Cara Menghasilkan Uang dari Blog yang Bisa Dilakukan

Saat ini, uang dapat dihasilkan dari berbagai macam sektor, termasuk dari blog. Jika Anda kebetulan memiliki hobi menulis di blog, Anda bisa memanfaatkan blog Anda untuk menghasilkan uang. Meskipun pada awalnya langkah ini tidak mudah, namun tidak ada salahnya untuk dicoba. Berikut ini beberapa hal penting terkait cara menghasilkan uang dari blog.

Baca Juga Cara Mempercantik Blog untuk Para Pemula

 

Cara Menghasilkan Uang dari Blog yang Perlu Dipahami dengan Baik

Ada 5 langkah dasar yang harus Anda terapkan sebelum mencoba beberapa cara menghasilkan uang dari blog. Kelima langkah tersebut meliputi pembuatan blog, menciptakan konten blog, menemukan pembaca, dan meng-uangkan blog. Untuk mendapatkan penghasilan dari blog, ada beberapa metode yang bisa Anda tempuh yang antara lain sebagai berikut.

 

Menyewakan Ruang Iklan

Cara menghasilkan uang dari blog yang pertama adalah dengan cara menyewakan ruang iklan pada halaman blog yang Anda kelola. Untuk metode ini, ada 2 macam jalur yang bisa Anda tempuh. Pertama, Anda mengikuti program PPC (Pay per Click). Salah satu program PPC yang populer adalah Google Adsense. Poin penting dari metode ini adalah Anda harus memiliki trafik atau pengunjung blog yang lumayan banyak karena di Indonesia, uang yang dihasilkan dalam sekali klik hanya seribu rupiah.

 

Jalur lain yang bisa Anda tempuh jika tidak melalui PPC adalah mencari pengiklan sendiri. Keuntungan dari cara ini adalah uang yang bisa Anda hasilkan lebih banyak dibanding mengikuti program PPC. Sayangnya, mencari badan usaha yang mau mengiklankan produk/jasa di blog Anda bukanlah hal yang mudah.

Baca Juga  Cara Membuat Menu di Blog yang Mudah Dilakukan

 

Mempromosikan Produk Orang Lain

Cara lain mendapatkan penghasilan dari blog adalah menawarkan produk orang lain kepada pengunjung blog Anda. Cara ini juga dapat ditempuh dengan beberapa metode seperti program afiliasi dan drop shipping. Program afiliasi merupakan program dimana Anda menawarkan produk atau jasa orang lain kepada pengunjung blog Anda. Jadi, Anda akan mendapatkan uang dari jumlah pengunjung yang membeli barang/jasa yang Anda tawarkan.

 

Keuntungan mengikuti program ini adalah Anda hanya perlu membuat review produk/jasa tertentu tanpa harus repot-repot membuat produk/jasa. Anda juga dapat menampilkan banner produk/jasa di halaman blog Anda. Sayangnya, program ini juga memiliki kelemahan dimana komisi dibayarkan dalam jangka waktu tertentu sesuai ketentuan penyedia afiliasi.

 

Anda juga dapat mencoba cara menghasilkan uang dari blog lainnya yaitu drop shipping. Yang membedakan drop shipping dengan afiliasi adalah Anda lebih leluasa menjualkan produk orang lain karena pembeli membeli produk orang lain pada Anda. Jadi, pembeli yang ingin membeli produk akan mentransfer biaya produk kepada Anda, lalu Anda akan mengirim uang kepada produsen, dan produsen akan mengirim barang yang dipesan ke alamat pembeli. Dengan demikian, Anda bisa langsung mengambil komisi Anda.

 

Cara Menghasilkan Uang dari Blog dengan Menjual Barang dan Jasa Sendiri

Cara lain untuk mendapat penghasilan dari blog adalah dengan menjual barang/ jasa Anda sendiri. Anda bisa memasarkan produk-produk seperti pakaian, make up, makanan, aksesoris, gadget, software, dan sebagainya. Apabila Anda tidak ingin memasarkan produk barang tertentu, Anda bisa menawarkan keterampilan Anda. Beberapa blog menawarkan jasa pembuatan desain grafis, jasa penerjemahan, jasa SEO, dan sebagainya.

 

Keuntungan dari cara ini adalah jumlah uang yang Anda hasilkan jauh lebih banyak dibandingkan cara seperti PPC. Demikian beberapa cara menghasilkan uang dari blog yang bisa Anda coba terapkan. Yang perlu Anda ingat adalah bahwa menghasilkan uang dari blog tidak dapat dilakukan dalam waktu singkat.

Baca Juga  Cara Mempercepat Koneksi Internet Tanpa Ribet

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1