Bagi para pengguna smartphone Android yang sering mendownload game, browsing, atau membuka berbagai aplikasi, mungkin Anda merasa kesal dengan iklan-iklan yang sering bermunculan di Android dan berusaha mencari cara menghilangkan iklan di Android. Memang kehadiran iklan menjadi sumber dana bagi penyedia aplikasi yang aplikasinya Anda gunakan. Iklan tersebut menjadi sponsor bagi para developer untuk terus mengembangkan aplikasinya.

Namun bagi pengguna yang mengakses aplikasi, tentu kehadiran iklan-iklan tersebut dianggap sangat mengganggu. Apalagi ketika intensitas kemunculan iklan tersebut sangat sering, ini tentu sangat menjengkelkan. Jika Anda termasuk salah satu pengguna yang kesal dengan adanya iklan yang bermunculan di aplikasi, Adblock Plus dapat menjadi salah satu cara menghilangkan iklan di Android yang efektif.

Cara Menghilangkan Iklan di Android dengan AdBlock Plus

Bagi para pengguna laptop, nama ABP tentu sudah tidak asing lagi karena merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan untuk menghindari iklan-iklan yang tidak diharapkan. Selain efektif digunakan pada PC, ABP ternyata juga dapat mengatasi iklan di Android. Aplikasi ini diketahui dapat menghilangkan iklan – iklan yang sering muncul tiba-tiba di berbagai games dan aplikasi di Android.

ABP itu sendiri termasuk salah satu aplikasi gratis yang cukup bijak. Pasalnya ABP juga menyediakan pilihan untuk memungkinkan iklan-iklan tertentu untuk tetap ditampilkan di smartphone Anda. Anda dapat mengunduh file APK dari ABP karena aplikasi tersebut sudah tidak tersedia lagi di Playstore. Nantinya file APK tersebut dapat diinstal secara manual di Android Anda.

Cara Menginstal ABP

Sebelum file APK dari aplikasi ABP ini didownload dan diinstall, Anda perlu melakukan sedikit pengaturan pada perangkat Android. Caranya, buka menu Apps Settings > Applications atau Security. Beri tanda centang pilihan unknown sources. Selanjutnya klik OK jika ada konfirmasi

Setelah melakukan pengaturan tersebut, Anda sekarang dapat mendownload file ABP dari internet. Setelah berhasil mendownloadnya, buka file tersebut dengan file manager. Pilih menu install dan tunggu prosesnya sampai selesai. Jika smartphone sudah pernah diroot, aplikasi ini akan meminta izin secara otomatis untuk super user. Untuk itu, Anda dapat mengizinkan aplikasi tersebut. Tetapi jika smartphone belum memiliki akses root, lakukan pengaturan proxy lebih dulu.

Cara Mengatur Proxy

Pengaturan proxy dapat dilakukan dengan mengakses menu Apps Settings. Pilih WiFi. Setelah itu, sambungkan smartphone Anda ke jaringan WiFi. Tetapi jangan memilih jaringan yang biasa. Tekan terus pada pilhan WiFi tersebut selama beberapa saat. Tap pada modify network. Selanjutnya pilih show advanced options dan pilih manual di proxy settings. Pilih proxy menjadi localhost kemudian ketik proxy port yang sesuai dengan ABP. Nomer port tersebut biasanya akan diberikan melalui pemberitahuan dari ABP

Untuk jenis smartphone Android yang masih menjalankan versi 2.3 atau Android Gingerbread, pengaturan di atas dapat dilakukan melalui WiFi Settings. Kemudian pilih Advanced Settings dan pilih localhost untuk pilihan Proxy. Sama seperticara sebelumnya, masukkan port sesuai ABP Anda.

Jika Anda sudah mencoba langkah – langkah yang telah dijelaskan di atas dengan benar, maka Anda seharusnya sudah dapat melakukan pengaturan untuk tampilan iklan dan memblokir berbagai jenis iklan yang sering muncul di perangkat Anda. Pilihan yang tersedia untuk mengatur iklan tersebut antara lain adalah non-intrusive ads, ads filter list, dan opsi lainnya

Demikian cara menghilangkan iklan di Android dengan AdBlock Plus. Selain ABP, sebenarnya masih ada banyak lagi aplikasi sejenis lainnya yang menawarkan fungsi hampir sama. Bahkan aplikasi-aplikasi tersebut banyak tersedia di Playstore dan dapat diunduh secara gratis.

UA-113975400-1