Daftar 10 Jenis Ikan Cupang Termahal

Ikan cupang bukanlah jenis ikan yang asing bagi masyarakat Indonesia. Jenis ini merupakan salah satu jenis ikan yang sering dipelihara untuk hiasan di rumah. Hal tersebut karena ikan cupang memiliki warna yang sangat bervariasi sehingga cocok untuk dijadikan ikan hias. Tak sedikit dari ragam jenisnya memiliki warna menarik sehingga menjadikannya berharga tinggi. Bahkan, diantaranya diklaim sebagai ikan cupang termahal yang bisa Kamu dapatkan.

Semakin banyaknya peminat ikan hias yang menjadikan ikan cupang sebagai peliharaan tentu mengharuskan setiap pemiliknya untuk mengetahui karakteristik ikan ini. Meskipun merupakan jenis ikan hias, ikan ini ternyata memiliki sifat yang kompleks dan cenderung sensitif. Spesies ikan dengan nama latin Betta sp ini cenderung mudah stress, apalagi jika perawatan yang diberikan tidak tepat.

Berdasarkan data yang ada, di perairan Indonesia ditemukan setidaknya 52 jenis ikan cupang. Ikan yang berukuran relatif kecil ini bisa bertahan hidup hingga usia 3-4 tahun. Tentu saja, tidak semua jenis ikan ini dibandrol dengan harga fantastis. Setidaknya ada 10 ikan cupang termahal yang dikategorikan berdasarkan spesifikasi tertentu yang membuatnya istimewa hingga dan dibandrol dengan harga fantastis. Ingin Tahu Apa Saja Ikan Cupang Termahal? Berikut Daftarnya

 

Kachen Worachai

Varian ikan cupang termahal yang pertama adalah Kachen Warachai yang asalnya dari Thailand. Ikan cupang aduan ini memiliki keunikan pada warnanya yang menyerupai warna bendera Negara Thailand. Ada warna putih, biru dan merah. Meskipun ukurannya terbilang mungil, namun harga jual ini bisa membuatmu terkejut.

Jenis ikan cupang ini pernah terjual dalam sebuah pelelangan dengan harga 53.500 Baht atau jika dalam rupiah nilainya bisa mencapai 22,6 juta rupiah. Harga yang sangat tidak masuk akal untuk sebuah ikan berukuran kecil. Namun kembali lagi, karena keunikan warna yang menyerupai bendera Thailand inilah yang membuat harga Kachen Warachai melambung tinggi.

Kombinasi warna ikan ini tersebar dengan komposisi bagian badan berwarna biru serta memiliki garis membujur berwarna putih. Garis ini membujur di bagian perutnya. Sementara corak warna merah terletak sejajar dengan bagian sirip bawah ikan. Kombinasi dan corak warna yang dimiliki ikan cupang Kachen Worachai inilah yang menjadi daya tarik dan membuatnya berharga mahal.

Keunikan lain adalah pada namanya. Nama ikan yang unik ini ternyata diambil dari nama pemiliknya yang juga berkebangsaan Thailand, Kachen Worachai.  Selain itu, tidak ada satu orang pun yang tahu nama asli dari ikan ini selain nama yang sudah populer ini.

Meskipun termasuk dalam jajaran ikan cupang termahal yang ada hingga saat ini, jenis ikan cupang ini cukup banyak dicari. Namun tentu saja, karena harganya yang terbilang fantastis dan sangat mahal ini, Kamu tidak akan tega untuk menjadikannya sebagai ikan petarung. Ikan ini pernah menjadi bahan perbincangan dan menggemparkan di kalangan pecinta ikan hias. Apalagi kalau bukan karena harganya yang fantastis.

Harganya yang sangat mahal membuat jenis ikan ini cukup sulit didapatkan. Tidak seperti kebanyakan ikan cupang lain yang bisa Kamu dapatkan di platform belanja online. Jadi untuk mendapatkannya Kamu membutuhkan lebih banyak effort.

Ikan Cupang Plakat via pinterest.com

Ikan Cupang Plakat

Daftar ikan cupang termahal berikutnya dipegang oleh ikan cupang plakat. Ikan ini juga sama berasal dari Thailand. Kata ‘plakad’ dari nama ikan ini diambil dari Bahasa Thailand yang berarti tarung. Dinamakan demikian karena ikan cupang plakat ini termasuk dalam kategori ikan petarung.

Meski termasuk dalam kelompok ikan tarung, namun tentu saja ikan ini berbeda dengan ikan cupang tarung pada umumnya. Perbedaan itu terutama adalah dari segi tampilan yang mana ikan ini memiliki tampilan fisik yang sangat cantik. Tampilan yang cantik ini jugalah yang menjadi alasan kenapa ikan ini dihargai sangat mahal.

Fisiknya gagah dan besar, dengan bagian ekor dan sirip yang pendek dan tumpul namun bisa mengembang dengan mudah sekaligus menjadi keunikan dari jenis ikan cupang ini. Sementara itu, warna sisik ikan ini cenderung gelap serta tidak terlalu mencolok.

Gerakan ikan cupang plakat ini cenderung lebih gesit membuat daya tariknya semakin meningkat, apalagi untuk aduan. Jika dipakai untuk aduan atau dijadikan petarung, ikan ini sangat cocok karena Cupang Plakat cenderung lebih agresif saat melihat ada musuh di dekatnya.

Termasuk sebagai ikan cupang termahal, ikan cupang plakat ini bisa dibadrol dengan harga sampai 2 juta rupiah untuk ikan yang sudah dewasa dan sudah menjadi ikan juara. Sementara untuk anakan bisa Kamu dapatkan dengan harga Rp 60.000.  Meskipun dibandrol dengan harga yang cukup tinggi, ternyata tidak mengurangi minat pecinta ikan cupang untuk mendapatkan jenis ini. Terbukti dengan banyaknya jenis ini di marketplace Indonesia.

Jenis ikan ini sebelumnya tidak terlalu popular dan tidak sepopuler jenis ikan cupang lain seperti cupang half moon. Namun setelah tahun 2000-an, ikan ini mulai dikenal di kalangan pecinta ikan aduan ini. Bahkan hingga kini pun, masih banyak pecinta ikan cupang yang mencari ikan plakat untuk dipelihara.

Baca Juga  Punya Harga yang Fantastis, Ini Dia Ikan Cupang Blue Rim

 

Ikan Cupang Double Tail

Jenis ikan cupang berikutnya yang termasuk ke dalam daftar ikan cupang termahal adalah ikan cupang double tail. Ikan ini berharga mahal karena memiliki keunikan yang berbeda dari jenis ikan lainnya. Ikan cupang jenis ini lebih sering disebut dengan ikan cupang cagak.

Seperti namanya ‘double tail’, ikan cupang ini memiliki ekor yang terlihat seperti terbelah dua. Masing-masingnya pun memiliki gradasi warna berbeda yang membuatnya terlihat semakin unik. Keunikan ikan cupang double tail tidak hanya berhenti sampai disitu saja. Jika diperhatikan dengan seksama, ikan ini memiliki bentuk fisik yang sangat menarik.

Perhatikan saja misalnya pada bagian sirip anal dan pangkal sirip punggung yang sama rata. Ciri fisik yang istimewa didapatkan akibat adanya mutasi genetic dari ikan cupang single tail. Maka dari itu, saat siripnya sudah mengembang sempurna sirip-sirip tersebut kemudian membentuk sebuah kesatuan yang berbentuk lingkaran utuh dan simetris.

Saat sedang berenang, kamu bisa melihat ekor ikan cupang ini seolah sedang menari di dalam air. Apalagi warnanya yang unik juga menjadi daya tarik tambahan yang tidak ada pada jenis ikan cupang lainnya. Karena kecantikan dan keindahannya inilah yang membuat ikan cupang ini dipatok dengan harga yang terbilang mahal.

Anak ikan cupang double tail saja bisa dihargai hingga Rp 120.000. Sedangkan ikan yang sudah dewasa bisa dibandrol hingga harga 2 juta rupiah. Sungguh harga yang fantastis namun tentu sesuai dengan kualitas ikannya.

Harga mahal yang ditetapkan untuk ikan cupang Double Tail yang sekaligus menjadikannya ikan cupang termahal ini tentu bukan hanya dari segi keindahannya saja. Selain karena fisiknya yang cantik dan indah, ikan ini juga cukup sulit didapatkan. Sifatnya yang rentan terserang penyakit membuat ikan ini cukup sulit dikembangbiakkan.

ikan cupang fancy

ikan cupang fancy via jejamo.com

Ikan Cupang Fancy

Kembali ke Negara Thailand dimana Kamu bisa menemukan satu lagi jenis ikan cupang termahal, yaitu ikan cupang Fancy. Awal mula ikan ini dikenal sebagai ikan cupang dengan harga yang sangat mahal adalah ketika cupang Fancy ini ditawar dengan harga mencapai 10 juta rupiah di sebuah acar lelang daring di Thailand.

Aspek yang menjadi daya tarik cupang Fancy ini adalah dari segi warna dan corak yang ada pada tubuhnya yang membuatnya tampak seperti lukisan dengan 3 dimensi warna. Ikan ini umumnya memiliki warna mirip dengan ikan koi. Ada perpaduan antara warna putih, hijau, biru metalik, dan merah atau pink.

Sementara dari segi fisiknya, cupang jenis Fancy ini memiliki sirip yang relatif pendek. Bentuk ekornya juga sangat cantik. Dengan perpaduan fisik serta kombinasi warna yang dimilikinya, saat ditaruh di dalam akuarium Kamu akan bisa melihat keindahan yang menakjubkan dari ikan ini. Apalagi saat sedang berenang dan ikan dalam posisi menggerakkan siripnya.

Jika di Thailand ikan cupang Fancy pernah laku ditawar dengan harga hingga 10 juta rupiah, maka di Indonesia ada yang pernah menawar ikan ini dengan harga 2 juta rupiah. Namun kamu tak perlu khawatir, kamu bisa membeli anakannya yang dijual dengan harga yang lebih terjangkau. Untuk anakannya, kamu hanya perlu mengeluarkan budget antara Rp 200.000 – Rp 300.000 saja.

Tentu bukan dari aspek keindahan saja yang menjadikan cupang Fancy ini sebagai salah satu ikan cupang termahal yang ada. Selain unggul dari segi tampilan, ikan cupang ini juga dapat Kamu andalkan sebagai ikan petarung. Tak heran jika kemudian banyak kolektor dan para penyuka ikan cupang yang berburu ikan Fancy ini.

 

Ikan Cupang Crown Tail (Serit)

Jika sebelum-sebelumnya sudah dibahas beberapa jenis ikan cupang termahal yang berasal dari Thailang, maka jenis satu ini adalah ikan cupang asli Indonesia sekaligus jenis pertama yang dibudidayakan di Indonesia. Jenis cupang satu ini pertama kali dikembangkan di Indonesia pada tahun 1997.

Sesuai namanya, ikan ini memiliki ciri khas pada siripnya yang memiliki bentuk seperti jarum yang berserit. Namun, jika dilihat lebih jauh, sirip yang menyerupai jarum ini pada dasarnya adalah perpanjangan dari bagian tulang sirip. Adanya ikan cupang serit ini tak ayal kemudian menambah kekayaan jenis ikan cupang di dunia.

Sampai saat ini, ikan cupang Serit dari Indonesia adalah jenis terbaik yang ada di dunia. Setiap kontes ikan cupang berskala internasional, ikat cupang Serit asal Indonesia selalu menjadi pemenang di kategori serit.

Inspirasi nama Crown Tail yang menjadi nama lain dari jenis ini adalah karena ketika ikan dibalik menjadi menghadap ke atas, maka bagian siripnya akan berbentuk menyerupai mahkota. Ada pula yang mengatakan bentuk siripnya mirip layar yang robek bahkan mirip sisir.

Hingga saat ini, ada berbagai varian dari Crown Tail yang bisa Kamu temukan dengan karakteristik yang berbeda-beda. Ada variasi serit tunggal atau Comb Tail yang merupakan tipe awal jenis ini. Ikan ini keberadaannya cukup langka sehingga harganya juga melambung tinggi. Ada lagi varian Double Ray Crown Tail, serit Balon dan lain sebagainya.

Baca Juga  Ikan Cupang Avatar, Ikan Peliharaan Berkelas yang Istimewa

Karena kualitas dan keindahannya yang unik serta sudah diakui dalam berbagai kontes internasional inilah yang kemudian membuat jenis ini menjadi ikan cupang termahal. Apalagi kini sudah ada ikan cupang Serit Silang yang harganya bisa mencapai jutaan rupiah.

ikan cupang half moon

ikan cupang half moon via jawapos.com

Ikan Cupang Termahal : Half Moon

Berbicara tentang ikan cupang termahal, tidak lengkap rasanya jika tidak membahas tentang ikan cupang Half Moon. Sesuai dengan nama yang diberikan pada jenis ikan ini, ciri khas dan daya tarik jenis cupang ini ada pada ekor serta siripnya yang memiliki bentuk seperti bulan separuh.

Jenis cupang Half Moon ini disebut berasal dari Thailand dan mulai dikembangkan sejak tahun 1980. Keunikan ikan ini yang mampu mengembangkan sirip serta ekor sampai tampak seperti bulan separuh menjadikan jenis Half Moon ini favorit bagi setiap pecinta ikan cupang. Selain itu, gerakannya yang anggun juga menambah nilai daya tarik dari jenis ini.

Ciri khas lain yang dimiliki oleh jenis Half Moon ini ada pada warnanya. Jika umumnya ikan cupang memiliki warna yang menyala dan terang, jenis cupang satu ini justru memiliki variasi warna yang teduh dan netral. Pilihan warnanya antara lain biru muda, putih, biru gelap hingga hitam. Jadi untuk Kamu yang kurang suka dengan ikan cupang dengan warna-warna cerah dan menyala, ikan ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Ikan cupang Half Moon ini disebut sebagai ikan cupang termahal sebab pada sebuah lelang yang dilakukan di Thailand, jenis cupang ini berhasil terjual dengan harga 8 juta rupiah. Namun di Indonesia Kamu bisa mendapatkannya dengan harga lebih terjangkau, yaitu mulai dari 200 ribu hingga 300 ribuan per ekor untuk indukan. Sedangkan untuk anakan bisa kamu dapatkan dengan harga mulai dari Rp 40.000 saja.

Meski tergolong ikan mahal, Kamu tidak akan kesulitan mendapatkan ikan cupang hias ini. Kamu bisa mendapatkan ikan cupang Half Moon dewasa maupun anakan di berbagai platform e-commerce di Indonesia. Pilihan warnanya juga tersedia sangat bervariasi sehingga bisa Kamu pilih sesuai seleramu.

ikan cupang dumbo big ear

dumbo big ear via shopee.com

Ikan Cupang Dumbo / Big Ear

Jenis cupang ini bukan jens asli karena merupakan hasil persilangan. Persilangan pertama untuk menghasilkan jenis cupang Big Ear ini pun dilakukan oleh masyarakat Indonesia. Meskipun ikan hasil persilangan, namun tidak mengurangi keindahan dari jenis ikan ini sendiri.

Persilangan yang dilakukan untuk mendapatkan jenis cupang Big Ear ini justru menambah kekayaan jenis dan keunikannya. Terbukti dengan adanya jenis Big Ear yang memiliki bentuk fisik yang sedikit berbeda dengan jenis ikan cupang lainnya. Dengan banyaknya pilihan warna yang ada ini, Kamu jadi bisa memilih ikan cupang Big Ear yang sesuai dengan seleramu.

Perbedaan itu bisa dilihat terutama pada bagian sirip depannya yang berukuran besar sehingga menyerupai telinga gajah. Itulah mengapa ikan ini disebut dengan Big Ear. Tak hanya itu saja, jenis ikan cupang Big Ear ini juga memiliki warna yang cantik dan membuatnya menjadi salah satu jenis ikan cupang paling banyak dicari untuk dipelihara.

Ada pilihan warna lavender serta perpaduan pink dan putih yang kalem. Ada pula pilihan warna biru gelap di seluruh tubuh yang membuatnya tampak sangat cantik saat berenang di dalam akuarium dan berbagai pilihan warna lainnya.

Tidak seperti jenis-jenis ikan cupang termahal lainnya yang harganya bahkan bisa mencapai jutaan rupiah, jenis ikan ini bisa Kamu dapatkan dengan harga ratusan ribu saja. Untuk indukan jenis Big Ear ini, kamu cukup membayar sekitar Rp 400.000 saja.

Harga ini masih bisa lebih mahal atau lebih murah sedikit tergantung pada spesifikasi Big Ear yang kamu inginkan. Semakin bagus corak dan kondisi ikannya serta seberapa unik Big Ear yang kamu beli, maka bisa dipastikan harganya pun akan semakin meningkat. Kamu bisa mendapatkan jenis ikan cupang Big Ear ini di berbagai marketplace di Indonesia.

 

Ikan Cupang Slayer

Diantara banyaknya daftar ikan cupang termahal, sebagian besar diantaranya adalah ikan cupang yang memiliki keunikan tampilan. Termasuk ikan cupang jenis slayer ini. Meski harganya tidak sampai puluhan juta rupiah seperti Kachen Worachai, namun ikan cupang berjenis Slayer ini juga termasuk ikan cupang dengan harga jual tinggi.

Jenis ini juga bukan jenis ikan cupang asli karena merupakan jenis hasil persilangan. Ya, jenis cupang Slayer ini adalah hasil persilangan antara ikan cupang berjenis Half Moon dan Crown tail. Maka jangan heran jika kamu akan menemukan sifat-sifat dan bentuk fisik yang sedikit mirip antara jenis ini dengan keduanya.

Cupang Slayer yang merupakan persilangan antara Half Moon dengan crown tail membuat ikan ini memiliki beberapa sifat yang mirip. Seperti pada bagian siripnya yang lebar dan lembut menyerupai ikan cupang half moon. Sementara badannya yang relatif ramping dan kecil dilihat-lihat menyerupai ikan cupang Serit.

Ikan cupang berjenis slayer ini memiliki keunikan pada bagian siripnya yang cenderung lebih besar dan lebar dan lebih lebar dibandingkan tubuhnya. Dengan pilihan warna beragam seperti kuning, oranye, hijau, merah dan berbagai pilihan warna lainnya menjadikan jenis ikan cupang ini semakin menarik.

Baca Juga  Ikan Cupang Nemo Bernilai Jutaan Rupiah namun Banyak Dilirik

Perpaduan bentuk sirip yang lebih besar dan lebar ditambah warna-warnanya yang menarik membuat ikan ini semakin cantik apabila diletakan di dalam akuarium. Keindahan tersebut akan semakin tampak saat ikan bergerak karena ukuran siripnya yang besar dan lebar membuatnya tampak seperti selendang yang menari di dalam air.

Keunikan inilah yang menjadikan ikan cupang Slayer banyak diburu oleh penggemar ikan cupang. Harganya tidak terlalu mahal dan tidak semahal jenis ikan yang termasuk ikan cupang termahal lainnya, karena untuk indukan jenis ini bisa Kamu dapatkan dengan harga mulai dari 200 – 300 ribuan per ekor. Sedangkan harga termahalnya bisa mencapai angka 5 juta rupiah per ekornya. Harga itu masih bisa naik apabila ikan yang kamu pilih memiliki corak warna terang seperti biru metalik, oranye dan merah.

 

Ikan Cupang Giant

Satu lagi jenis ikan cupang yang dijual dengan harga tinggi dan masuk dalam kelompok ikan cupang termahal. Ikan cupang Giant ini merupakan jenis ikan cupang yang bukan jenis asli. Maksudnya, ikan ini adalah jenis yang didapat dari hasil persilangan. Menariknya, jika jenis cupang slayer sebelumnya adalah persilangan dari dua jenis ikan, maka Cupang Giant ini malah persilangan dari beberapa jenis sekaligus.

Sesuai namanya, ikan Cupang Giant ini memiliki ukuran tubuh yang jauh lebih besar dibandingkan kebanyakan jenis cupang lainnya. Ukuran tubuh ikan yang sudah dewasa bahkan bisa mencapai 10-15 cm, jauh lebih besar dibandingkan jenis cupang pada umumnya.

Ikan ini sebenarnya berasal dari Thailand, dapat ditemukan di danau-danau dan sungai di Thailand. Ukurannya yang lebih besar tentu memberikan keuntungan lebih pada jenis ini, terutama jika ingin memanfaatkannya untuk ikan petarung. Alasan lain kenapa ikan ini cocok dijadikan ikan petarung adalah karena cupang giant ini juga lebih agresif.

Meskipun berasal dari Thailand, jenis ini ternyata sudah dikembangkan melalui perkawinan silang dengan jenis ikan cupang local. Karena itu, tidak hanya unggul dari segi fisik yang besar, Cupang Giant juga memiliki variasi warna beragam dan menarik. Mungkin karena alasan ini jugalah yang membuat Cupang Giant dibandrol lebih mahal.

Untuk bisa memiliki satu ekor ikan cupang giant dewasa Kamu harus menyiapkan budget mulai dari Rp 500.000 hingga Rp 1.000.000. Kalau membeli cupang yang sudah dewasa terlalu mahal, Kamu bisa juga membeli yang anakan. Harganya juga jauh lebih terjangkau, yaitu hanya Rp 50.000 per ekor ikan.

Sebagaimana bentuk fisiknya yang cukup besar, pemilik yang memelihara jenis cupang giant ini tidak hanya sekedar untuk hiasan saja. Kebanyakan yang memelihara jenis cupang ini untuk kebutuhan aduan atau untuk dijadikan ikan petarung. Maka dari itu, perlakuan atau perawatannya pun berbeda dengan jenis ikan yang dipelihara untuk sekedar menjadi ikan hiasan.

ikan cupang paradise

ikan paradise via ikancichlid.com

Ikan Cupang Paradise

Terakhir, ada ikan cupang Paradise yang juga selalu menjadi incaran para pecinta ikan cupang untuk dipelihara. Ikan ini banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara. Sementara di Indonesia, jenis ikan ini banyak ditemukan di perairan di daerah Jawa, Bali dan Sumatera.

Ikan cupang jenis ini memang tidak seberapa cantik jika dibandingkan dengan jenis-jenis sebelumnya. Namun, semakin hari semakin banyak pecinta ikan cupang hias yang mencari keberadaannya membuat harganya pun kian meroket hingga menempatkannya menjadi salah satu ikan cupang termahal di Indonesia.

Meski tidak memiliki kecantikan yang menyilaukan seperti jenis-jenis ikan cupang sebelumnya, namun jenis ini tetap memiliki daya tarik yang membuatnya sangat mempesona dan dicari oleh para kolektor ikan cupang.

Dari fisik ikan ini, ukurannya hampir sama dengan jenis-jenis ikan cupang lain. Perbedaannya ada pada warnanya. Ikan cupang Paradise ini memiliki warna tubuh hijau muda. Pada bagian tubuhnya terdapat hiasan berupa garis vertikal berwarna hijau tua. Ikan cupang ini memiliki ukuran sirip yang cukup panjang dengan warna hijau yang berkilau.

Pada bagian sirip ekor ikan ini berukuran lebar dan bentuknya memanjang pada bagian atas dan bawahnya. Karena itulah saat dilihat sekilas bentuk sirip ekor jenis ikan ini tampak seperti bercabang. Uniknya, ikan cupang jenis Paradise ini memiliki ukuran yang sedikit berbeda dengan jenis ikan cupang pada umumnya karena bisa berkembang hingga ukuran maksimal 8cm.

Dengan semua keunggulan yang dimiliki oleh jenis ikan ini, tak heran jika kemudian semakin banyak penyuka ikan cupang dan kolektor yang memburu jenis ini. Hal tersebut membuat nilai jual ini meningkat, meski tidak semahal jenis-jenis sebelumnya yang bahkan bisa dibandrol hingga jutaan rupiah per ekornya.

Nah, demikian tadi daftar 10 jenis ikan cupang termahal yang ada di Indonesia. Ikan cupang yang disebut-sebut berasal dari Thailand ini belakangan sedang menjadi perbincangan hangat karena banyak dipelihara sebagai hobi baru untuk mengisi waktu selama di rumah saja. Secara umum ikan ini memang dikenal sebagai ikan petarung. Namun siapa sangka ada beberapa jenis ikan cupang yang memiliki keindahan dan kecantikan tak kalah dengan ikan hias lain.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1