Apa yang Anda ketahui tentang suhu? Bagaimana rumus konversi suhu dari celcius ke yang lain? Mengetahui tentang suhu memang terbilang sederhana karena suhu merupakan besaran fisika untuk menunjukkan zat panas yang bisa ditunjukkan dengan derajat. Namun, berbicara soal suhu memang akan sangat beragam lantaran suhu tidaklah memiliki satu satuan saja. Hal ini berbeda sekali jika membahas tentang daya listrik yang sudah jelas satuannya adalah watt atau misalnya membahas tentang hambatan yang jelas satuannya adalah Ohm. Sedangkan untuk satuan dari suhu memiliki empat jenis yaitu Celsius, Kelvin, Reamur, Fahrenheit.

Keempatnya sama-sama bisa digunakan dan memang memiki aturan tertentu. Adanya keempat jenis skala suhu ini disebabkan lantaran adanya perbedaan penelitian dan semua nama yang digunakan berasal dari nama penemunya. Keempatnya masing-masing bisa dikonversi menjadi skala suhu lainnya misalnya diketahui skala Celsius bisa dijadikan menjadi Fahrenheit, Reamur, dan bisa juga dikonversi menjadi Kelvin. Hal ini pun berlaku untuk ketiga macam skala suhu lainnya. Dari sanalah diketahui adanya Rumus konversi suhu. Sudahkah Anda mengetahuinya?

Beberapa Rumus konversi suhu bisa diketahui dengan sangat mudah. Jika Anda termasuk pelajar, maka bisa membuka buku materi Anda terutama buku fisika yang memiliki bahasan tentang suhu dan empat macam skalanya. Selain itu, jika Anda tidak memiliki buku materi pelajaran tentang suhu maka bisa dengan mudah mencarinya diinternet. Ya, pencarian diinternet tentu saja bisa dilakukan untuk berbagai macam hal termasuk untuk mencari rumus tentang konversi suhu. Namun jika Anda belum sempat melakukannya, tidak perlu khawatir karena di sini akan diberikan rangkumannya untuk Anda. Rangkuman tentang konversi suhu adalah sebagai berikut:

 

Rumus Konversi Suhu dari Celcius ke Satuan Lain

  • Dari Celsius

Dari Celsius dapat dijadikan reamur, kelvin dan juga Fahrenheit. Untuk menjadi Reamur, maka rumusnya R = (4/5) C. Untuk menjadi Kelvin, maka rumusnya adalah K = 23 + 273. Dan untuk menjadi Fahrenheit maka rumusnya F = (9/5) C + 32.

  • Dari skala suhu lainnya

Dari skala suhu lainnya masih bisa dilihat dari rumus yang diketahui untuk konversi suhu dari Celsius. Misalnya untuk menjadi Celsius dari Reamur maka rumusnya C = (5/4) R. Cara persamaan seperti ini berlaku untuk semua skala suhu sehingga dari skala suhu apapun bisa diubah menjadi skala suhu lainnya.

  • Menggunakan cara manual vs kalkulator suhu

Selain adanya rumus yang bisa digunakan, ada pula kalkulator suhu. Kalkulator seperti ini dibuat untuk mengubah atau mengkonversi suatu besaran suhu dari skala suhu tertentu menjadi skala suhu lainnya. Jika Anda ingin mendapatkan kalkulator suhu, maka bisa mencarinya diportal aplikasi ponsel pintar atau bisa juga mencari kalkulator suhu dari website online. Alat digital seperti akan mengubah suatu besaran suhu dengan cepat tanpa membuat Anda repot karena hanya tinggal memasukkan angka saja. Sehingga, tidak perlu lagi Anda bingung dan hanya tinggal melakukan pengaturan dan memasukkan angka pada kalkulator saja. Namun, cara ini hanya dapat digunakan di luar kepentingan pendidikan. Jika masih dalam lingkungan pendidikan dan pembelajaran, maka kalkulator seperti ini tentunya tidak bisa digunakan.

Itulah tadi ulasan lengkap tentang konversi suhu termasuk juga rumusnya. Dari ulasan yang telah dijelaskan tadi, tentunya tidak ada yang susah dipahami. Semua skala suhu bisa diubah menjadi skala suhu lainnya sesuai dengan kebutuhan atau sesuai dengan perintah soal yang Anda hadapi. Bahkan, bisa juga digunakan kalkulator suhu sehingga konversi suhu akan dilakukan secara otomatis tanpa perlu memikirkan Rumus konversi suhu.

UA-113975400-1