Menyaksikan ceramah ustadz abdul somad lc ma dari channel youtube memang sudah biasa. Apalagi ustadz ini kerap streaming siaran langsungnya. Tapi menontonnya dari dekat tentu akan memberikan rasa yang berbeda. Tak apalah, langsung atau tidak langsung yang terpenting mengambil hikmah dari apa yang disampaikan beliau.

Hal yang berbeda dari ustadz ini memang banyak. Ia cenderung menjelaskan sebuah kajian dalam bahasa yang sederhana dan mudah dicerna. Tak panjang lebar namun cukup mengena di para pendengarnya. Kerap kali melontarkan gurauan dan candaan yang memancing tawa jamaah yang memang terkait dengan apa yang sedang dibahasnya.

 

Ceramah Ustadz Abdul Somad Lc, MA di Youtube

Tak dapat disangkal bahwa popularitas ustad somad diawalai dari ceramah-ceramahnya di youtube. Banyak yang mengenalnya melalui media sosial yang satu ini. Apalagi sekarang warganet dengan sukarela membagikan konten-konten yang terbilang menarik. Bahkan terkadang mereka sendiri belum menontonnya sampai habis.

Kebiasaan membagikan konten ini memang baik, menunjukkan sebuah perhatian. Namun seringkali kebablasan hingga konten apapun tanpa dicerna kebenaran dan manfaatnya mudah sekali dibagikan.

 

ustadz abdul somad lc ma

 

Streaming youtube menjadi keharusan bagi ceramah ustadz ini. Ceramah dimanapun, akan selalu ada siaran livenya. Ini memudahkan kita untuk selalu menyimak apa yang disampaikan. Karena dengan adanya video youtube bisa kita akses kapanpun kita mau.

Memang banyak channel youtube yang menampilkan video beliau. Namun Channel officialnya adalah berikut ini:

https://www.youtube.com/channel/UClvc6c04-xEYKFFyeP3yjKA

 

Tipikal Ceramah yang Banyak Dinanti

Penyampaian yang ringan dan santai menjadi tipikal yang banyak dinanti. Tak pernah panjang lebar, hanya singkat namun tepat. Membuat sang ustadz makin disenangi. Tak juga berpanjang ayat, karena terkadang membuat makin tak mengerti.

Pertanyaan juga dilontarkan langsung oleh jamaah melalui tulisan. Sehingga sang ustadz bisa merespon masalah yang langsung dirasakan jamaah. Seringkali pertanyaan yang datang biasanya menyindir ustad somad sendiri terhadap fenomena yang terjadi. Jawabannya biasanya kocak namun tak menyimpang dari pertanyaan.

Bidang ilmu yang ditekuni ustad somad adalah fiqh dan ilmu hadist. Dikombinasikan dengan metode dakwah yang tepat jadilah ceramah yang selalu dinanti. Persoalan-persoalan yang dibahas tak hanya melulu soal agama. Namun, nasionalisme dan persoalan terkini kerap menjadi bahan kajian.

ustad somad

 

Biografi Ustadz Somad

Terlahir di asahan, Sumatera Utara Tahun 1977 ustadz somad memang masih keluarga besar ulama. Pendidikannya pun tak lepas dari dunia pendidikan islam. Mulai dari Madrasah hingga Perguruan tinggi. Lc beliau dapatkan dari Universitas al-azhar Kairo Mesir dan melanjutkan Study di Maroko untuk S2.

Beliau terdaftar sebagai salah satu Dosen UIN Syarif Kasim Riau. Hingga karena kesibukannya berdakwah diluar kampus, belakangan beliau mengundurkan diri sebagai dosen. Ingin berdakwah seutuhnya dan tak menggangu tugas pengabdiannya sebagai dosen.

 

Baca Juga: Kisah Inspiratif Uang 100 Ribu Rupiah

 

Ceramah Ustadz Abdul Somad yang terkadang Kontroversi

Memang ada beberapa ceramahnya yang terkesan kontroversi. Seperti ketika beberapa tahun lalu membahas mengenai salib dan patung yesus. Ini dianggap menodai agama lain dan memunculkan beberapa penolakan dari berbagai kalangan. Bahkan di beberapa tempat ada penghalangan dan penolakan terhadap ustad somad.

Bahkan penolakan ini justru banyak dari kelompok-kelompok islam yang berseberangan dengan pemikiran beliau. Tuduhan-tuduhan radikal dan tidak nasionalis kerap ditujukan kepada beliau.

Tapi ini tak menghalangi keteguhan hatinya untuk terus berdakwah. Meskipun pernah dihalangi sampai tak bisa keluar dari bandara, ia tetap semangat. Membandingkannya dengan perjuangan Nabi Muhammad, penolakan ini belumlah seujung kukunya, ujarnya.

UA-113975400-1