Makalah Pancasila sebagai Sistem Filsafat

Makalah bagi mahasiswa adalah tugas yang sering dan menjadi santapan wajib. Bahkan setiap mata kuliah mengharuskan mahasiswa untuk membuat makalah perkelompok. Salah satu mata kuliah yang pasti ada bagi perkuliahan adalah Filsafat. Salah satu tugas mahasiswa adalah pembuatan makalah pancasila sebagai sistem filsafat. Isi dari makalah tersebut antara lain ada cover, kata pengantar, daftar isi. Bab I pendahuluan, rumusan masalah, tujuan penulisan, manfaat. Bab II pembahasan meliputi pengertian filsafat dan dasar filsafat pancasila, arti pncasila sebagi filsafat, kedudukan dan pandangan integralistik pancasila sebagai sistem filsafat. Dasar sistem pancasila sebagai filsafat bangsa Indonesia. Bab III penutup berupa kesimpulan dan saran, dan yang terakhir adalah penutup.

Dalam makalah pancasila sebagai sistem filsafat. Berikut ini adalah point-point besar yang harus ada dalam sebuah makalah:

  • Latar belakang

Latar belakang ini membahas tentang keberadaan Indonesia sebagai negara yang juga memiliki filsafat seperti negara lainnya. Filsafat bangsa Indonesia ini berupa Pancasila yang terdiri dari lima sila.

  • Rumusan masalah

Isi dari rumusan masalah yang ada pada makalah ini antara lain membahas tentang pengertian filsafat dan dasar dari pancasila. Arti pancasila sebagai dasar filsafat Indonesia. Kedudukan dan juga pandangan integralistik pancasila sebagai sistem filsafat dan dasar sistem pancasila sebagai sistem filsafat bangsa Indonesia.

  • Tujuan penulisan

Tujuan penulisan misalnya berupa memberikan info tentang arti pancasila dalam kedudukannya sebagai filsafat bangsa Indonesia. Untuk mengetahui dasar dari Pancasila sebagai filsafat bangsa Indonesia. Untuk dosen sebagai tolak ukur penilaian mahasiswa dalam menjalankan tugas, memiliki tujuan sebagai review untuk memperoleh keterampilan menulis khususnya dalam tema Pancasila sebagai filsafat hidup.

  • Manfaat
Baca Juga  Kata Pengantar Makalah Pkn

Dengan adanya pembahasan Pancasila sebagai sistem filsafat maka kita akan menemukan point tertentu seperti kita tahu manfaat bagi kita khususnya sebagai pengetahuan tambahan mengenai Pancasila atau mengetahui bahwa Pancasila sebagai sistem filsafat bangsa.

 

Makalah Pancasila sebagai Sistem Filsafat dan Pembahasannya

 

Untuk pembahasan meliputi pengertian filsafat dan dasar filsafat Pancasila. Secara etimologi filsafat berasal dari bahasa Yunani yitu philosophia, terdiri dari kata Philo, Philos, Philein artinya cinta/ pecinta/ mencintai. Shopia artinya kebijakan, hikmah, kearifan dan hakikat kebenaran. Sehingga makna dari filsafat adalah cinta pada kebenaran hakiki. Pancasila termasuk filsafat maka Pancasila bisa menjelma sebagai pedoman dan pegangan dalam sikap, perbuatan dan juga tingkah laku. Dalam pembahasan juga bisa menjelaskan tentang landasan Ontologi Pancasila, landasan Epistemologis Pancasila, landasan Aksiologis Pancasila, juga membahas tentang arti pancasila sebagai filsafat, kedudukan dan pandangan integralistik pancasila sebagai sistem filsafat, dasar pancasila sebagai sistem filsafat, dan untuk yang terakhir berupa penutup terdiri dari kesimpulan dan juga saran.

Makalah Pancasila sebagai sistem filsafat diatas bisa anda jabarkan lebih dalam lagi, dan jangan lupa bahwa dalam  pembuatan makalah harus menggunakan bahasa yang jelas, sederhana, singkat, dan teliti, makalah harus sistematis. Makalah harus menunjukkan kejujuran, dan penulis juga harus menyebutkan dengan jelas sumber data yang digunakan dan pendapat dari pihak lain dengan jelas di daftar pustaka bagian paling belakang, untuk daftar pustaka bisa diambil melalui buku dan bisa juga melalui sumber lain seperti internet.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1