Cara Menjadi Blogger yang Handal dan Profesional

Generasi masa kini semakin kreatif dalam menyampaikan, menyuarakan, atau mengekspresikan ide dan gagasan pendapatnya. Salah satunya adalah melalui blog. Karena itu, tidak heran jika dari waktu ke waktu ada banyak orang yang tertarik untuk menjadi seorang blogger. Ironisnya, keinginan menjadi blogger pada sebagian orang tersebut hanya sekedar angan-angan tanpa realisasi. Salah satu alasannya adalah kurang paham dengan cara menjadi blogger.

Sebagian orang sisanya yang berhasil menjadi seorang blogger profesional membuktikan bahwa konsistensi niat juga penting untuk dimiliki. Dengan kata lain, kemauan yang kuat untuk mau mempelajari segala hal yang berkaitan dengan blog juga penting untuk dimiliki. Tidak hanya itu, ketelatenan dan kesabaran dalam mengembangkan blog yang dibuat juga harus dimiliki. Seperti yang bisa dilihat di lapangan, sebagian besar orang berhenti mendalami dunia blogging karena kurang sabar ketika mengembangkan blog-nya. Jadi, seorang yang berniat menjadi blogger handal harus tahu dan paham bahwa mengembangkan blog menjadi besar tidak bisa didapatkan secara instan.

Selain membenahi mindset atau pola pikir mengenai dunia blogging, mereka yang ingin menjadi seorang blogger handal harus mau mempelajari banyak hal terkait dunia blogging. Dengan berbekal pengetahuan dan wawasan terkait blogging, seorang peminat blogging tahu apa yang harus dilakukan dengan blog-nya. Lalu, apa saja hal-hal yang harus diketahui oleh mereka yang berniat menjadi seorang blogger? Beberapa hal penting tersebut dimuat pada beberapa bagian berikut ini.

 

Mengapa Menjadi Blogger Menarik untuk Dicoba?

Blog merupakan salah satu temuan yang berkontribusi dalam mengubah cara bersosialisasi generasi modern pada era ini. Melalui, blog yang dibuat, seseorang bisa mengungkapkan pandangan atau pendapatnya terkait suatu hal yang ada muncul di sekitarnya. Contoh tersebut hanyalah sedikit gambaran saja mengenai alasan mengapa Anda perlu menjadi blogger. Lalu, apa alasan lainnya yang lebih meyakinkan Anda untuk menjadi seorang blogger? Jawabannya ada pada penjelasan berikut.

Baca Juga  Cara Membuat Sitemap Website yang Tepat dan Mudah

Sebelum membahas mengenai bagaimana cara menjadi blogger, seseorang harus menilik atau mereview kembali alasan mengapa ia menjadi blogger. Mengapa? Menjadi seorang blogger profesional bukanlah perkara mudah. Jika tidak benar-benar berniat menjadi seorang blogger, Anda kemungkinan besar akan berhenti di tengah jalan karena prosesnya yang tidak sebentar. Sebaliknya, jika telah memiliki keyakinan kuat dan siap dengan proses panjangnya, ada manfaat yang nantinya bisa memotivasi Anda dalam mewujudkan keinginan menjadi blogger.

Melalui blog yang dibuat, seseorang bisa mengungkapkan banyak hal yang menarik perhatiannya. Mereka bisa memposting suatu konten yang menarik baginya sekaligus dapat menginspirasi pengunjung blog. Selain manfaat yang bisa didapatkan oleh blogger itu sendiri sebagaimana penjelasan sebelumnya, Anda juga memiliki kesempatan mendapatkan pekerjaan impian. Sebagai contoh, blog yang sering memuat mengenai hal-hal seputar kecantikan bukan tidak mungkin bisa membuka kesempatan bagi Anda untuk menjadi seorang konsultan produk kosmetik.

Karena saat ini mayoritas orang bersosialisasi secara luas dengan menggunakan blog, bisa dipastikan bahwa manfaat berikut ini juga akan Anda peroleh. Manfaat yang dimaksud adalah dapat terhubung dengan banyak orang hebat dari berbagai belahan dunia. Dengan menjalin komunikasi secara luas, Anda sendiri bisa memperoleh pengalaman hidup yang luar biasa. Bahkan, bukan tidak mungkin pula bagi Anda untuk menciptakan suatu project dengan orang-orang tersebut. Dari beberapa penjelasan di atas, apakah Anda semakin bersemangat untuk menjadi seorang blogger? Jika iya, hal berikutnya mengenai cara menjadi blogger yang profesional ini perlu Anda simak juga.

 

Tips dan Cara Menjadi Blogger yang Handal dan Profesional

Cara menjadi blogger yang handal sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Anda hanya perlu menerapkan beberapa langkah berikut ini. Pertama, seperti yang sedikit disinggung sebelumnya, Anda harus mempelajari hal-hal penting dalam dunia blogging. Hal-hal penting yang dimaksud bisa seputar teknis blogging, desain tampilan blog, dan sebagainya.

Baca Juga  Cara Memasang Musik Di Blog yang Bisa Anda Coba

Jika sudah mendapatkan ilmunya, berikutnya tentu adalah menciptakan blog. Anda bisa mengikuti tutorial pembuatan blog yang banyak dibagikan di internet. Blog yang telah berhasil dibuat kemudian harus didesain agar tampak bagus dan menarik. Apabila ingin berhasil dalam menerapkan cara menjadi blogger ini, Anda sebaiknya menghindari penggunaan free themes. Mengapa? Karena bersifat gratis, fitur dan desain tema juga terbatas.

Selain menerapkan kedua hal di atas, Anda juga harus bersikap profesional ketika membangun jaringan sosial. Namun, ada baiknya pula untuk memposting suatu konten yang lucu dan menarik. Tidak hanya itu, salah satu cara menjadi blogger yang kadang dilupakan yaitu selalu aktif juga tidak boleh dilupakan. Anda tidak perlu posting jika tidak ada ide posting. Silakan sempatkan saja untuk membalas komentar-komentar.

Cara menjadi blogger yang juga bisa Anda coba pahami dan terapkan adalah menyampaikan komentar atau feedback yang profesional. Percaya atau tidak, komentar profesional Anda juga bisa menarik lebih banyak pengunjung untuk sekedar membaca atau ikut berkomentar.

 

Mempertahankan Pengunjung Blog

Tahukah Anda apa tantangan terbesar bagi seorang blogger? Yaitu mendapatkan traffic atau lalu lintas akses. Setelah traffic tercapai, masih ada hal lain yang harus dilakukan, yaitu membuat pengunjung bertahan dan sering mengakses blog Anda. Jadi, mengetahui apa saja cara menjadi blogger bukanlah akhir. Ada beberapa hal yang bisa dilakukan agar pengunjung blog membaca atau bahkan berlangganan mengunjungi blog. Pertama, Anda bisa meletakkan lebih banyak konten pada halaman utama blog. Pada umumnya, postingan pada suatu halaman blog lebih dipenuhi dengan kutipan yang panjang sehingga tidak jarang pengunjung sudah tidak berminat membaca. Karena itu, untuk mensiasatinya Anda bisa membuat batasan jumlah kata pada kutipan dan menyusun beberapa postingan yang sekiranya menarik minat pengunjung blog.

Baca Juga  Cara Mempercantik Blog untuk Para Pemula

Mengetahui semua informasi mengenai cara menjadi blogger memang mudah. Namun, mengimplementasikan cara tersebut belum tentu berhasil bagi sebagian orang. Hal ini juga demikian ketika Anda berniat menerapkan suatu teknik khusus untuk mendapatkan banyak pelanggan blog. Terlepas dari berhasil tidaknya suatu teknik atau metode, ada satu teknik atau cara yang bisa dicoba untuk mengoptimalkan pengunjung blog tinggal mengakses blog lebih lama. Metode yang dimaksud adalah dengan cross-link konten yang Anda posting. Ketika memposting suatu konten, di bagian tertentu postingan bisa ditautkan dengan link menuju konten postingan lain. Dengan begitu, pengunjung blog akan tertarik membaca postingan lain di blog Anda.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menambahkan widget yang sesuai untuk pengunjung. Namun, perlu diingat pula bahwa widget yang berlebihan juga bisa menjadi boomerang. Agar tidak mengganggu, sebaiknya kurangi gangguan widget dan konten tidak penting pada bagian blog seperti sidebar, atas dan bawah postingan, serta di bagian footer.

Hal-hal dalam dunia blogging bisa menjadi mudah apabila dilakukan dengan menyenangkan. Selain itu, dalam blogging Anda juga harus mempraktekkan sendiri ilmu apa yang didapat. Dengan terbiasa, lama-kelamaan Anda tentu akan menguasai hala-hal dalam dunia blogging sebagaimana yang disebutkan di atas, Sejauh manakah ilmu cara menjadi blogger yang Anda pelajari?

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1