Rumus Trigonometri dan Penjelasannya

Rumus Trigonometri merupakan salah satu rumus dalam matematika. Untuk anda yang sudah melalui jenjang pendidikan Sekolah Menengah Pertama atau SMP dan Sekolah Menengah Atas atau SMA tentunya sudah tidak asing lagi dengan istilah yang satu ini bukan. Tidak tahu pula bagi mereka yang lupa dan hilang begitu saja mengenai hal-hal yang berbau hitungan. Karena hampir semua siswa sangat anti dengan yang materi yang berbau hitungan yakni matematika.

Walaupun tidak semua siswa yang seperti itu. Masih banyak juga siswa yang suka dengan matematika atau mata pelajaran yang berbau dengan hitung menghitung.  Lalu apa sebenarnya trigonometri tersebut? Trigonometri merupakan salah satu rumus dalam matematika yang identic dengan segitiga. Rumus ini hampir sama dengan rumus geometri dalam matematika yang juga berhubungan dengan bentuk segitiga. Jadi jika kita berbicara mengenai rumus trigonometri, tentunya kita juga akan berbicara dan menyingung tentang geometri.

 

Rumus Trigonometri dalam Matematika

Bisa dikatakan bahwa kedua rumus tersebut saling berhubungan dan saling berpengaruh. Bahkan ada yang bilang bawah trigonometri adalah bagian dari geometri pula. Jadi jika anda sudah paham mengenai salah satu rumus antara trigonometri dan rumus geometri, berarti anda juga sudah paham mengenai kedua rumus tersebut. Jika and sudah paham mengenai rumus trigonometri, berarti anda sudah paham dengan rumus geometri atau anda tidak akan sulit untuk mempelajari rumus geometri.

Begitu juga sebaliknya, jika anda sudah paham mengenai  rumus geometri, berarti anda juga sudah paham mengenai rumus trigonometri dan anda tidak akan kesulitan untuk mempelajarinya. Namun jika anda tidak paham mengenai slaah satu rumus tersebut, anda tidak perlu khawatir dan sedih. Karrena artikel ini akan memberikan ulasan beserta penjelasannya untuk anda. Daripada penasaran, langsung saja simak ulasan dan penjelasannya mengenai rumus trigonometri di bawah ini.

Baca Juga  Persamaan Garis Lurus dan Manfaatnya dalam Kehidupan

Sebelum Anda mempelajari lebih dalam mengenai rumus yang digunakan, alangkah lebih baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu konsep dari rumus trigonometri, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Adanya segitiga siku-siku
  2. Adanya sisi-sisi yang bersesuaian pada dua bangun yang memiliki perbandingan yang sama
  3. Masing-masing sudut pada dua segitiga memiliki besar yang sama pasti sebangun
  4. Terdapat rumus sin, cos, dan tangen

 

Penjelasan Rumus Trigonometri

Dari keempat poin di atas mungkin sudah jelas. Namun perlu ditambahkan dari poin yang keempat bahwa rumus sin, cos, ataupun tangen ini biasanya ada disuruh mencari jawaban apakah sesuai dnegan rumus sin, ataukah cos, ataukah tangen. Jika mencari sin A misalnya anda bisa menggunakan rumus a dibagi degan c. Jika anda mencari rumus cos A maka anda bisa menggunakan rumus b dibagi dengan c. Sedangkan jika anda mencari tangen A maka anda bisa menggunakan rumus sin A dibagi dengan cos A atau bisa juga b dibagi dengan b.  Tidak hanya itu saja, masih ada rumus yang lainnya yang bisa anda guakan untuk menemukan jawaban dari trigonometri. Nmaun pada dasarnya rumus fungsi dari trigonometri adalah yang sudah dijelaskan di atas.

 

Inilah sedikit ulasan dan penjelasan mengenai rumus trigonometri dalam mata pelajaran matematika. Bagaimana, sudah paham bukan? Apakah anda masih pusing dengan berbagai rumus di atas. Ingat itu hanya dasarnya saja ya. Masih banyak rumus-rumus turunan yang lain yang apabila dijelaskan sekalian membuat anda tambah pusing. Jadi alangkah lebih baiknya jika anda menguasai rumus fungsi dasar dari trigonometri tersebut. Anda bisa menggambar segitiga terlebih dahulu untuk lebih bisa memahaminya, Selamat mencoba dan semoga bermanfaat J.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1