wisata lampung

Wisata Lampung Terbaik yang Wajib Anda Kunjungi

Diposting pada

Keindahan tempat wisata Lampung memang tidak perlu diragukan lagi. Karena keindahan alam yang dimilikinya sudah terkenal hingga ke mancanegara, salah satunya adalah keindahan alam dari Gunung Krakatau yang sudah melegenda tersebut. Tak hanya Gunung Krakatau saja, masih ada banyak tempat wisata lain yang patut Anda kunjungi saat berencana berlibur ke Lampung. Dengan keindahan alam yang sangat lengkap di Lampung inilah, tidak salah apabila jangan hanya memandang wisata di Lampung dengan sebelah mata saja.

Keindahan obyek wisata yang berlokasi di bagian paling selatan Sumatera ini didominasi adanya tempat wisata Lampung dengan tema keindahan alam yang mempesona. Apabila Anda ingin mengunjungi wisata di Lampung, setidaknya Anda membutuhkan waktu 5 jam dari Kota Jakarta untuk sampai di Lampung. Waktu tersebut diasumsikan dengan waktu penyeberangan 2 jam yang dilakukan dari Merak menuju Bakauheni dengan menggunakan kapal ferry. Nah, apabila Anda berencana untuk berkunjung ke Lampung, sangat disarankan untuk menginap setidaknya tiga hari. Dalam tenggang waktu tersebut, Anda bisa mendapatkan banyak pengalaman menarik setelah berkunjung ke setiap tempat wisata pilihan yang ada di Lampung.

Adapun tempat wisata pilihan yang ada di Lampung sebenarnya sangat banyak. Namun, berikut beberapa rekomendasi tempat wisata yang harus Anda kunjungi saat berlibur ke Lampung.

Wisata Lampung Taman Nasional Way Kambas

Siapa yang tidak mengenal icon-nya tempat wisata di Lampung ini. Wisata yang identik dengan sekolah para gajah ini merupakan wisata pilihan yang harus Anda kunjungi. Jika lihat dari unsur karakteristiknya, Taman Nasional Way Kambas ini memiliki kemiripan dengan Taman Nasional Ujung Kulon yang mana dijadikan sebagai pusat perlindungan dan pemeliharaan badak bercula satu.

Pulau Pahawang

Pulau yang paling pas untuk wisatawan yang menyukai wisata bahari. Lokasi ini memang memiliki keindahan bawah laut yang tidak bisa diucapkan dengan kata-kata saja. Pulau Pahawang merupakan pulau terbaik untuk menyelam dan menikmati keindahan bawah laut Provinsi Lampung. Dengan keindahan bawah laut yang menyerupai wisata alam Lombok, tidak salah apabila banyak wisatawan mancanegara maupun lokal yang memasukkan tempat wisata Lampung ini dalam daftar kunjungan liburan di Lampung.

Gunung Krakatau

Anak Gunung Krakatau merupakan salah satu tempat wisata terbaik di Lampung yang wajib Anda kunjungi. Tempat wisata yang membutuhkan izin konservasi sebelum menikmati keindahan alam ini. Merupakan salah satu gunung berapi paling aktif setelah Merapi dengan keindahan alam yang begitu mempesona.

Wisata Lampung Utara

Lampung Utara adalah salah satu kabupaten di Provinsi Lampung yang memiliki potensi wisata luar biasa. Beberapa tahun terakhir ini wisata Lampung Utara mulai dikembangkan oleh Pemkab setempat guna menjadi destinasi wisata lampung yang layak untuk dikunjungi dan mampu bersaing dengan wisata-wisata lainnya yang terlebih dahulu menjadi primadona.

Wisata Lampung Utara umumnya didominasi oleh wisata alam berupa air terjun, bendungan/waduk serta beberapa tempat wisata buatan yang layak menjadi tempat berwisata. Beberapa tempat wisata tersebut saat ini sudah mendapat perhatian yang lebih dari tahun-tahun sebelumnya. Jalan menuju tempat wisata juga sudah mulai diperbaiki sehingga aksesnya menjadi lancar.

Harapannya ke depan wisata Lampung Utara ini menjadi destinasi warga untuk menikmati liburan. Tak perlu jauh-jauh lagi untuk berwisata. Bahkan bisa mendatangkan wisatawan dari luar daerah untuk turut melihat.

Bendungan Tirta Shinta

Objek wisata yang satu ini memang belum begitu dikenal luas karena tergolong baru. Lokasi wisata di Kotabumi ini merupakan bendungan yang digunakan untuk mengairi irigasi di sekitarnya. Wisata ini menawarkan berbagai permainan air seperti Cano, Banana Boat, Speedboat, Perahu tradisional, perahu bebek. Disini juga Anda bisa mencoba flying fox, ATV adventure, arena motocross dan lain-lain. Satu yang tak ada ditempat lain adalah pulau terapung yang berada di tengah waduk yang cocok untuk spot selfie Anda.

Wisata di Kotabumi yang satu ini juga dikenal sebagai Kimal Park Kotabumi. Mendapat sebutan demikian karena lokasinya memang berada di dalam kawasan pemukiman Angkatan Laut. Lokasi ini juga sering dijadikan sirkuit motocross untuk berbagai even karena medannya yang cocok dan ditunjang pemandangan alam yang luar biasa. Anda akan nyaman membawa keluarga berwisata di Bendungan Tirta Shinta.

Akses menuju wisata di Kotabumi ini bisa dilalui kendaraan roda empat dengan ditunjang jalan hotmix dengan kondisi baik dan lancar. Tak perlu takut macet karena lokasinya berada di luar kota. Rute menuju lokasi wisata kimal park ini jika dari arah Bandar Lampung dan sampai di Tugu Payan Mas di pusat kota, Anda tinggal melihat penunjuk arah ke Ketapang. Sampai di Desa Wonomarto Kecamatan Kotabumi Utara akan tanda penunjuk lokasi wisata Bendungan Tirta Shinta. Selanjutnya Anda berbelok ke kanan sejauh 2 kilometer dan Anda akan sampai di lokasinya.

Taman Wisata Kolektif dan Bening di Subik

Di Desa Subik Kecamatan Abung Tengah, Anda bisa juga menikmati wisata alam yang luar biasa. Taman wisata Kolektif ini merupakan bagian dari Bendungan Way Rarem di sebelah hulu. Di sini Anda bisa bersantai bersama keluarga dengan suasana yang sejuk di bawah rerimbunan pepohonan di pinggir bendungan. Anda juga bisa menikmati berbagai permainan air yang disediakan diantaranya bebek-bebekan, perahu motor untuk mengitari luasnya bendungan dan keseruan permainan air lainnya.

Senada dengan Kolektif, ada juga taman wisata Bening di desa Subik yang lokasinya masih berdekatan dan juga merupakan tepian bendungan yang indah. Bening memiliki view lebih luas untuk menikmati keindahan Way Rarem. Namun, lokasi wisata di Subik yang satu ini juga masih dalam tahap pengembangan oleh BUMDES setempat.

Melihat Aksi Lumba-Lumba di Teluk Kiluan

Menonton aksi lumba-lumba biasanya Anda nikmati di tempat hiburan khusus seperti Taman Safari atau tempat lainnya. Namun di teluk kiluan, Anda bisa menyaksikannya di laut lepas. Bahkan tidak sedikit jumlahnya, kalau beruntung Anda bisa melihat ratusan lumba-lumba liar di habitat aslinya. Hanya berjarak 90 km dari Bandar Lampung, Anda bisa berpetualang bersama keluarga. Jika tak ingin repot, silakan gunakan agen perjalanan wisata yang menyediakan paket-paket wisata ke Teluk Kiluan.

Baca Juga: Teluk Kiluan Lampung Tempat Terbaik Menikmati Gerombolan Lumba-Lumba

Bagaimana, apakah Anda ingin mengunjungi beberapa nama tempat wisata yang direkomendasikan saat berlibur ke Lampung tersebut? Sebenarnya masih ada banyak tempat wisata yang harus Anda kunjungi saat liburan di Lampung. Namun, beberapa lokasi tempat wisata Lampung tersebut merupakan tempat wisata yang paling direkomendasikan untuk Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *