Cara Mendesain Blog agar Lebih Menarik

Seiring dengan semakin banyaknya cerita orang yang mendapatkan penghasilan dari blog, semakin banyak pula orang yang kemudian berlomba-lomba menciptakan blog. Sayangnya, sebagian besar orang yang awam dengan teknologi kurang mengerti bagaimana cara mendesain blog yang mereka buat. Hal ini penting untuk menunjang tampilan blog agar sedap dipandang. Namun tidak mengganggu kecepatan blog saat diakses. Biasanya tampilan yang berlebihan akan menyebabkan blog menjadi berat dan lambat. Blog yang seperti ini tidak akan mendapat tempat yang layak di mata mesin pencari. Sehingga akan susah bersaing dengan blog-blog kompetitor yang tentunya semakin hari akan semakin banyak.

Di satu sisi kita membutuhkan blog yang sedap dipandang mata. Tetapi di sisi lain kita juga membutuhkan blog yang simple dan ringan sehingga cepat di akses. Untuk itu kita membutuhkan kejelian dalam mendesain tampilan blog ini agar mendapatkan tampilan yang memukau namun ringan saat diakses. Berikut ini ada beberapa info seputar tips dan cara mendesain blog yang bisa Anda simak.

 

Cara Mendesain Blog Serta Tipsnya untuk Pemula

Para pemula yang mengalami kesulitan ketika harus mendesain blog sesuai dengan yang mereka inginkan pada akhirnya hanya bisa membuat desain blog sesuai dengan tampilan standar blog. Untuk mengatasi masalah ini, ada beberapa cara mendesain blog yang penting untuk disimak, terlebih lagi oleh para pemula. Berikut uraiannya.

 

  1. Mengatur template yang sesuai

Cara mendesain blog yang pertama harus Anda praktekkan adalah mengatur template. Sampai saat ini, ada banyak template dapat didownload di internet. Anda bisa memilih jenis template yang sesuai dengan konten blog Anda nantinya. Sebagai contoh, jika konten dari blog Anda nantinya adalah seputar pengalaman traveling, Anda bisa memilih jenis template Travelling Logbook. Agar tampilan blog lebih menarik, Anda perlu meng-edit template sesuai dengan selera Anda.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Uang Dari Youtube Bagi Pemula

Anda bisa mengganti beberapa sisi dari template seperti menambahkan gambar sendiri pada bagian header. Untuk peng-edit-an foto, Anda juga bisa menggunakan bantuan aplikasi photoshop atau lainnya. Setelah fix, Anda bisa melihat preview tampilan yang Anda buat. Jika sudah mantap, Anda bisa men-save pengaturan tadi sementara jika tidak Anda bisa membatalkan dengan tidak meng-klik save.

Untuk Anda yang menggunakan platform wordpress untuk website atau blog dan sedang mencari tema atau template gratis yang responsif dan menarik maka anda dapat mengunjungi artikel tema wordpress hostinger.co.id ini. Ada lebih dari 30 tema wordpress gratis dan terbaik yang bisa anda pilih mulai dari tema toko online, bisnis, fotografi, dan berita.

 

  1. Menggunakan warna-warna kontras

Salah satu cara mendesain blog agar menarik adalah dengan mengatur penggunaan warna. Anda bisa memilih kombinasi warna-warna kontras untuk memperindah tampilan blog Anda. Yang perlu Anda perhatikan adalah warna font dengan warna background. Sebaiknya Anda menghindari kombinasi warna tajam seperti hijau pupus dengan putih. Sebaiknya Anda menggunakan warna-warna seperti biru laut, abu-abu, dan lainnya sebagai warna primer.

 

Menambahkan Widget dan Pemilihan Font yang Sesuai

  1. Menambahkan widget

Cara mendesain blog agar tampak menarik juga dapat dilakukan dengan menambahkan widget tertentu. Anda juga harus ingat bahwa widget yang berlebihan dapat menyebabkan proses loading website menjadi lambat. Akan lebih baik jika widget yang digunakan sedikit  karena dengan begitu akses ke alamat blog menjadi lebih cepat. Anda tidak perlu menambahkan widget seperti jam dan musik karena kedua media ini telah ada di perangkat laptop atau pc masing-masing orang.

 

  1. Menentukan font yang nyaman di mata pembaca
Baca Juga  Cara Buat Iklan di Blog, Hemat dan Praktis

Pada versi blog yang terbaru, para blogger juga dapat memilih jenis font yang digunakan. Menggunakan font yang rumit memang bagus, namun hal ini tidak akan ada manfaatnya jika pembaca tidak bisa membaca tulisan dengan font rumit yang Anda pilih. Jadi, jika untuk isi tulisan atau artikel, lebih baik Anda menggunakan font standar yang mudah dibaca. Selain jenis font, Anda juga bisa mengatur ukuran font.

 

  1. Mengikuti pengaturan blog

Selain memperindah dengan warna, jenis font, maupun tema, satu hal yang tidak boleh Anda lupakan adalah pilihan menu pada blog. Sekreatif apapun sebuah fitur blog, jika pengunjung blog tidak terbiasa dengan fitur dasar blog maka blog tersebut justru menjadi terlihat membingungkan. Jadi desain blog yang sedemikian rupa harus tetap mengimbangi kenyamanan pengunjung blog. Sebagai contoh, untuk menu blog, Anda harus tetap menyertakan fitur-fitur seperti header, sidebars, subscription option, search bar, dan author attribution.

 

Demikian beberapa cara mendesain blog yang bisa Anda praktekkan pada blog Anda agar tampak menarik. Semoga bermanfaat.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1