Langkah Jitu Untuk Bisnis Pertanian Organik – Seperti yang telah Anda ketahui bahwa Indonesia adalah sebuah negara agraris yang mana didukung dengan wilayahnya yang sangat luas dengan kondisi tanah yang subur. Selain itu wilayah Indonesia yang berada di daerah ekuator membuat negara ini memiliki iklim yang tropis di mana matahari selalu bersinar sepanjang tahun, hal ini tentu saja membuat kondisi tanah dan iklim di Indonesia sangat sesuai untuk pertanian. Apabila Anda adalah seorang yang jeli, tentu saja Anda tidak akan menyia – nyiakan kesempatan tersebut.

Agrobisnis atau bisnis di bidang pertanian memang sangat sesuai untuk dilakukan di Indonesia, namun perlu Anda ketahui bahwa agrobisnis sendiri sangatlah banyak macamnya. Salah satu jenis agrobisnis yang bisa Anda pilih adalah bisnis pertanian organik yang mana bisnis ini mulai dilirik oleh masyarakat karena memiliki peluang yang sangat besar. Saat ini semakin banyak orang yang mulai sadar akan pentingnya arti kesehatan, bagi Anda yang tertarik pada bisnis ini, maka pada kesempatan kali ini akan kami ulas beberapa langkah jitu dalam bisnis pertanian organik.

 

Langkah Jitu Untuk Bisnis Pertanian Organik

  1. Persiapan Lahan

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk memulai bisnis pertanian organik adalah persiapan lahan, perlu Anda ketahui bahwa lahan yang akan digunakan untuk pertanian organik haruslah terbebas dari residu pupuk dan juga obat kimia sintetis, proses yang dibutuhkan untuk mengkonversi lahan dari pertanian konvensional ke pertanian organik memakan waktu paling tidak selama satu tahun.

  1. Perhatikan Kondisi Pengairan

Setelah mempersiapkan lahan yang akan digunakan, maka langkah yang kedua adalah memperhatikan kondisi pengairan untuk pertanian organik. Anda harus memastikan bahwa konsisi air yang digunakan untuk mengairi lahan pertanian organik telah terbebas dari kandungan bahan – bahan kimia yang berbahaya di mana akan bisa mencemari lahan dan juga tanaman yang Anda budidayakan.

  1. Gunakan Pupuk Organik

Pupuk juga menjadi hal yang sangat perlu Anda perhatikan pada bisnis pertanian organik sebab tentu saja jika Anda menggunakan pupuk kimia sintetis maka bisnis pertanian yang Anda miliki tidak bisa disebut sebagai pertanian organik. Anda harus menggunakan berbagai macam pupuk alami yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya yang akan bisa mencemari lahan dan tanaman.

  1. Pengendalian Hama dan Penyakit

Salah satu hal yang tidak bisa Anda hindari dalam bisnis pertanian adalah hama dan penyakit yang menyerang tanaman, oleh karena itu Anda harus bisa mengendalikan hama dan penyakit tersebut. Namun di dalam bisnis pertanian organik ini, Anda tidak boleh menggunakan pestisida yang mengandung bahan kimia berbahaya. Anda bisa memanfaatkan predator alami untuk bisa mengendalikan jumlah hama.

  1. Penanganan Pasca Panen

Hal penting lainnya yang juga harus Anda perhatikan dalam menjalankan bisnis pertanian organik adalah penanganan pasca panen, pada umumnya buah – buahan atau sayuran yang telah Anda panen akan dicuci terlebih dahulu agar bersih dari tanah dan kotoran yang menempel. Anda harus memperhatikan air yang digunakan untuk membersihkan, gunakanlah air yang terbebas dari berbagai bahan kimia berbahaya.

Apabila Anda ingin menjalankan bisnis pertanian organik, maka Anda bisa melakukan beberapa langkah jitu yang telah diulas di atas.

UA-113975400-1