Bilangan Real Dalam Matematika

Ada banyak jenis bilangan yang ada salah satunya adalah bilangan real. Bilangan jenis real ini juga kerap kali dikenal dengan sebutan bilangan riil. Lalu apa itu bilangan riil? Maka untuk mengetahui secara lebih jelas dan juga lebih detail, anda bisa menyimak informasi secara lengkap disini.

Bilangan riil atau real adalah salah satu jenisa bilangan yang ada dalam perhitungan matematika. Dimana bilangan real atau riil ini merupakan sebuah kelompok bilangan yang dituliskan dalam bentuk desimal. Dimana angka dalam bentuk desimal ini dicirikan dengan adanya tanda , (koma) diantara angka tertentu. Sebagai contoh bilangan desimal adalah 0,987 atau 34,98790 dan lain sebagainya.

Bilangan riil sendiri terbagi dalam dua jenis atau dua kelompok, yaitu bilangan rasional dan juga bilangan irrasional. Maka untuk menambah jelas informasi dan juga pengetahuan anda, berikut ini adalah penjelasan secara lebih lengkap mengenai bilangan rasional dan juga bilangan irrasional. Jika anda masih bingung dan juga belum bisa memahami perbedaan dari dua jenis bilangan tersebut, maka sebagai contoh bilangan rasional ialah angka 35 dan contoh bilangan irrasional ialah seperti √64 dan lain sebagainya.

Bilangan riil sendiri umumnya dilambangkan dengan huruf R. Selain itu, bilangan riil ini juga memiliki beberapa sifat yang sebaiknya anda pahami dengan baik. Berikut ini adalah sifat-sifat dari bilangan riil, diantaranya ialah sebagai berikut ini:

 

Bilangan Real Beserta Sifat-Sifatnya

  • Aksioma medan

Aksioma medan merupakan salah satu sifat dari bilangan riil. Bilangan riil termasuk dengan operasi perkalian maupun operasi penjumlahan akan memenuhi aksioma berikut ini. Dimisalkan saja a, b, c merupakan anggota dari himpunan bilangan riil R, maka berikut ini beberapa aksioma yang akan berlaku

  1. Hukum aksioma 1 atau hukum komutatif
  2. Hukum aksioma 2 atau hukum asosiatif
  3. Hukum aksioma 3 atau hukum distributif
  4. Hukum aksioma 4 atau dikenal dengan sebutan eksistensi identitas
  5. Hukum aksioma 5 atau dikenal dengan sebutan eksistensi netif atau invers terhadap operasi penjumlahan
  6. Hukum aksioma 6 atau dikenal pula dengan nama eksistensi resiprokal atau juga dikenal dengan sebutan invers terhadap operasi perkalian
  • Aksioma Urutan
Baca Juga  Bilangan Cacah dan Operasinya

Pada aksioma ini anda akan diajak untuk mengasumsikan himpunan R+ yang juga dikenal dengan sebutan sebagai bilangan positif bagian dari himpunan bagian dari R. misalnkan saja x dan juga Y adalah anggota dari R+ atau aksioma urutan ini, maka berikut ini adalah beberapa ketentuan aksioma yang berlaku

  1. Hukum aksioma 7 merupakan aksioma yang beranggotakan R+
  2. Hukum aksioma 8. Pada aksioma ini berlaku setiap x yang tidak sama dengan angka 0 (nol) maka X adalah anggota dari R+ sedangkan –X adalah anggota dari R+. hanya saja sangat tidak mungkin jika keguanya muncul sekaligus
  3. Hukum aksioma 9. Pada hukum aksioma ini berlaku 0 (nol) bukan merupakan anggota dari R+
  • Aksioma kelengkapan

Pada aksioma ini berlaku satu hukum aksioma yaitu hkum aksioma 10. Dimana pada hukum aksioma ini, setiap dari himpunan bilangan riil S yang mempunyai batasan terdapat supremum maka akan menjadi riil B sehingga B=sup (S). supremum sendiri yaitu adanya suatu bilangan riil B.

Itulah informasi mengenai bilangan real yang juga perlu anda ketahui. Sehingga dengan informasi ini harapannya anda akan mampu memahami secara lebih baik mengenai materi bilangan jenis riil ini. selain itu anda juga bisa lebih memahami kegunaannya setelah mengetahui berbagai sifat-sifat didalamnya.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1