Makalah Sumber Daya Alam dan Cara Membuatnya

Mahasiswa jurusan IPA pasti sudah tidak asing lagi dalam pembuatan makalah sumber daya alam. Seperti jurusan lainnya makalah seperti makanan sehari-hari bagi mahasiswa. Sering sekali tugas pembuatan makalah menjadi tugas kelompok. Walaupun pekerjaan kelompok masih mengalami kesulitan untuk mengerjakan bersama-sama secara keseluruhan. Untuk jurusan IPA makalah tentang sumber daya alam menjadi salah satu makalah yang pasti menjadi tugas wajib. Makalah ini terdiri dari cover atau sampul depan makalah. Kata pengantar dari kelompok, daftar isi. Kemudian Bab I tentang pendahuluan terdiri dari latar belakang, rumusan masalah, tujuan penelitian dan manfaat penulisan. Bab II pembahasan meliputi peranan sumber daya alam terhadap pembangungan. Klasifikasi sumber daya alam, sumber daya alam dan pembangunan.  Pemanfaatan sumber daya alam dalam pembangunan dan pembangunan berkelanjutan. Selanjutnya Bab III adalah penutup berupa kesimpulan dan saran, dan yang terakhir adalah daftar pustaka.

Berikut ini adalah isi lebih jelas dan terperinci apa saja yang harus ada dalam makalah sumber daya alam :

  • Pendahuluan

Untuk isi dari pendahuluan adalah pembahasan tentang sumber daya alam yang merupakan asset dari negara. Meliputi tanah dan semua kekayaan yang ada di Indonesia. Namun sumber daya alam bisa memberi manfaat langsung. Ada sumber daya alam yang membutuhkan pengelolaan yang bagus. Sehingga sumber daya alam tidak terkuras habis.

  • Rumusan masalah

Untuk isi rumusan masalah bisa berupa pengertian dari SDA dan pembangun ekonomi. Bagaimana peranan sumber daya alam dalam pembangunan, dan lain sebagainya.

  • Tujuan penulisan

Untuk tujuan penulisan makalah adalah untuk mengetahui seberapa besar peranan SDA terhadap pembangunan ekonomi di Indonesia.

  • Manfaat penulisan
Baca Juga  Cara Membuat Makalah yang Baik dan Benar

Untuk manfaat dari penulisan makalah ini adalah sebagai penambah wawasan pengetahuan mahasiswa tentang pentingnya SDA terhadap pembangunan ekonomi pada suatu negara.

 

Makalah Sumber Daya Alam dan Pembahasan

Untuk pembahasan meliputi peranan sumber daya alam terhadap pembangunan. Klasifikasi sumber daya alam, sumber daya alam dan pembangunan, sumber daya alam dan pertumbuhan ekonomi, pemanfaatan sumber daya alam dalam pembangunan. Selanjutnya bisa menjelaskan sumber daya alam hayati seperti tumbuhan, hewan, peternakan, dan juga perikanan,tanah, hasil tambang, dan minyak bumi.  kemudian bahas juga tentang pembangunan berkelanjutan. Pembangunan berkelanjutan tidak bisa lepas dari pembangunan ekonomi yang mempelajari manusia untuk meningkatkan taraf hidupnya menjadi lebih baik lagi, serta menghapus garis kemiskinan. Untuk pembangunan berkelanjutan tidak hanya pada bidang ekonomi saja, namun pembangunan dalam bidang ekonomi akan memudahkan kita untuk mengembangkan pembangunan dalam bidang lainnya dengan lebih mudah.

  • Penutup

Untuk penutup terdiri dari dua pembahasan, yaitu kesimpulan dan saran. Kesimpulan dapat menjelaskan bahwa sumber daya alam dan sumber daya manusia sama-sama memiliki peranan yang penting dalam membangun ekonomi Indonesia. Karena masyarakat bisa makmur dengan memanfaatkan sumber daya alam dengan baik. Untuk saran berupa pengambilan sumber daya alam secara berlebihan merupakan hal yang terlarang. Kapasitas lingkungan dalam menyerap pencemaran tidak boleh kurang. Menyatukan pemikiran ekonomi dan pemikiran ekologi, dan peran masyarakat setempat dalam pengelolaan sumber daya alam setempat melalui penyuluhan.

Terakhir dalam makalah sumber daya alam adalah Daftar Pustaka. Daftar pustaka berisi kumpulan referensi atau sumber teori dan materi diatas diambil. Sedangkan sumber bisa melalui internet, buku, majalah, atau lainnya. Sumber harus jelas dan harus dicantumkan semua di daftar pustaka.

Baca Juga  Contoh Landasan Teori Makalah

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1