Memahami Konsep Bilangan Bulat

Pastinya istilah bilangan bulat bukan merupakan salah satu jenis bilangan yang asing untuk anda. Hanya saja tak jarang dari anda yang lupa apa itu bilangan jenis bulat atau bahkan tidak menyadari bahwa angka atau bilangan yang sedang anda saksikan merupakan jenis bilangan ini. oleh karena itu tak ada salahnya jika kini anda memahami secara lebih dalam apa itu bilangan jenis bulat sehingga pemahaman anda bisa lebih bertambah.

Lalu apa itu bilangan bulat? Sebagai salah satu jenis bilangan, tentu saja jenis bilangan ini memiliki ciri khas dan karakteristik masing-masing. Akan tetapi sebelumnya pastikan anda mengetahui terlebih dahulu definisi dari bilangan jenis bulat. Bilangan jenis bulat adalah jenis bilangan dari himpunan bilangan asli, bilangan yang bernilai negatif, dan juga bilangan 0 (nol). Bilangan jenis ini merupakan bilangan yang selalu merupakan bentuk asli dan tidak pernah berupa bilangan pecahan maupun bilangan desimal bahkan bilangan persentase. Bilangan bulat sendiri juga hanya bisa berupa bilangan cacah.

Umumnya bilangan bulat ini dibuat dengan simbil Z sebagai lambangnya. Huruf Z ini berasal dari kata Zahlen yang merupakan bahasa Jerman yang artinya bilangan. Himpunan bulat sebenarnya merupakan himpunan tertutup yang beroperasi dalam penambahan dan juga dalam perkalian. Berbeda dengan bilangan asli, himpunan bilangan bulat ini tertutup pula dari operasi pengurangan. Sedangkan hasil dari pembagian dua bilangan bulat belum tentu akan menghasilkan bilangan bulat karena himpunan bilangan bulat tidak tertutup dibawah pembagian.

 

Bilangan Bulat dan Beberapa Sifatnya

Dalam bilangan bulat juga terdapat beberapa sifat yang tidak boleh anda tinggalkan untuk diketahui, diantaranya ialah sebagai berikut ini:

  • Ketertutupan, yaitu a + b untuk operasi penambahan dan a x b untuk operasi perkalian
  • Asosiatif, yaitu a + (b + c) = (a + b) + c untuk operasi penambahan dan a x (b x c) = (a x b) x c untuk operasi perkalian
  • Komutatif, yaitu a + b = B + a untuk operasi penambahan dan a x b = b x a untuk operasi perkalian
  • Eksistensi unsur identitas, yaitu a + 0 = a dalam operasi penambahan dan juga a x 1 = a untuk operasi perkalian
  • Eksistensi unsur univers. Pada eksistensi ini hanya berlaku operasi penambahan saja yaitu a + (a) hasilnya adalah 0 (nol)
  • Distributif, yaitu a x (b + c) = (a x b) + (a x c) pada sistem ini terdapat dua cara yang sama untuk setiap sifat yang ada
  • Tidak ada pembagi 0 (nol). Sifat ini hanya berlaku pada operasi perkalian dimana a x b hasilnya adalah 0 atau nol. Maka dapat diketahui bahwa a = 0 dan juga b = 0
Baca Juga  Mikrometer Sekrup: Jenis, Bagian serta Fungsinya yang Perlu Anda Ketahui

Bilangan jenis bulat sendiri juga memiliki manfaat atau kegunaan untuk pascal. Bilangan bulat yang juga dikenal dengan sebutan integer merupakan data dasar dalam bahasa pemrograman pascal. Sehingga bisa dipastikan bahwa sejatinya bilangan integer atau bilangan jenis bulat ini begitu bermanfaat untuk masyarakat.

Itulah berbagai definisi secara lengkap mengenai bilangan bulat sekaligus juga informasi mengenai berbagai sifat didalam bilangan jenis bulat. Tentunya dengan informasi ini harapannya anda akan mampu lebih memahami mengenai bilangan jenis bulat. Dan harapannya juga akan membantu anda untuk memahami materi selanjutnya. Jadi segera ikuti penjelasan materi selanjutnya sekarang juga.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1