Cara Mempercantik Blog untuk Para Pemula

Bagi seorang master, mempercantik blog bukanlah suatu hal yang sulit karena bagian itu sudah merupakan suatu hal penting dalam sebuah blog. Namun, bagi seorang pemula hal itu merupakan suatu tantangan karena untuk membuat blog yang indah karena membutuhkan keahlian yang lebih. Untuk itu, berikut ini ada tips-tips simpel cara mempercantik blog yang bisa Anda perhatikan.

Baca Juga Cara Membuat Blog di Blogger untuk Pemula

Ada beberapa hal yang perlu diketahui untuk para pemula dalam mempercantik blog agar tampilannya

 

Cara Mempercantik Tampilan Blog dengan Pemilihan Template

Pemilihan template ini merupakan pilihan pertama cara mempercantik blog. Template bagus disini adalah carilah template yang sesuai dengan isi cerita yang Anda buat karena template juga bisa menjadi sebuah pendukung agar blog tersebut terlihat dari cantik. Ada beberapa web yang menyediakan template secara gratis ataupun berbayar bergantung dengan komposisi warna dari template itu. Setelah Anda membuat template yang sesuai, mulailah dengan merubah style warna atau tulisan. Ada beberapa penyedia layanan yang menyediakan edit style dan sebagian tidak menyediakan layanan itu. Sehingga dalam sebuah browser terdapat istilah inspect elemen atau inspeksi elemen kode dalam suatu web. Di situ Anda bisa melihat kode-kode html dan bisa menyesuaikan sesuai yang anda suka.

Jika Anda pengguna wordpress selfhosted dan ingin menggunakan theme premium superfast dari Kentooz seperti yang saya gunakan bisa saya installkan hanya dengan $2 per blog. Namun, bila Anda ingin membeli langsung untuk bisa digunakan di semua blog Anda bisa klik http://www.superfast.antonwidawan.com/

Baca Juga  Cara Membuat Favicon Berikut Hal-hal Penting Lainnya

 

Cara Mempercantik Blog dengan Widget

Dalam teknik  cara mempercantik blog, perhatikan widget yang ingin anda masukkan. Widget berfungsi sebagai penunjuk atau hiasan yang bisa membantu para pengguna dalam melihat blog kita. Biasanya widget yang ditambahkan disini berupa jam atau fitur bagikan ke beberapa media sosial. Namun, ada kesalahan fatal yang biasa dialami oleh pemula, yaitu terlalu banyak penempatan widget di blog. Efek dari banyaknya widget adalah internet yang digunakan menjadi sangat lambat. Tidak hanya itu, mesin pencari juga akan memasukkan daftar blog kita sebagai blog yang tidak penting karena mesin pencari tidak suka dengan suatu layanan yang lambat. Gunakan widget yang bermanfaat seperti Archive blog atau jam untuk memudahkan pembaca dalam mencari artikel atau ingin melihat jam.

 

Perhatikan Jarak Spasi dan Font pada Blog

Jarak spasi antar baris dan pemilihan merupakan hal penting dalam mempercantik blog. Untuk template yang satu paket dengan font untuk huruf, Anda tidak perlu memperhatikan itu karena sudah menjadi satu paket dengan font. Namun, bagaimanakah dengan template yang tidak menyediakan font? Untuk meminimalisir hal itu, ada baiknya untuk mencari font yang sesuai dengan tema dan isi artikel yang dibuat.  Untuk penentuan font, biasanya font yang digunakan berupa times new roman karena font tersebut merupakan font yang netral. Sebaiknya dalam pemilihan font jangan menggunakan dengan warna hitam yang terlalu mencolok. Akibatnya, template yang anda pilih atau buat akan tidak seimbang dengan font yang dipasang di blog tersebut.

 

Pemilihan Platform yang Sesuai Kebutuhan

Cara mempercantik blog yang terakhir adalah pemilihan platform, ada dua tipe yang bisa Anda pertimbangkan dalam membuat ini, yaitu Hosted dan Self hosted. Lalu apakah yang membedakan kedua hal itu? Layanan hosted memberikan fasilitas seperti gratis biaya bulanan, namun fitur dan template yang terbatas, bila blog yang Anda gunakan melanggar hukum maka bisa dihapus dalam penyedia tersebut, dan terakhir adalah penamaan web yang terbatas.

Baca Juga  Cara Membuat Email dan Mengirimkan Email Resmi

Kemudian untuk self hosted memberikan pelayanan seperti biaya per bulan, bebas dalam pemilihan template dan fitur, kepemilikan web dengan 100% milik pengguna. Kedua tipe tersebut harus dipertimbangkan sesuai dengan kebutuhan, jadi dengan begitu akan lebih baik fitur self hosted digunakan untuk keperluan bisnis.

 

Itulah cara mempercantik blog bagi para pemula. Sebenarnya, untuk mempercantik blog tersebut tidaklah sulit, ada beberapa jasa penyedia blog yang pengaturan untuk membuat template sangat mudah. Penilaian orang dari sebuah blog tidak hanya tampilannya saja, namun penilaian artikel dan kecocokan artikel supaya artikel tersebut bisa seimbang dan nyaman untuk dibaca.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1