Rumus Trapesium untuk Mencari Keliling dan Luas Trapesium

Siapa yang tidak kenal dengan bentuk trapesium? Mungkin di sekitar kita sudah banyak benda-benda yang berbentuk trapesium. Lalu apa itu bentuk trapesium, trapesium adalah salah satu bentuk bangun datar dua dimensi yang memiliki empat buah sisi. Dua sisi diantaranya sejajar namun tidak memiliki panjang yang sama. Ingin tahu lebih detail dan jelasnya tentang rumus trapesium? Langsung saja simak beberapa sifat dari bidang datar trapesium di bawah ini, diantaranya adalah:

  1. Trapesium merupakan bangun datar dengan dua dimensi.
  2. Tergolong dengan jenis bangun datar segi empat.
  3. memiliki empat buah rusuk atau sisi yang mana dia diantaranya memiliki posisi yang sejajar.
  4. Memiliki satu simetri putar.
  5. Tidak memiliki simetri lipat kecuali pada trapesium sama kaki.

 

Jenis-Jenis Trapesium yang Kita Kenal

Ada tiga jenis trapesium yang ada dalam kehidupan kita sehari-hari. Diantaranya adalah trapesium sembarang yang tidak ada sisi yang sejajar, trapesium sama kaki, dan trapesium siku-siku. Trapesium tak beraturan memiliki ciri-ciri diantaranya memiliki sisi yang sejajar dan saling berhadapan dengan panjang yang tdak sama. Memiliki empat sudut yang memiliki ukuran yang tidak sama. Memiliki dua buah diagonal dengan panjang yang tidak sama.

Sedangkan trapesium siku-siku memiliki ciri-ciri yakni memiliki sisi yang sejajar dan saling berhadapan dengan panjang yang tdak sama. Memiliki dua sudut siku yang bedekatan, memiliki dua diagonal denga panjang yang berbeda. Serta trapesium sama kaki yang memiliki sisi yang sejajar dan saling berhadapan dengan panjang yang tdak sama. Memiliki dua buah sudut yang besar dan ukurannya sama, dan juga memiliki dua buah diagonal yag sama panjang.

Baca Juga  2 Metode Dalam Mengerjakan Rumus Keliling Lingkaran

Tidak hanya memiliki sifat-sifat yang sudah dijelaskan di atas, setiap bangun selalu memiliki luas dan kelililing. Sama halnya dengan bangun trapesium yang saat ini kita bahas. Untuk bisa menemukan nilai dari luas dan juga keliling pada trapesium tentunya juga ada rumus tersendiri. Jadi anda juga harus hafal rumus trapesium baik itu luas maupun keliling Lalu bagaimana rumus trapesium dan cara mengetahuinya? Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan serta penjelasannya di bawah ini:

Rumus Trapesium dan Penjelasannya

Karena sifat dari bangun trapesium adalah memiliki dia sisi rusuk yang sejajar. Maka pada umumnya luas trapesium adalah jumlah sisi yang sejajar ditambahkan terlebih dahulu. Kemudian dikalikan dengan tinggi trapesium itu sendiri, setelah itu dibagi dua.  Untuk keliling dari trapesium itu sendiri. Pada umumnya yakni hasil penjumlahan dari keempat sisi  atau rusuk dari trapsium itu sendiri. Keliling dari trapesium itu sendiri memang hampir sama dengan keliling persegi atau persegi panjang.  Untuk trapesium jenis trapesium sembarang, trapesium sama kaki, dan trapesium siku-siku memiliki rumus yang sama, yakni yang telah dijelaskan di atas.  Jadi apapun bentuk dari trapesium itu sendiri, selama dia memiliki sisi atau ruas yang sejajar, maka rumus trapesium yang digunakan adalah sama, yakni dengan menjumlahkan sisi atau ruas yang sejajar, kemudian dikali dengan tinggi, dan dibagi dua. Untuk kelilingnya pun juga sama yakni dengan menjumlahkan setiap ruas atau rusuk yang ada dalam trapesium.

Inilah sedikit ulasan dan penjelasan mengenai rumus trapesium baik itu keliling ataupun luas beserta dengan segala sifat-sifat dari bentuk bangun trapesium.  Bagaimana, dengan penjelasan di atas apakah anda merasa terbantu dan pengetahuan anda menjadi bertambah?  Semoga dengan adanya ulasan dan penjelasan di atas bisa bermanfaat untuk anda dalam memberikan ilmu pengetahuan dan juga informasi. Karena orang yang beruntung adalah orang yang selalu mendapatkan informasi dan pengetahuan yang selalu bertambah, walaupun itu hanya informasi yang sederhana saja. Semoga  bermanfaat J.

Baca Juga  Cara Mudah untuk Mencari Rumus Keliling Persegi Panjang

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1