Bilangan Cacah dan Operasinya

Tahukah kamu apa itu bilangan cacah? Bilangan jenis cacah adalah jenis bilangan yang juga sudah sering ditemui di kehidupan kita. Hanya saja ada kalanya masyarakat tidak mengetahui bahwa jenis bilangan tersebut termasuk sebagai bilangan jenis cacah. Oleh karena itu penting jika kemudian Anda mencari tahu lebih dalam mengenai bilangan jenis cacah ini dan juga berbagai contohnya sehingga anda bisa lebih mudah untuk memahami sekaligus lebih mudah untuk mengingat apa itu bilangan jenis cacah.

Mungkin sebenarnya anda sudah beberapa kali mendengar istilah bilangan cacah ini. Hanya saja ada kalanya anda tidak terlalu memperhatikan apa itu bilangan jenis cacah. Sehingga anda cukup sulit untuk mengingat apa itu bilangan jenis cacah. Maka mari simak informasi mengenai definisi bilangan jenis cacah. Bilangan jenis cacah merupakan jenis bilangan yang dimulai dari angka 0 (nol) dan selalu bertambah 1 (satu) dengan bilangan setelahnya ataupun himpunan bilangan bulat yang bukan merupakan bilangan negatif. Bilangan ini juga bisa disebut sebagai bilangan asli yang ditambahkan dengan angka 0 (nol).

 

Bilangan Cacah dan Operasinya

Lalu berapa sajakah contoh bilangan jenis cacah? Diantaranya ialah 0 (nol), 1 (satu), 2 (dua), 3 (tiga), 4 (empat), 5 (lima), dan seterusnya. Jadi semua bilangan yang tidak bernilai negatif merupakan kelompok dari bilangan jenis cacah. Lalu bagaimana dengan operasi dari bilangan jenis cacah? Ada beberapa operasi pada bilangan ini yang juga perlu anda ketahui dengan baik.

  • Operasi penjumlahan

Operasi penjumlahan ini terdapat beberapa ketentuan yang berlaku.

  1. Contohnya ialah 1 + 2 = 2 + 1
  2. Contohnya ialah (1 + 2 ) + 3 = 1 + (2 + 3)
  3. Unsur identitas pada operasi ini adalah angka 0 (nol)
  4. Operasi penjumlahan ini merupakan jenis operasi tertutup, yaitu operasi penjumlahan dua bilangan jenis cacah yang akan menghasilkan bilangan jenis cacah pula sebagai hasilnya.
  • Operasi pengurangan
Baca Juga  Pengertian Bilangan Biner yang Harus Dipahami

Pada operasi ini berlaku ketentuan kebalikan dari operasi penjumlahan. Dimana pengurangan x – y = z sama artinya dengan x = y + z dimana sifatnya ini akan sama dengan operasi penjumlahan.

 

Operasi Perkalian dan Pembagian Bilangan Cacah

  • Operasi perkalian

Perkalian merupakan penjumalahan bilangan jenis cacah yang sama secara berulang-ulang sesuai dengan kebutuhannya. Contohnya 3 x 5 sama artinya dengan 3 + 3 + 3 + 3 + 3 atau angka 3 (tiga) yang dijumlahkan dengan angka 3 (tiga) itu sendiri sebanyak 5 (lima) kali. Dalam perkalian bilangan jenis cacah juga berlaku ketentuan atau sifat sebagai berikut ini:

  1. Komutatif, yaitu axb = bxa
  2. Asosiatif, yaitu (axb)xc = ax(bxc)
  3. Distributif, yaitu ax(b+c) = (axb) + (axc)
  4. Unsur identitias pada operasi perkalian ini adalah angka 1 (satu), dimana ax1 = a
  • Operasi pembagian

Pada operasi pembagian ini, merupakan kebalikan dari operasi perkalian bilangan jenis cacah. Dimana a:b = c maka sama dengan bxc = a. jika operasi pembagian bilangan dilakukan dengan angka 0 (nol) maka akan mendapatkan hasil tidak didefinisikan. Sedangkan jika angka 0 (nol) dibagi dengan bilangan jenis cacah lainnya akan mendapatkan hasil yaitu 0 (nol).

Itulah informasi dan juga wawasan secara cukup detail mengenai bilangan cacah sekaligus juga mengenai operasi bilangan jenis cacah. Harapannya informasi ini mampu memberikan tambahan wawasan untuk anda. Jadi selamat mengerjakan dan semoga bermanfaat.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1