apa itu internet marketing

Apa itu Internet Marketing dan Manfaatnya bagi Pengembangan Bisnis

Diposting pada

Apa itu internet marketing – Pada dasarnya internet marketing memang sudah mulai menyebar ke berbagai belahan dunia sejak tahun 90-an. Nah, sejak itu pula internet marketing sudah cukup dikenal oleh para pelaku bisnis ataupun di kalangan publik. Perkembangannya pun begitu pesat dari hari ke hari bahkan saat ini mencapai era pencapaian yang begitu dahsyat. Dimana Anda akan tertinggal jauh jika tak ikut di dalamnya.

Belajar dari perjuangan Jack Ma dan situs besar yang didirikannya. Bahwa internet marketing mau tidak mau suka tidak suka akan menggerus era konvensional. Bahkan ia berjuang menembus era konvensional di jamannya dengan perjuangan yang berat dan terhitung mustahil. Terbukti, pemahamannya tentang dunia internet marketing membuat bisnisnya menjadi raksasa hingga hari ini. Simak informasi selengkapnya di bawah ini:

Apa Itu Internet Marketing?

Sebelum mengetahui ruang lingkup internet marketing, sebaiknya Anda harus mengetahui terlebih dahulu apa itu internet marketing. Internet marketing atau dalam bahasa Indonesia dikenal dengan pemasaran internet merupakan sebuah metode pemasaran  atau periklanan. Dengan menggunakan media online atau internet guna memperkenalkan produk atau jasanya kepada para konsumen.

Biasanya pemasaran internet ini bisa dilakukan oleh setiap orang. Baik itu para praktisi, webmaster, pemilik blog atau website serta siapa saja. Tentunya yang ingin memasarkan produk atau jasanya melalui internet dengan target yang sudah ditentukannya.

Perlu Anda ketahui, internet marketing atau pemasaran secara digital memang menjadi salah satu strategi bisnis yang paling praktis dan juga sangat efektif saat ini. Dengan melakukan pemasaran melalui internet maka Anda tidak perlu mengeluarkan banyak dana serta waktu hanya untuk memperkenalkan produk atau jasanya kepada konsumen.

 

Manfaat Menggunakan Internet Marketing

Internet marketing memang sudah menyebar cukup luas. Namun di tahun 2018 ini masih banyak juga masyarakat yang belum mengetahui dengan pasti, apa saja manfaat yang akan diperoleh apabila menggunakan pemasaran internet. Perlu Anda ketahui, sebenarnya menggunakan internet marketing memang telah menjadi salah satu pilihan yang paling tepat. Karena dengan menggunakan internet marketing Anda bisa memperoleh banyak sekali manfaatnya. Untuk lebih jelasnya, simak beberapa manfaat yang akan Anda peroleh ketika menggunakan internet marketing, yaitu :

  • Waktu yang tidak terbatas : Dengan menggunakan internet marketing Anda tidak perlu membuang-buang banyak waktu, karena Anda bisa memasarkan produk atau jasa milik Anda dimana saja dan kapan saja, tanpa adanya batasan waktu selama 24 jam.

  • Dapat menghemat biaya jauh lebih besar : Apabila Anda melakukan pemasaran dengan menggunakan internet maka Anda bisa menghemat biaya hingga 80%.

  • Jangkauan pasar lebih luas : Dengan menggunakan internet marketing maka jangkauan pasar tidak hanya sebatas kabupaten, kota dan provinsi saja, namun Anda juga bisa menjangkau negara luar atau bahkan menjangkau dunia.

  • Dapat menjalin hubungan langsung dengan para konsumen : Apabila Anda melakukan pemasaran internet maka Anda bisa menjalin hubungan dengan konsumen secara langsung, baik itu dengan live chat, email maupun messenger.

  • Resiko jauh lebih kecil : Jika Anda menggunakan internet marketing maka resiko yang akan Anda hadapi jauh lebih minim. Bahkan toko Anda tidak akan terjadi kemalingan, kebakaran ataupun segala hal yang biasanya terjadi di dunia nyata.

  • Saingan yang masih cukup minim : Saat ini pemasaran internet memang masih cukup minim pesaingnya, sehingga Anda bisa lebih mudah untuk memikat para konsumen.

 

Ruang Lingkup Internet Marketing

Bagi Anda yang merupakan pelaku bisnis maka Anda patutlah mengetahui ruang lingkup pemasaran melalui internet. Untuk lebih jelasnya, berikut ini akan dipaparkan ruang lingkup internet marketing yang sering ataupun selalu digunakan oleh para praktisi internet, yaitu :

  • Mesin pencari seperti Yahoo dan Google.

  • Sosial media seperti twitter, instagram dan facebook.

  • Email marketing

  • Marketplace seperti alibaba, lazada, bukalapak dan lainnya

  • Video marketing seperti youtube

  • Forum jual beli dan masih banyak lagi lainnya.

Demikianlah, beberapa ulasan yang ada di atas, semoga bisa menjadi referensi tambahan dan juga menjawab pertanyaan Anda mengenai apa itu internet Marketing.

One thought on “Apa itu Internet Marketing dan Manfaatnya bagi Pengembangan Bisnis

  1. Tapi internet marketing juga lebih capek, lho… Kan kalau kita tutup toko, orang tahu kita sedang istirahat. Tapi kalau via internet, orang maunya email dibalas dalam satu jam. Itu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *