Cara Mudah untuk Mencari Rumus Keliling Persegi Panjang

Perlu untuk Anda ketahui bahwa keliling persegi panjang merupakan total dari penjumlahan semua sisi.  Dan persegi panjang sendiri diartikan sebagai sebuah segi empat atau geometri yang memiliki empat sisi. Untuk sebuah persegi panjang sendiri kedua sisinya memiliki sifat yang berlawanan yang artinya memiliki suatu ukuran yang sama.  Walaupun tak semua persegi panjang  merupakan suatu persegi , namun untuk semua persegi merupakan suatu persegi panjang serta gabungan yang terdiri dari beberapa persegi panjang.  Mungkin selama ini Anda kesulitan untuk menentukan sebuah rumus keliling persegi panjang yang hal ini perlu diketahui apabila ingin menentukan hasil dari  keliling persegi panjang.

 Apabila Anda ingin  mengetahui seperti apa rumus  keliling persegi panjang maka berikut yang bisa Anda ketahui :

Apabila Anda ingin menentukan sebuah keliling persegi panjang maka yang bisa Anda lakukan yaitu dengan mencari keliling menggunakan panjang serta lebar. Di sini Anda bisa menuliskan rumus dasar untuk mencari suatu keliling persegi panjang di mana rumus ini akan membantu Anda untuk menghitung suatu keliling persegi panjang dengan rumus dasarnya yaitu K = 2* (p + l).

 

Rumus Keliling Persegi Panjang

Carilah panjang serta lebar dari persegi panjang tersebut. Pada soal matematika dasar di sekolah, panjang serta lebar persegi panjang akan ditentukan dalam suatu soal dan nilai ini umumnya dituliskan pada sebuah bangun persegi panjang.  Apabila Anda ingin menghitung suatu keliling persegi panjang maka anda bisa menggunakan penggaris, pita, serta kayu untuk mencari suatu panjang serta lebar dari area yang ingin anda ukur.  Apabila Anda mengukur pada suatu tempat yang terbuka atau di luar ruangan maka Anda bisa mengukur semua Sisi untuk melihat apakah sisi-sisi yang berlawanan benar.  Seperti contoh p = 15 cm, I = 9 cm

Baca Juga  Momen Inersia: Pengertian, Rumus dan Contohnya

Selanjutnya yaitu dengan menjumlahkan panjang serta lebar nya. Setelah anda mengetahui seperti apa panjang serta lebarnya maka Anda bisa memasukkan nilai pada bagian p&id suatu persamaan keliling.  Ketika Anda menyelesaikan suatu persamaan keliling maka ada baiknya untuk Anda memperhatikan bahwa hal tersebut menurut sesuai dengan urutan operasi hitungan.  Dan Anda bisa menyelesaikan persamaan dengan menjumlahkan panjang serta lebar nya. Contoh : K = 2* (p+l) = 2* (14 + 8) = 2* (22)

Lalu kalikanlah hasil dari penjumlahan panjang serta lebarnya dengan 2. Bentuk perkalian ini dilakukan karena terdapat dua sisi persegi panjang yang masih ada. Dan ketika Anda menjumlahkan satu panjang serta lebar di situlah Anda akan menjumlahkan pada dua sisi bangun. dikarenakan adanya dua sisi pada keliling persegi panjang yang memiliki ukuran sama dengan sisi yang telah dijumlahkan maka Anda bisa melakukan perkalian pada hasil penjumlahan dua untuk mencari total penjumlahan dari keempat sisi tersebut.

Dan setelah itu silakan untuk Anda menjumlahkannya di mana Anda bisa langsung melakukan penjumlahan pada keempat sisinya langsung untuk mencari suatu keliling persegi panjang.  Apabila Anda tidak memahami apa itu konsep keliling maka ini merupakan tempat yang tepat untuk Anda memulainya.contoh : k + p + p + l + l = 14 +14 + 8 + 8 = 44 cm

Demikian cara untuk mencari rumus keliling persegi panjang yang telah diberikan yang tentunya hal ini bisa menambah pengetahuan Anda untuk mengetahui bagaimana caranya untuk menghitung suatu keliling persegi panjang.  Dengan Anda mengetahuinya maka hal ini bisa menambah info bagi Anda dalam perhitungan fisika.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1