2 Metode Dalam Mengerjakan Rumus Keliling Lingkaran

Untuk mengetahui rumus keliling lingkaran, anda harus mengetahui bilangan pengalinya. Bilangan pengali tersebut adalah 3,14159265358979323846….. Namun untuk mempermudahnya lebih banyak digunakan 3,14. Sehingga rumus dari keliling lingkaran adalah 3,14 x diameter. Akan tetapi angka pengali tersebut lebih sering disebut sebagai Pi/Phi dengan simbol π karena memang angka pengali ini akan selalu sama berapapun ukuran dari lingkaran tersebut.

Ada banyak sekali fungsi dari rumus keliling lingkaran, misalnya saja anda sedang membangun rumah dan sedang merancang taman yang berbentuk lingkaran. Untuk mengetahui berapa jumlah batu bata yang harus anda beli untuk membangun taman tersebut, anda pasti harus mengetahui keliling dari taman berbentuk lingkaran tersebut. Dengan menggunakan rumus, tentu akan lebih mudah untuk mengetahui jumlah batu bata yang harus anda beli.

Rumus tersebut tidak hanya digunakan di jaman sekarang, akan tetapi rumus tersebut sudah digunakan berabad-abad sebelumnya, terutama angka Phi. Untuk membangun sebuah piramida yang ada di Mesir, orang-orang jaman dahulu mengukur keliling piramida dan membagi dua hasil yang didapat tadi. Lalu hasil pengukuran akan dibagi lagi dengan angka Phi untuk menentukan tinggi dari piramida tersebut. Jadi apabila anda tertarik untuk membangun sebuah piramida, anda bisa menggunakan keliling tertentu, dan ketinggian dari piramida tersebut akan sama dengan setengah keliling yang anda ukur dibagi dengan Phi.

 

Rumus Keliling Lingkaran dengan Phi

Namun karena Phi lebih dekat dengan lingkaran maka Phi lebih sering ditemukan dalam rumus geometri dan juga rumus trigonometri yang menyangkut bola, lingkaran dan juga elips. Tidak hanya itu, Phi juga banyak digunakan dalam bidang-bidang lainnya seperti berikut ini:

  • Astronomi
  • Perhitungan algoritma
  • Statistika
  • Termodinamika
  • Fractal
  • Kosmologi
  • Mekanila
  • Elektromagnetisme
  • Teori bilangan
Baca Juga  Cara untuk Menentukan Rumus Percepatan dan Contohnya

Ada banyak metode dalam menggunakan rumus keliling lingkaran yang bisa anda gunakan, anda tinggal memilih salah satu metode yang paling mudah menurut anda. Karena memang matematika menjadi salah satu subyek pelajaran yang paling sulit dan tidak banyak disukai oleh siswa. Karena itulah mencari metode yang paling mudah menjadi sangat penting agar dapat lebih mudah dipahami.

 

Metode Menghitung Keliling Lingkaran

  • Metode 1

Metode pertama menggunakan diameter untuk membantu mengetahui keliling lingkaran. Rumusnya sangatlah sederhana, sama seperti rumus yang telah disebutkan di atas, yaitu:

Keliling= π x diameter, dengan nilai π sebesar 3,14.

Contoh:

Ada sebuah bak mandi berbentuk lingkaran dengan diameter sebesar 8 meter, lalu anda ingin membangun pagar yang nantinya akan berada di sekitar bak mandi tersebut sehingga menciptakan ruangan dengan lebar 6 meter.

Jawab:

Anda harus mengetahui diameter bak mandi dan pagar terlebih dahulu. Diameternya menjadi 8 meter + 6 meter + 6 meter = 20 meter.

Keliling = 20 meter x 3,14

Keliling = 62,8 meter

  • Metode 2

Metode kedua adalah mencari keliling lingkaran dengan menggunakan jari-jari atau yang lebih sering dituliskan dalam simbol “r”. Rumus untuk mencari keliling lingkaran menggunakan jari-jari adalah Keliling = 2 πr.

Contoh:

Anda akan memotong dekoratif kertas yang akan digunakan untuk membungkus pinggiran kue. Jari-jari kue tersebut adalah 10 cm. Berapakah kertas yang harus dipotong?

Jawab:

Keliling = 2 πr

Keliling = 2 x 3,14 x 10 cm

Keliling = 62,8 cm

Untuk mencari keliling lingkaran lebih mudah jika anda menghitungnya dengan menggunakan kalkulator karena di kalkulator sudah ada tombol π, jadi anda tidak perlu lagi memasukkan angka 3,14.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1