Persamaan Garis Lurus dan Manfaatnya dalam Kehidupan

Persamaan garis lurus merupakan sebuah persamaan yang akan mendefinisikan garis lurus dalam bentuk persamaan. Dalam artikel ini akan membahas beberapa poin yang termasuk dalam persamaan garis lurus seperti gradien dan rumus garis lurus. Ketiga topik ini saling berhubungan, apabila ada satu topik yang tidak anda pahami maka anda akan kesulitan untuk memahami topik lainnya.

Lalu untuk mempermudah dalam memahami persamaan tersebut anda bisa melihat beberapa contoh beserta pembahasannya di internet. Dengan begitu anda tidak perlu khawatir apabila ketika membaca rumusnya anda masih belum paham, karena memang biasanya persoalan matematika akan lebih mudah apabila dijelaskan dalam bentuk soal dan jawaban.

Karakteristik dari persamaan sebuah garis lurus adalah memiliki variabel yang mempunyai pangkat tertinggi satu. Sebelum masuk ke dalam tiga topik utama tadi, untuk memahaminya sebaiknya anda memahami apa yang dimaksud dengan garis lurus terlebih dahulu. Garis lurus adalah kumpulan dari beberapa titik dengan jumlah yang tidak terhingga namun saling berdampingan. Garis lurus dinyatakan dalam beberapa bentuk persamaan.

Garis lurus dapat dinyatakan dalam beberapa persamaan. Misalnya saja untuk menyatakan persamaan tersebut anda dapat menggunakan y=-mx, y=mx, y=a, ax-by=-ab, ax+by=ab, x=a dan lain sebagainya. Setelah anda mengenal apa yang disebut dengan garis lurus, sekarang anda sudah dapat memasuki dua topik utama yang akan dibahas dalam artikel ini, berikut adalah penjelasan masing-masing topik tersebut.

 

Persamaan Garis Lurus dan Kegunaannya Sehari-hari

  1. Persamaan garis lurus

Bentuk paling umum dalam persamaan ini dinyatakan dalam bentuk persamaan y=mx+c dimana m adalah gradien, x sebagai variabel dan c sebagai konstanta.

  1. Gradien

Gradien menjadi salah satu bagian penting dalam persamaan ini karena gradien merupakan nilai yang akan menyatakan kemiringan suatu garis. Jadi secara umum, nilai sebuah gradien dari sebuah persamaan akan dinyatakan melalui perbandingan. Yang mana gradien akan disimbolkan sebagai huruf m. Untuk menentukan gradien garis lurus di bidang kartesius, akan dipengaruhi oleh arah kemiringan dari garis tersebut.

Baca Juga  Apakah Penting Mengetahui Rumus Volume Tabung?

Persamaan garis lurus tidak dipelajari begitu saja tanpa tahu manfaatnya, tidak hanya digunakan untuk mengerjakan soal-soal ujian saja karena sebenarnya ketika anda bekerja terutama jika anda bekerja dalam bidang di bawah ini, maka persamaan tersebut akan digunakan.

  • IT – Programer

Menjadi seorang programmer, mempelajari matematika adalah suatu hal yang wajib. Salah satu aplikasi yang membutuhkan persamaan tersebut adalah turbo pascal. Aplikasi ini banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dan banyak anda temui di bank, stasiun dan rumah sakit. Karena aplikasi ini digunakan untuk menjalankan nomer antrian. Setiap kali anda menekan tombol pada mesin antrian tersebut, anda akan mendapatkan nomer antrian yang baru.

  • IT – Game Developer

Bermain game sangat lah menyenangkan, karena game dapat membantu melepaskan penat dan stres dari pekerjaan di kantor. Padahal untuk membuat sebuah game dibutuhkan kerja keras, seorang game developer juga harus menguasai matematika dan harus mampu menerapkan berbagai rumus yang sudah ia pelajari termasuk persamaan garis tersebut. Maka tidak heran untuk membuat satu game dibutuhkan waktu yang sangat lama, karena salah perhitungan sedikit saja akan membuat game tidak berfungsi. Salah satu game yang dibuat dengan menggunakan persamaan ini berjudul “The Sims”. Seperti yang anda ketahui bahwa di The Sims anda dapat membuat rumah dan mendesain rumah anda sendiri. Persamaan tersebut akan digunakan untuk menentukan peletakan karakter, menempatkan obyek-obyek tertentu dan lain sebagainya.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1