan untuk membuat template blog. Sebenarnya mengganti template blog merupakan hal yang mudah namun bagi yang masih awam tentunya merasa sedikit kesulitan dalam mengatur tampilan pada blog miliknya. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena dibawah ini akan diberikan penjelasan mengenai cara mengubah tampilan pada blog Anda.

 

Download Template

Bagi yang masih awam mungkin disarankan untuk menggunakan berbagai template blog gratis yang telah disediakan oleh beberapa situs website. Anda bisa memilih template blog sesuai dengan keinginan. Beberapa situs yang menyediakan template blog gratis diantaranya adalah zoomtemplate.com, btemplates.com dan soratemplates.com. Di ketiga website tersebut terdapat banyak varian template yang unik, menarik dan keren. Cara mengganti template blog yang pertama adalah jika Anda telah menemukan template yang diinginkan maka langsung klik tombol download. Otomatis file template tersebut sudah masuk ke dalam komputer Anda.

 

Ekstrak File

Cara mengganti template blog selanjutnya adalah dengan mengekstrak file template blog yang telah di download dari situs penyedia template blog gratis. Biasanya file tersebut berbentuk rar atau zip. Kita memerlukan file .xml yang terdapat di dalam zip tersebut. Untuk membuka file rar atau zip tersebut Anda bisa menggunakan winrar. Caranya klik kanan pada file rar/zip tersebut lalu klik ekstrak file. Maka otomatis file tersebut akan terbuka dengan sendirinya. Setelah di ekstrak barulah Anda bisa melihat file di dalamnya yang berekstensi .xml.

Baca Juga  Cara Memperindah Blog dengan Mudah

 

Login ke Blogger.com

Setelah file template yang di download tadi telah diekstrak maka cara mengganti template blog selanjutnya adalah login ke blogger.com. Masukkan email dan password yang Anda gunakan pada blog tersebut. Barulah setelah itu Anda masuk ke menu dasboard. Pada menu dasboard Anda akan melihat tulisan template yang berada di pilihan menu sebelah kiri lalu klik menu template tersebut.

 

Cara Mengganti Template Blog dengan Upload Template

Jika sudah masuk ke menu template maka langkah selanjutnya adalah dengan mengklik tulisan cadangkan atau pulihkan yang berada di samping kanan menu template. Ketika tulisan tersebut telah di klik maka akan muncul halaman kecil. Di halaman tersebut Anda bisa langsung mengupload template blog yang telah di ekstrak tersebut. Klik tombol browse untuk memilih file templatenya, pilihlah file template yang berekstensi .xml. Jika sudah dipilih maka Anda bisa langsung mengklik tombol upload yang berada di bawah tombol browse. Tunggu beberapa menit hingga proses upload selesai. Jika upload sudah berhasil, Anda bisa langsung menuju ke blog Anda untuk melihat tampilan terbaru.

 

Apakah cara mengganti template blog ini dirasa susah? Tentunya tidak. Anda hanya tinggal mencari template yang disukai lalu menerapkannya pada blog Anda. Namun, Pastikan file Anda telah benar agar template blognya berhasil diubah karena jika salah memilih file bisa saja hasilnya tidak sesuai dengan keinginan Anda. Anda pun bisa mengganti jenis font, warna dan lainnya dalam pengaturan template tersebut.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1