Cara Membuat Cover Makalah yang Benar

Di dalam dunia perkuliahan ataupun dunia pendidikan lainnya, tentu Anda sudah tidak asing lagi dengan makalah. Hampir setiap akhir pertemuan pelajaran baru, dosen selalu meninggalkan tugas kepada mahasiswa untuk membuat makalah. Tidak hanya isi dari makalah saja yang akan membuat sebuah makalah terlihat berbobot dan berkualitas, akan tetapi cover pun menyumbang peran yang cukup besar untuk menarik keinginan dan juga  minat bagi pembaca untuk membaca makalah yang Anda buat. Apalagi hal ini dapat membuat teman-teman mendapatkan nilai plus dari dosen. Oleh karena itu, artikel ini memberikan informasi terkait bagaimana cara membuat cover makalah yang baik.

Memang cover tidak bisa mewakilkan bagaimana isinya. Seperti istilah jangan menilai buku dari sampul/covernya. Tapi jangan pula salah bahwa coverlah yang pertama kali akan dilihat oleh pembaca. Terlebih sebuah makalah, cover tidak hanya sebagai sampul penghias tetapi memiliki aturan dan kaidah ilmiah dalam pembuatannya. Untuk itu berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam membuat cover makalah yang sedang disusun seperti berikut ini:

 

Cara Membuat Cover Makalah yang Baik dan Benar

Hal pertama yang harus diperhatikan pada cara membuat cover makalah yang baik adalah judul makalah tersebut. Judul makalah akan menjelaskan secara singkat apa yang akan mnejadi bahasan pada makalah tersebut. Judul juga dijadikan orang-orang sebagai pembeda bagi makalah, apakah makalah tersebut termasuk dalam makalah pendidikan, ekonomi, wirausaha, kesehatan, atau bahkan makalah tentang suatu penelitian tertentu yang sudah mendapatkan hak paten.

Masing-masing universitas biasanya memiliki buku panduan dalam membuat cover ini. Namun secara garis beras memiliki kesamaan dimana cover makalah ilmiah dibuat sesimpel mungkin dengan informasi yang diperlukan saja seperti berikut:

  • Judul makalah bila ada bisa ditambahkan sub judul
  • Kegunaan makalah
  • Logo lembaga
  • Penyusun
  • Universitas/Fakultas
  • Tempat dan Tahun Pembuatan
Baca Juga  Contoh Rumusan Masalah Makalah

Hal penting yang tidak boleh dilupakan adalah untuk memperhatikan pemakaian huruf pada judul, untuk kata penghubung gunakan huruf kecil dan selebihnya gunakan huruf kapital. Biasanya, untuk karya tulis ilmiah maka orang-orang akan menggunakan font yang memang sering digunakan dalam karya ilmiah seperti calibri, times new roman, atau beberapa font yang lain. Tidak hanya itu, logo pun turut dijadikan sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam pembuatan sampul makalah. Biasanya logo akan diletakkan di bagian tengah dari sebuah cover, dan ukuran dari logo yan digunakan pun disesuaikan dengan peraturan yang ada di masing-masing universitas.

 

Menempatkan Logo pada tempat yang seharusnya

Logo akan berguna untuk menentukan darimana institusi asal seorang penulis yang menuliskan makalah tersebut. Akan lebih baik lagi bila logo yang digunakan merupakan logo gambar yang berkualitas dan memiliki ketajaman warna yang cukup baik, karena gambar dengan kualitas yang kurang baik akan membuatnya terkesan seperti gambar yang pecah. Gunakanlah logo sesuai dengan logo universitas Anda untuk logo cover makalahnya. Ketiga, setelah penulisan judul, peletakkan logo atau gambar, selanjutnya yaitu menuliskan data nama penulis dan penyusun makalah.

Informasi yang telah dicantumkan di dalam makalah sebaiknya dipastikan pula sesuai dengan judul yang ada, sehingga tidak ada kesan menambah atau mengurangi. Pun jika pembuatannya berkelompok, maka cantumkan setiap nama yang ada di dalam kelompok tersebut karena ini untuk menjaga penjelasan pera  masing-masing person yang ada di dalamnya. Jika dibuat secara pribadi pun cantumkan saja nama pribadi dengan jelas. Nama yang tertera pada cover makalah menjelaskan siapa saja yang menjadi penyusun dan pembentuk makalah itu. Tidak hanya itu saja, nama pun juga menjadi salah satu penjelas bahwa makalah tersebut bukan hasil saduran.

Baca Juga  Makalah Pancasila Sebagai Dasar Negara

Terakhir adalah dengan mencantumkan fakultas maupun jurusan yang melatarbelakangi penulis makalah, dan ini disesuaikan dengan masing-masing kampus yang ditempati. Pada universitas, maka gunakan nama fakultas dengan font yang jelas. Demikian pula untuk politeknik, tampilkan nama jurusan dengan font yang jelas. Jangan lupa pula untuk mengurutkan universitas ke prodi dengan urutan yang jelas di bagian bawah cover.

Demikianlah penjelasan mengenai bagaimana cara membuat cover makalah yang baik dan benar. Semoga makalah ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi para penulis karya ilmiah  yang ingin mengerjakan tugas.

Previous

Next

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

UA-113975400-1