5 Peluang Usaha Ternak di Lahan Yang Sempit

5 Peluang Usaha Ternak di Lahan Yang Sempit – Memiliki sebuah usaha tentu saja merupakan hal yang sangat menyenangkan. Pasalnya apabila Anda menjadi seorang pengusaha maka Anda akan bisa mendapatkan berbagai macam keunggulan yang tidak dimiliki oleh seorang karyawan. Seperti misalnya fleksibilitas waktu dan juga kebebasan finansial apabila usaha Anda bisa sukses dan berkembang. Anda saat ini telah bisa menemukan berbagai macam peluang usaha yang tersedia. Sehingga tentu saja akan membuat Anda kebingungan pada saat memilihnya.

Memilih sebuah usaha memang bukan hal yang mudah. Pasalnya tidak semua usaha memiliki peluang yang sama untuk bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Bagi Anda yang sedang kebingungan untuk memilih jenis usaha, maka Anda bisa memilih usaha ternak. Pasalnya jenis usaha ini memiliki prospek masa depan yang menjanjikan. Sebagian besar orang tentu akan berpikiran bahwa usaha ternak akan membutuhkan lahan yang luas. Padahal ada juga beberapa jenis usaha ternak yang bisa dilakukan pada lahan yang sempit, berikut dibawah ini ulasannya.

 

Peluang Usaha Ternak Kelinci

Apabila Anda ingin melakukan usaha ternak di lahan sempit maka Anda bisa melakukan usaha ternak kelinci. Hewan bertelinga panjang ini memang sangat populer sebagai hewan peliharaan. Sehingga tentu saja hal ini akan bisa dijadikan sebagai peluang untuk meraup keuntungan yang besar. Anda bisa memilih berbagai jenis kelinci hias yang saat ini sedang diminati oleh masyarakat.

Memelihara kelinci juga bukan perkara yang sulit. Namun dibutuhkan ketekunan dan kesabaran serta keinginan yang kuat untuk sukses. Sebagai pemula sebaiknya cari literatur sebanyak-banyaknya tentang proses memelihara kelinci. Bila memungkinkan belajarlah pada tempat ternak kelinci yang sudah berjalan. Pelajari apa saja kendala dan tantangannya. Hingga pada saat kita terjun untuk beternak kelinci sudah memiliki pengetahuan yang cukup.

Baca Juga  Langkah Jitu Untuk Bisnis Pertanian Organik

Saat ini kelinci tidak hanya dijadikan hewan peliharaan saja. Melainkan banyak juga peminat daging kelinci. Di tempat-tempat tertentu sate kelinci termasuk jajanan yang dicari karena keunikan dan khasiatnya. Untuk itu pemasaran kelinci hasil ternak kita bisa dipasok pada pedagang-pedagang sate kelinci di sekitar lingkungan kita. Bisa juga jika hasilnya sudah mulai banyak di pasok ke luar daerah.

 

Usaha Ternak Hamster

Selain kelinci, hamster juga menjadi salah satu hewan peliharaan yang sangat populer di masyarakat. Hewan imut yang berukuran mungil ini bisa Anda jadikan sebagai tambang emas, beternak hamster juga caranya relatif mudah dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Hamster sendiri merupakan salah satu hewan yang sangat cepat perkembangbiakkannya dan tidak membutuhkan perawatan khusus.

Beternak hamster ini bisa dipadukan juga dengan usaha peralatan kandang, pakan, dan obat-obatan hamster. Jika belum ada usaha ini juga bisa berkembang baik. Di daerah-daerah tertentu peminat hamster akan semakin banyak bila penjualan pernak-perniknya juga banyak. Karena hamster akan semakin indah dan unik dengan variasi kandang yang lucu dan menggemaskan.

 

Usaha Ternak Lele

Ikan lele merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang sangat populer untuk dikonsumsi di Indonesia sehingga membuat jumlah permintaan ikan lele selalu tinggi. Hal tersebut tentu saja bisa Anda jadikan sebagai peluang emas untuk meraup keuntungan yang banyak dengan beternak ikan lele, apalagi usaha ternak lele ini tidak membutuhkan kolam dengan ukuran yang luas.

Bahkan Anda juga bisa memelihara lele di kolam terpal seperti saat ini yang sudah mulai banyak. Lele juga tidak membutuhkan sirkulasi air yang tinggi. Jadi untuk ukuran panen 3 bulan hanya perlu diganti airnya 1 kali saja cukup. Hanya saja pemeliharaan lele butuh masa penyortiran dikala umur 2 bulan. Jika ada yg lebih besar dibanding ukuran lainnya bisa jadi predator dan memakan ikan yang lain.

Baca Juga  6 Bisnis Online Tanpa Modal Untung Besar

Penjualan lele juga terbilang mudah, karena peminatnya banyak. Di pasar-pasar umum ikan lele banyak dicari karena harganya cukup murah dan rasanya enak dimakan. Kita juga bisa menjadi pemasok lele pada penjual pecel lele dan restoran-restoran.

 

Usaha Ternak Jangkrik

Jangkrik merupakan salah satu hewan yang mudah dikenali berkat bunyinya yang khas di malam hari, hewan yang satu ini ternyata sangat populer untuk dijadikan sebagai makanan burung. Saat ini usaha ternak jangkrik semakin diminati oleh banyak masyarakat karena Anda tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk beternak jangkrik, selain itu usaha ini juga bisa dilakukan pada lahan yang sempit.

Silakan cari literatur yang banyak tentang cara beternak jangkrik. Bila perlu datangi peternakan jangkrik yang sudah ada untuk melihat langsung cara beternaknya. Hal ini bertujuan menghindari kita dari kegagalan beternak dengan membekali diri kita dengan pengetahuan cara beternak yang cukup.

Untuk pemasarannya bisa bekerja sama dengan toko-toko pakan burung. Juga bisa bekerja sama dengan klub pecinta burung yang menggunakan jangkrik sebagai pakan. Dalam skala besar juga jangkrik sudah bisa diekspor, tinggal kita cari agennya yang dekat dengan tempat tinggal kita.

 

Usaha Ternak Semut Jepang

Semut jepang merupakan salah satu jenis semut yang saat ini sedang sangat populer, jenis semut yang satu ini ternyata memiliki khasiat untuk bisa mengobati berbagai macam penyakit sehingga jumlah permintaannya menjadi selalu tinggi. Anda bisa meraup keuntungan dari usaha ternak semut jepang, selain itu jenis semut yang satu ini bisa Anda ternakkan hanya dengan menggunakan toples.

Kelebihan usaha ini juga tidak membutuhkan modal yang besar, cukup beberapa ekor semut jepang yang kita pelihara dalam 1 toples akan cepat berkembang menjadi bertoples-toples. Pakannya pun mudah dicari yaitu ragi dengan harga yang cukup murah. ketekunan dan kebersihan menjadi kunci keberhasilan ternak hewan ini.

Baca Juga  Bisnis Online Modal Kecil Dengan Untung Besar

Apabila Anda tertarik untuk menjalankan usaha ternak namun tidak memiliki lahan yang luas, maka Anda bisa memilih salah satu peluang usaha ternak di atas.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1